Happy 2nd anniversary Almostadecade

Birthday-Cake-Candlesvia

Happy belated birthday untuk blog kesayangan.. Udah telat banget sih, akhir bulan Juli kemarin sebenernya. Tapi daripada ga ditulis sayaang nanti ga bisa dibaca lagi 😀 Waktu rasanya berjalan cepet banget, tau-tau udah 2 taun aja punya blog. Rasanya seperti mimpiii.. Hahaha. Abisnya dari awal bikin yang cuma iseng ga nyangka aja ternyata malah bisa dapet temen banyak dari blog, dan ternyata malah nagih. Apalagi bisa bertahan sampe 2 tahun, buat saya ini udah lumayan lama. Dulu pernah bikin blog cuma beberapa bulan udah ga pernah disentuh sampe akhirnya lupa user dan password nya. Payah anaknya ga konsisten emang 😀

Makanya buat saya blog ini sesuatu banget walaupun beberapa bulan belakangan postingan mulai timbul tenggelam dan udah mulai sedikit berdebu, tapi tiap ada waktu luang saya usahain banget buat nulis sesuatu. Apalagi utang postingan yang masih banyak jumlahnya itu 😀 Masih banyak banget yang mau saya benahi untuk blog ini, kepengen bisa lebih sering lagi nulis. Kepengen lebih sering lagi blogwalking. Pokoknya mau lebih konsisten, ya mudah-mudahan bisa kesampean.. Mudah-mudahan blog ini juga bisa jadi jurnal yang kelak saya baca sambil ketawa-ketawa nginget masa lalu.

Suka duka nya punya blog, lebih banyak sukanya sih yaa so far 🙂 Kalau lagi suntuk, bisa nulis dari yang jelas sampe hal yang ga jelas di blog ini. Hahaha. Duka nya ya waktu bikin postingan ngeluarin uneg-uneg yang biasanya berupa pendapat saya pribadi, dimana sangat mungkin bisa berbeda pendapat dengan orang lain, ada aja oknum ga dikenal yang kadang suka ga tau etika dan tata bahasa waktu nulis komen. Mengutarakan pemikiran kita yang berbeda itu hal yang wajar banget, dan saya juga ga maksa semua orang 1 pendapat dengan saya kok. Tapi ya tolonglah kalau lagi bertamu ke “rumah” orang diperhatikan gitu loh kata-kata yang mau ditulis. Males juga saya bacanya kalau isinya ngamuk-ngamuk sampe ngutuk segala. Kesian juga sih, soalnya saya yang nulis aja ceritanya santai-santai, eh lah ini kenal aja kagak malah mere-mere . Eh udah ah nyinyir ntar jadinya :p

Pokoknya terima kasih banyaaaakkk buat temen-temen yang udah mau mampir ngeluangin waktu untuk baca postingan ataupun komen di disini.. Mohon maaf kalau ada salah kata ataupun hal-hal yang ga berkenan ya.. Jangan bosen mampir kesini 🙂

Friday the 13th

FRIDAY-THE-13THsource

Karna besok Valentine, maka malam ini saya pengen bahas tentang yang namanya Friday the 13th. Ga nyambung ya? 😀 Friday the 13th adalah hari ketigabelas yang jatuh pada hari Jumat, juga dikenal sebagai “Black Friday” di beberapa negara dan sering dikaitkan dengan nasib buruk. Hari ini adalah tanggal 13 yang pertama kali jatuh di hari Jumat pada tahun 2015. Dan selanjutnya akan ada Friday the 13th pada bulan Maret dan November.

Hingga saat ini sebenarnya belum jelas asal muasal mengapa hari Jumat yang jatuh pada tanggal 13 ini dikaitkan dengan nasib buruk. Beberapa mengaitkan dengan Alkitab, dimana tertulis ada 13 orang yang menghadiri Perjamuan Terakhir dan orang yang ke 13 adalah Yudas yang mengkhianati Yesus. Perjamuan Terakhir diadakan pada hari Kamis dan hari Jumat kemudian Yesus disalibkan. Yang paling populer juga adalah sejarah tentang Ksatria Templar yang ratusan anggotanya banyak dibunuh pada tanggal 13 Oktober 1307 yang jatuh pada hari Jumat (juga dipopulerkan dalam novel The Da Vinci Code oleh Dan Brown).

