Ternyata Bisa Juga

Berhubung bayik lagi tidur sebentar, kerjaan rumah juga sebagian udah kelar, lumayan bisa selonjoran sambil blogging. Sambil ngeliatin anaknya tidur tadi saya jadi kepikiran kemana aja ya waktu berlalu. Kok tau-tau ini anak udah gede banget. Dulu masih imut piyik kerjaannya cuma nyusu, bobo, pup, nyusu lagi, bobo lagi, pup diulang aja seharian πŸ˜€ Eh sekarang tau-tau udah bisa rangkak sana sini, ngebongkar isi tas, mamamin tisu nganggur, ngerengek-ngerengek minta ditemenin main. Hahaha pokoknya ga bisa kalau ga ditemenin. Emaknya ke toilet sebentar aja langsung deh suara tangis pilu melengking itu terdengar di kejauhan. Kadang kalau ada urusan mendesak tak tertahankan di toilet (maap jorok sikit lol) terpaksa ni anak dibopong juga daripada dia ngeraung-raung di luar mana tenang jadinya. Hahahaha. Untung kamar mandi yang di atas itu kamar mandi kering jadi anaknya saya taro di lantai ama mainan. Wkwkwkwk maafkan mama ya nak ga ada pilihan lain soalnya kamu ga mau ditinggal. Dulu jaman belum bisa merangkak masih bisa saya taro di bouncer. Sekarang dia bisa salto sambil uget2 kalau didudukin disana.

Lalu kalau saya pikir-pikir lagi kok saya bisa juga ya ngurus anak? Secara saya memang dari dulu bukan tipe orang yang suka anak kecil gitu. Boro-boro ngurus bayi, gendong bayi aja seumur hidup baru 1x mungkin. Itu juga bayinya udah 4 atau 5 bulan gitu. Selebihnya gak pernah lagi dan ga berani. Tapi saya dan Biel bisa survive sampe sekarang bikin saya sendiri takjub. Bukannya mau muji diri sendiri ya, hauahaha secara saya juga masih banyak ga ngertinya, masih nanya sana sini pokoknya masih banyak belajar. Cuma ngeliat ternyata yang namanya naluri ibu itu beneran ada dan ya emang nanti akan bisa dengan sendirinya.

Sangking takutnya ga bisa ngurus bayi dari dulu waktu hamil saya udah pesen ke mama pokoknya mama harus nginep di rumah habis saya lahiran apapun yang terjadi. Hahaha. Duh dulu mah mikirin mesti ngurus anak habis sakit lahiran, mesti beberes rumah, mesti nyusuin, ganti popok, mandiin, udah stres duluan. Tapi pada nyatanyaa emak cuma bertahan 2 hari di rumah dan hari ke 3 si mama pulang karna dia ga enak badan terus-terusan. Bayangin aja ya hari-hari itu masih struggle banget sama nyusuin anak. Jadi si Biel ini tiap nyusu butuh waktu setengah jam sampe sejam. Itu juga udah pake acara tidur lamaaa banget dan susah banget buat saya bangunin. Saya colek pipinya, kelitik kakinya, goyang-goyang badannya bahkan sampe agak saya cubit jg telapak kakinya dia gak bangun juga donk T_T bukannya jahat cuma kan dia perlu nyusu setelah selama 3 hari saya di RS, asi belum keluar dan anaknya juga belum minum apa-apa. Ada deh tuh dia nyusu sebentar ga sampe 5 menit, tidur lagi, saya bangunin nyusu bentar, trus tidur lagi. Setelah saya taro ga lama dia nangis lagi karna ga kenyang kan. Jadi seharian itu bener-bener cuma nyusuin doank kerjaannya, diseling makan siang biar asi tetep ada, trus mandi, nyusuin lagi, gitu aja seharian.

Tau-tau si mama mesti pulang, huhuhuhuhu sedih banget saya waktu itu. Sedih karna kasian mama sakit dan sedih karna saya takut ga bisa ngurus anak. Selama 2 hari di rumah kan mama yang mandiin Biel. Saya belum berani jadi cuma ngeliatin aja. Di hari ketiga akhirnya Biel gak mandi donk, cuma dilap-lap aja soalnya saya bener-bener ga ngerti dan takut salah megangnya. Besoknya saya jadi kasian kan masa ga mandi lagi, nanya papanya dia bilang dia berani mandiin Biel. Ya ampun ya tapi jantung saya macam lagi loncat-loncat liat suamik mandiin Biel. Hahaha. Soalnya diapun ga ada pengalaman mandiin bayi apalagi tau caranya. Cuma modal yutub doank ama nekad. Hahaha maap ya suami, tapi keberanian dia mandiin Biel hari itu buat saya bertekad saya harus bisa mandiin anak walau ga ada yang ngajarin (daripada spot jantung terus, wkwkwk). Akhirnya saya pantengin itu yutub sambil dipraktekin ke boneka. Trus siangnya waktu anak lagi bangun sambilan saya praktekin juga di atas tempat tidur cara bolak baliknya. Sampai pada waktunya mandi sore kan tuh, jeng jeng kagok bingung panik. Alhasil mandi kilat wes yang penting kena air.

