Tikus makan sabun?

tikus-makan-sabusource

Lagi random tengah malem sama Bubu ngomongin lagu anak-anak yang judulnya Tikus Makan Sabun yang dinyanyikan oleh penyanyi cilik bernama Noni. Kalau lagi bengong-bengong dan gelindingan ga jelas saya suka menyenandungkan reff lagu Tikus Makan Sabun ini. Hahaha. Entah kenapa rasanya begitu dekat di hati dan ga tahan buat saya nyanyikan walaupun dengan nada sumbang. Udah gitu lirik yang dihafal cuma “tikus makan sabun… tikus makan sabun…” Udah titik. Sampe situ aja hafalnya.

Aneh banget soalnya ini lagu bercerita tentang tikus yang makan sabun. Tikus apaan yang makan sabun? Ada yang pernah liat tikus makan sabun? Tikus ngegerogotin makanan di rumah sih iya. Tapi tikus capek-capek ke toilet cuma buat makan sabun? Saya belum pernah liat sih. Huhu. Terus saya penasaran sama pencipta lagu ini, kok bisa-bisanya dia buat lagu ini merasuk ke sukma jiwa dan raga saya dari sekian  banyak lagu anak-anak yang dulu saya dengar.

Tebak saya denger darimana? Dari iklan di RCTI. Iya jadi kan dulu suka ada box office tuh di RCTI, biasa filmnya sampe tengah malem gitu baru selesai. Nah selesai film, di sela-sela iklan diputarlah video klip lagu Tikus Makan Sabun ini. Sambil beberes dan gosok gigi lagu yang diputar berkali-kali ini ternyata masuk ke alam bawah sadar bok. Tiap ada temen yang kebetulan denger saya nyanyiin lagu ini semua pasti nanya itu lagu apaan sambil ngetawain mana ada tikus yang makan sabun -_- Kan gue cuma nyanyiin lagu yang udah adaaaa.. Hiiiiihhhhh

Waktu saya menyenandungkan lagu absurd ini suami juga nanya, “Kamu nyanyiin lagu apaan sih? Mana ada lagu tikus makan sabun gitu.”

Terus saya bilang, “Ih ini lagu anak-anak tau, judulnya tikus makan sabun. Masa ga pernah denger sih?”

“Mana ada lagu anak-anak tikus makan sabun. Aneh amat itu lagu, kamu karang sendiri ya??” Mukanya ngenye bener minta dilempar tikus yang lagi makan sabun.

“Yeeeeee… Dibilangin beneran ada, nihh liat sendiri *buka youtube* *lalu tertawa bangga*”

Kasian ya bangga karna tau lagu ajaib. Hahaha. Anyway, kalian ada yang pernah denger lagu ini gak? Masa cuma saya sendirian sih yang pernah denger? Pasti ada yang pernah denger kan kan kan?

Cheers,

 

Maria yang menyenandungkan Tikus Makan Sabun di tengah malam

Momotaro-san, a song with million memories

200px-Momotaro2source

Kemarin malam pas lagi bengong lagu ini terngiang di kepala saya. Ingatan saya ini kan emang buluk banget ya, jadi ga banyak yang diinget waktu kecil. Tapi lagu Momotaro san ini masih saya inget sampe detik ini. Ga ngerti juga kenapa saya bisa inget lagu ini sedangkan tau artinya aja ngga. Lupa-lupa inget kayaknya saya juga pernah nonton film kartunnya, tapi kalo diinget-inget lagi kok ga inget yaaa ._.

Konon waktu kecil mama suka banget nyanyiin lagu ini buat saya dan adik. Lagunya singkat dan nadanya juga gampang diinget. Tapi kalau saya tanya ke mama artinya apa, beliau gatau apa arti lagu Jepang ini. Mama bilang, dulu juga dia diajarin lagu ini sama kakeknya tanpa tau apa artinya.  Kakek dulu kerja dengan orang Jepang dan lagu ini sering dinyanyikan sama orang-orang Jepang itu. Lama-lama kakek jadi hafal dan ngajarin lagu ini ke cucu-cucunya dan sampailah ke mama saya. Terus setelah mama punya anak, lagunya diajarin juga ke anak-anaknya.

Dulu hidup kakek buyut juga ga bisa dibilang enak. Apalagi semasa Indonesia masih dalam penjajahan Jepang.  Karna lagu ini sering didengar beliau di tengah-tengah keadaan hidup yang sulit serta perjuangan untuk menghidupi keluarga, lagu ini jadi identik sebagai lagu perjuangan bagi kakek buyut dan mama saya. Karna mama dulu sempat bilang kalau lagu Momotaro san ini adalah lagu perjuangan semasa kakek buyut saya hidup dan bekerja di bawah kekuasaan Jepang. Ya dulu kan belum ada internet ya, jadi untuk tau kebenaran informasi yang mama saya dapat juga terbatas.

Saya ga pernah kepikiran untuk nyari apa arti lagu ini di internet karna saya kira ini cuma seperti lagu daerah atau lagu karangan di antara keluarga yang udah temurun. Taunya kemarin iseng-iseng nyari, eh ternyata lagu Jepang ini beneran ada dan memang terkenal di masanya. Basi banget ya baru dicari tau sekarang artinya, hahaha ya daripada ga tau sama sekali kan :))

Liriknya seperti ini :

Momotarō-san, Momotarō-san (Momotarō, Momotarō)

Okoshi ni tsuketa kibidango (Those millet dumplings on your waist)

Hitotsu watashi ni kudasai na? (Won’t you give me one?)

Agemashō, agemashō (I’ll give you one, I’ll give you one)

Kore kara oni no seibatsu ni (From now, on a quest to conquer the ogres)

Tsuite kuru nara agemashō (If you come with me, I’ll give one to you)

(source)

Lagu Momotaro san ini berasal dari cerita rakyat Jepang yang bercerita tentang seorang anak laki-laki bernama Momotaro yang datang ke bumi, berada dalam buah persik raksasa. Lalu ditemukan mengapung di atas sungai oleh seorang ibu yang tidak memiliki anak yang sedang mencuci bajunya disana. Saat berusaha membuka buah tersebut untuk dimakan, pasangan suami istri itu malah menemukan seorang anak di dalamnya. Anak tersebut menjelaskan bahwa ia telah dikirimkan surga untuk menjadi anak mereka. Pasangan ini lalu menamai anak tersebut Momotaro, yang berasal dari kata momo (buah persik) dan taro (anak sulung). Lengkapnya bisa baca disini.

Saya cukup takjub dengan fakta bahwa lagu Momotaro-san ini ternyata sudah ada dari 1 abad yang lalu, tapi sampai detik ini masih dikenal banyak orang bahkan yang bukan keturunan Jepang kayak keluarga saya. Hal ini kembali menunjukkan kalau Jepang memang ahli dalam melestarikan budaya yang mereka punya bahkan sampai berabad-abad setelahnya.

Mungkin kalau mama saya nyanyiin lagu ini, beliau jadi inget masa kecilnya waktu pertama lagu ini diajarkan kakek. Kalau kakek buyut saya masih hidup dan denger lagu ini, mungkin dia akan kembali ke saat-saat perjuangannya waktu dulu jaman penjajahan Jepang.

It’s wonderful how one song can bring back a million memories.

Kalau kalian ada yang pernah tau lagu ini? Atau mungkin ada lagu lain yang membawa ingatan kalian kembali ke masa kecil?

Momotarosource