Ketakutan terhadap angka 13 ini juga ada namanya loh, disebut triskadekaphobia, dan ketakutan pada Jumat tanggal 13 disebut paraskevidekatriaphobia berasal dari kata Yunani Paraskeví (Παρασκευή, yang berarti “Jumat”), dan dekatreís (δεκατρείς, berarti “tiga belas”). Coba ya dihafalin itu sebutannya 😀

Walaupun belum jelas alasannya, persepsi sial pada Jumat tanggal 13 ini telah menyebar luas di masyarakat. Bahkan ada hotel dan rumah sakit yang melewatkan lantai atau kamar 13. Mirip-mirip dengan angka 4 seperti yang banyak dipercaya orang Chinese ya. Selanjutnya memang ada beberapa hal tidak menyenangkan yang juga terjadi pada hari Jumat tanggal 13. Bisa dibaca di sini.

Sampai malam ini sih Friday the 13th saya baik-baik aja ya, malah tadi hoki pulang dari daerah kota di Jumat sore tanpa kena macet sama sekali kecuali di Cibubur yang emang ga pernah ga macet itu ya 😀 Dan ya mudah2an Friday the 13th saya bakal selalu baik-baik aja. Hehe

Gimana dengan Friday the 13th kalian? Biasa-biasa aja, kena sial, atau malah beruntung mungkin? Atau mungkin malah ada yang lagi sibuk nyiapin surprise buat pasangannya besok? Mau donk dikasih surprise juga..

*ngarep*

*lirik suami* *suami pura-pura tidur*

*bakar tv*

Y-U-NO-Guy-Meme-Face-300x300

2de1f971c96e3c008b7ae1c501757c85Happy weekend! 😀 (source)

Sumber :

http://en.wikipedia.org/wiki/Friday_the_13th

http://nationalgeographic.co.id/berita/2012/07/13-fakta-tentang-friday-the-13th

Blogger Meet Up

Ceritanya hari Sabtu tanggal 25 Oktober kemarin ikutan kopdar sesama blogger di Pizza Hut, Grand Indonesia. Telaaatt banget ya postingnya baru hari ini. Hahahaha. Kopdar perdana sejak nyoba nulis blog, ga nyangka taunya bisa dapet banyak temen dari sini. Awal bikin blog aja tujuannya ga jelas, eh lama-lama nagih juga ternyata.

Seumur-umur beloman pernah ikutan yang namanya kopdar, tapi kemarin kepengen aja ikutan kayaknya seru kalau ketemu langsung sama blogger lain. Awalnya udah harap-harap cemas nanti disana gimana, mau ngomongin apa, orang-orangnya gimana, secara banyak juga yang belum saya kenal. Pertanda mesti lebih rajin BW ini sih 😀 Tapi begitu sampe sana kecemasan saya sirna karna ternyata ada aja yang diomongin dari dateng sampe pulang. Denger cerita baru, kenalan sama temen-temen baru, dan dapet pengalaman baru tentunya. Dari yang biasanya ngobrol offline sekarang ngobrolnya online, seru dan lucu karna bisa denger plus liat muka orangnya langsung. Bisa pake nodong akhir cerita yang belum terbit di blog lagi sama Mey 😀

Mudah-mudahan bisa makin banyak kenalan sama blogger lain dan bisa ikutan lagi kopdar selanjutnya. Happy to see you guys, till we meet again 🙂

 

Processed with VSCOcam with g3 preset

 

Processed with VSCOcam with f2 preset

Laparaskopi Endometriosis

where-theres-a-will-theres-a-way-kume-bryant (1)source

Cari tau sana sini sampai akhirnya ada temen papa yang ngasih tau ada operasi kista yang ga terlalu mahal di RS Pasar Rebo. Dan operasinya juga dengan laparaskopi jadi luka operasinya cuma sedikit, kalau operasi biasa bekas lukanya cukup besar dan otomatis penyembuhan pasca operasi juga lebih lama. Akhirnya datanglah kita kesana untuk periksa dan setelah tanya-tanya biaya yang dibutuhkan untuk operasi sekitar Rp10 jt sudah termasuk dengan rawat inap 2 malam kalau ga salah. Dengan keadaan saat itu Rp10 jt juga udah besar banget rasanya.. Ga ngerti mau nyari duitnya dimana. Tapi kalau dibandingkan dengan laparaskopi di tempat lain memang jauh lebih murah operasi di RS Pasar Rebo saat itu.