mom-giving-baby-bath-dad-giving-babyabath-kaylamhm-6009554lol

Malemnya latian lagi sambil liat yutub, hahaha niat banget yak. Besoknya udah mayan pede. Mulai ngerti selanya cara megang dan posisi balikin badan bayi walaupun masih takut-takut kepleset. Trus kayaknya setelah itu saya udah mulai lumayan berani dan ngerti kalau yang paling penting waktu mandiin bayi itu pas balikin badannya kudu cepet dan ga boleh ragu. Karna keadaan akhirnya bisa juga mandiin bayi dengan yutub sebagai tutorial πŸ˜€

Kelar drama si emak pulang, drama menyusui masih terus berlangsung. Beruntung bisa ngobrol sama Epi yang waktu itu terus ngasih support dan rela saya gangguin dengan berbagai pertanyaan seputar menyusui. Huhuhu makasi ya sayang *hug*. Cerita tentang permasalahan seputar menyusui ini nanti saya buat lagi di post terpisah. Siapa tau bisa bantu ibu-ibu yang mungkin sedang ngadepin hal serupa. Tapi saya ga nyesel semua jerih payah plus air mata waktu awal-awal menyusui karna kok susunya kayaknya cuma keluar sedikit berbuah manis dengan biel lulus ASI eksklusif 6 bulan. Dan puji Tuhan sampe sekarang masih tetap ASI.

Masih penyesuaian sambil ngurus bayi, 2 minggu abis lahiran kami juga harus pindah rumah karna masa kontrak rumah di Cibubur waktu itu memang udah habis. Tapi kali ini Tuhan jawab doa kami, ga perlu lagi pindah-pindah kontrakan. Akhirnya punya tempat berteduh yang permanen. Lagi-lagi semua memang cuma karna kasih karunia Tuhan :’) Tapi kebayang donk ya riwehnya sambil ngangon bayi 2 minggu sambil packing-packing barang dan nanti unpacking lagi di rumah baru. Untung ada sodara yang waktu itu bantuin beberes.

Kelar renovasi, saya nyicil unpacking barang-barang dari kardus. Sendirian. Sambilan pompa tiap 2 jam. Suami bantu pegang Biel waktu saya beberes, dia susah diharepin kalo soal beres-beres rumah. Yang ada malah ntar mulut saya yang gerak lebih banyak dibanding tangan. Hahaha.

Lalu sampai sekarang ini ya kami cuma bertiga. Dan ternyata berlalu juga ya masa-masa itu. Masa-masa panik Biel nyusu cuma sedikit, masa-masa pulang rumah nangis-nangis asi ga keluar, masa-masa sepanjang malam ga tidur nyenyak karna tiap 2 atau 3 jam bangunin Biel untuk nyusu, masa-masa tinggal di rumah berdebu banget karna masih renov, masa-masa nyesuain diri antara ngurus anak, ngurus rumah, ngurus suami dan pompa. Walaupun ya sampe detik ini ga bohong juga kalau ngurus anak dan rumah tanpa pembantu itu capek banget. Apalagi kalau anak lagi super rewel rasanya antara melayang dan napak di lantai udah samar-samar (kok serem ya). Hahaha. Yang bisa bikin napas dikit ya kalau pas lagi ada mama atau adek saya ke rumah. Itu juga kadang saya suka ga enak nitip sama mama karna beliau canggung megang Biel. Maklum ya soalnya nidurin Biel emang butuh skill khusus. Si mamah tuh paling takut kalo denger Biel ngerengek dan nangis ngantuk tapi ga tidur-tidur. Padahal kan kita juga dulu bayi si mama yang urus ya, hahaha πŸ˜€