Saya ini anaknya penakut banget. Cupulah kalo masalah sakit-sakit gitu paling ga tahan. Puji Tuhan selama ini juga ga pernah sakit yang sampe harus dioperasi sampe akhirnya kista kemarin itu. Masuk rumah sakit aja saya ga suka, ga suka suasananya, ga suka sama baunya. Ga nyaman lah pokoknya kalau ke rumah sakit. Tapi ya kalau memang udah ga ada pilihan masa iya saya mau ngotot ga dioperasi?

Singkat cerita Tuhan buka jalan sehingga saya bisa segera melakukan operasi kista waktu itu. 3 bulan sebelum operasi saya juga melakukan terapi suntik Tapros, semacam suntik hormon yang berfungsi untuk mengurangi produksi hormon estrogen. Dokter juga bilang supaya waktu operasi nanti kista lebih mudah diangkat, mudah-mudahan ga lengket sama indung telur. Sempet nyari tau apa aja efek samping dari suntik Tapros ini dan lagi-lagi semakin dibaca malah jadi stress sendiri. Nyatanya efek suntik Tapros pada setiap orang itu berbeda-beda. Yang dialami sama si A belum tentu akan sama dengan si B. Kalau si A naik berat badan bisa sampe 10 kg, belum tentu sama si B kayak gitu. Begitu juga dengan efek samping lainnya. Namanya juga terapi hormon ya kalau di saya waktu itu efek sampingnya suasana hati suka sendu-sendu ga jelas naik turun kayak jet coaster, berat naik tapi cuma 1.5 kg, sama suka kepanasan di tempat full AC sedingin apapun. Kepanasannya bukan cuma panas-panas biasa tapi sampe baju basah sebadan makanya saya rajin bawa baju ganti kemana-mana waktu itu. Ribet sih tapi daripada masuk angin, oh iya saya jadi sering banget masuk angin parah gara-gara keringetan ga jelas kayak gini. Kalo lagi di bus kan mana bisalah kita ganti baju. Nungguin macet aja baju udah sampe kering sendiri di badan. Dan selama terapi hormon ini kita juga ga bakal kedatangan tamu rutin bulanan.

Untuk bayangan saja waktu itu harga obat untuk suntik Tapros sekitar 1,2 jt. Tapi ya entah gimana saya nemuin orang yang kerja di PT Takeda dan bisa dapet harga lebih murah karna beli dari agennya langsung. Kalau di rumah sakit mungkin harganya sekitar 1,5-1,6 jt. Selisih 400rb dikali 3 bisa buat beli satu obat lagi kan 😦 Terus untuk biaya kontrol dan USG tergantung rumah sakitnya ya, kisaran dari 300-600 ribu. Kemarin waktu check up di RS Mitra Keluarga sekitar 300rb untuk biaya konsul dan USG ga termasuk vitamin.  Pernah nanya juga di RS Permata Cibubur sekitar 550rb untuk konsul dan USG biasa.

Setelah 3x suntik, akhirnya hari operasi tiba juga. Sebelumnya saya memang udah banyak cari tau tentang proses operasi dan efek setelah operasi. Ya maklumlah parno kan ngebayangin bakal dibius total. Ini cerita bagi yang mau tau aja, bukan buat nakut-nakutin sama sekali ya. Saya sendiri nangis aja gitu waktu masuk ke ruang operasi dengan hanya selembar pakaian berwarna hijau khas rumah sakit. Hahaha. Asli malu sekaligus takut banget saat itu. Waktu itu cuma ada saya dan 1 orang perempuan yang ada di ruangan untuk nunggu giliran dioperasi. Kita sama-sama cuma terbaring di tempat tidur. Karna jaraknya ga jauh, saya rasa dia bisa lihat saya nangis waktu itu. Walaupun ga kenal, mbak ini baik banget dia bilang sama saya “Udah, gpp mba. Ga perlu takut, ini saya juga mau dioperasi lagi. Ga ada rasa apa-apa kok mba, ga sakit.” Begitu katanya sembari tersenyum ke saya. Lumayan tenang saya waktu denger dia ngomong itu 🙂