Sampe detik ini masih struggle sih jujur aja, jadi memang ngurus anak itu 1 fase berlalu datanglah fase lain yang ga kalah ajaibnya πŸ˜€ Sekarang Biel lagi bener-bener ga bisa ditinggal. Cuma jalan 3 langkah ngambil minum aja doi udah ngerengek. Ampun deh nakk *lambai-lambai bendera putih* Tidur siang juga cuma setengah jam jangan sedih. Sisanya ya main plus cranky karna masih ngantuk. Ada masanya dia juga ga mau main sendirian. B a y a n g k a n. Maunya nemplok pegangan sambil gelendot berdiri-berdiri terus ngerengek ato ngga minta digendong. Sedangkan ya kerjaan rumah kan numpuk, ya nyapu, ngepel, nyuci piring, siapin makanannya, siapin makan siang, nyuci, nyetrika, beberes. Gimana caranya coba sedangkan doi aja cuma setengah jam tidur paling lamaaaaaa. Tapi kalo liat rumah kayak kapal pecah bawaannya juga ga enak ga betah. Huh serba salah. Jadi sekarang saya mesti pinter-pinter atur jadwal dan mana dulu yang mau dikerjain. Gak apalah rumah ga rapi-rapi amat yang penting ga kayak kapal pecah.

20180302_201152disuruh tidur malah dadadada -_-

Maaf ya ini postingannya curhatan emak-emak banget. Sengaja mau saya abadikan biar kalau fase ini udah terlewati bisa saya kenang lagi sambil senyum-senyum sendiri. Ya demi menjaga kewarasan saya berusaha nikmatin aja momen-momen ini (menghibur diri). Setidaknya saya jadi belajar buat makin mandiri dan ga tergantung sama ada atau ngganya asisten rumah tangga. Kalau ada yang syukur bisa ngeringanin beban, kalau ngga ada ya saya juga ga gimana-gimana karna udah biasa ngerjain semua sendiri. Nikmatin lihat perkembangan Biel setiap hari pun kepuasan tersendiri buat saya, ngeliat anak yang dulu di perut ini makin besar dan makin pintar. Mudah-mudahan masa-masa cranky dan tidur siang kilat ini pun segera berlalu. Badai pasti berlalu. Semangat juga ya buat semua ibu-ibu di luar sana! πŸ™‚

being-a-mother-is-learning-about-strengths-you-didnt-know-you-had-and-dealing-with-fears-you-never-quote-1

 

 

 

12 thoughts on “Ternyata Bisa Juga

  1. Tau2 nanti 1.5 tahun cuma mau main sendiri. Di gendong gak mau. Maunya jalan sendiri. Mamahnya sedih lagi hahaha. *ngalemin* semangaaaattttt kita pasti bisa.

    • Hahaha bener pi, kadang skr kita maunya mereka main sendiri jgn ngintil mulu. Nanti begitu anaknya ga mau main sm kita lagi kita yg sedih ya. Hahaha. Semangaat jugaa yaaah epoi pasti bisa!

  2. Hihihi semangat ya Mar. kayaknya semua emang mesti di jalanin step by step, jangan pikirin kedepannya dulu jalanin aja apa yg didepan mata dan tau2 lewat juga πŸ™‚

  3. Sama banget ya anak ga bs ditinggal barang bbrp langkah jg segitu dia lg sama bapake.. posesif abis sm mamanya πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ Bener juga ya dulu blm beranak kl dibayangin kyny ga bakal sanggup, skrg ga pny waktu buat mikir ya dijalanin aja bs bs aja ternyata walaupun jatuh bangun hahaha… btw anak kt kyny seumuran πŸ˜„ semangaaaat yaaa *sekalian nyemangetin diri sendiri* hehehe

    • Iyaa anak kita lg masa2nya posesif bgt ya. Kata orang ntar anak gedean trus malah main sendiri kt jg sedih nanti. Wkwkkwk jd emak serba salah :p sama gw jg dl mikir ga bakalan sanggup. Eh ternyata ala bisa karna biasa, bisa jugaaa yah kita. Semangaaattt jg yaa kamuuu πŸ™‚

  4. jayden juga 2 hari pertama setelah pulang dari rumah sakit ga mandi hahahaha… cuma dilap2 doang karena aku ga berani mandiin… hari ketiga baru aku mulai berani, itu juga dibantuin bapaknya hahahaha…

    • Hahahha iya mel, bayi baru pulang dr rs tuh rasanya kecil dan ringkih bgt ya. Sampe serem gw megang pas mandiin. Wkwkwkk. Mau ga mau soalnya kt mesti bisa kan πŸ˜‚πŸ˜‚

  5. wkwkkwkw berasa kek robot klo ndk ada mbak yg bantu di rumah apalg ada bayi…apalg plus toddler wahhh ya gt deh hati serasa di obok2 bentar marah bentar senyum
    semangat mar ntar lu kangen masa2 biel bayi bnran deh

    • iyaa mir, udah auto pilot aja nih lama2 badan rasanya. Mana anaknya jg skr gak bs diem. wkwkwkwk. Tapi bener sih ini aja gw udah kangen masa dia newborn. Apalagi kl ntar udah gede pasti makin kangen. anak2 cepet bgt gedenya yaaa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s