Tiba giliran dan saya dipindah ke ruangan lain untuk operasi. Ada dokter beserta perawat lain di dalam ruangan. Pertama dipasang oksigen, terus biasa dokternya akan sambil ngajak ngobrol selama persiapan itu. Untung banget karna mereka ramah dan santai saya jadi ga terlalu tegang. Terus yang terakhir saya lihat dia nyuntikin cairan bius ke dalam selang infus. Dokternya masih ngobrol tapi lama-lama suaranya jadi samar-samar kedengeran. Disusul dengan pandangan saya yang tiba-tiba kliyengan, lampu operasi di atas kepala beserta ruangan rasanya jadi muter-muter dan dimulailah sesi tidur sangat nyenyak yang panjang.

Saya lupa sekitar 1,5 atau 2 jam kemudian saya mulai sedikit sadar karna denger suara suster manggil-manggil dan nyuruh buka mata sambil nepuk halus pipi saya. Rasanya bukan kayak mau bangun tidur ya, rasanya aneh. Sadar tapi ga bisa sadar. Mau bangun tapi mata ga bisa dibuka. Mau gerak juga tapi kayaknya lemes banget. Saya ngerasa harus berjuang banget buat sadar, dan juga sempet sesak nafas entah karna panik atau gimana ga ngerti sedangkan mau ngomong aja susah. Ngumpulin tenaga untuk panggil suster kasih tau saya sesak nafas, kemudian langsung dikasih oksigen sama mereka. Rasanya kayak lagi ngigau tapi setengah sadar.  Ga lama saya mulai bener-bener sadar dan udah bisa buka mata. Selanjutnya saya ngerasa kedinginan banget, badan menggigil dan ga bisa ditahan supaya ga gerak-gerak. Padahal ya selama ini dinginnya AC juga ga sampe bikin menggigil gimana kan. Masuk ke kamar pun kaki dan badan juga masih menggigil padahal udaranya udah jauh lebih hangat.

Setelah cukup lama kedinginan, akhirnya efek obat bius perlahan mulai hilang. Dan setelah benar-benar hilang lalu digantikan dengan rasa sakit bekas operasi. Hehehe tapi tenang sakitnya ga seseram yang saya bayangkan ternyata. Sakitnya masih bisa ditolerir sama saya yang penakut ini. Mungkin yang bikin ga terlalu sakit karna luka laparaskopi yang cukup kecil. Besok siangnya kalo ga salah saya udah dibolehin pulang dan tinggal rawat jalan untuk kontrol bekas operasi. Terus di keluarga saya kalau ada yang habis dioperasi selalu disuruh minum obat cina namanya Pien Tze Huang, yang gunanya untuk mempercepat luka operasi supaya kering. Ga sampe seminggu saya udah lumayan bisa jalan tanpa kesakitan, seminggu kemudian udah ga terasa sakit lagi lukanya.

Kista yang diangkat kemarin namanya kista coklat/endometriosis. Warnanya memang coklat banget, dikasih liat begitu saya sadar. Jadi kista ini berasal dari darah kotor sewaktu mens yang seharusnya keluar setiap bulan, tapi entah kenapa ada yang ga keluar dan nyangkut di sekitar saluran ovarium sehingga menjadi kista. Di operasi terakhir ternyata ada kista saya yang sedikit nempel sama indung telur sehingga ada indung telur yang harus sedikit dibuang. Untung ga parah sih nempelnya jadi ga sampai diangkat.

Pasca operasi, saya juga masih lanjut melakukan terapi suntik Tapros sebanyak 3x. Puji Tuhan itu operasi terakhir yang saya lakukan di tahun 2011 akhir sampai saat ini dan semoga ga akan ada lagi ke depannya.  Terakhir kemarin check up pun rahim saya bersih padahal udah deg-degan banget beberapa hari kemarin. Jadi kayak reminder untuk diri sendiri supaya jaga makanan dan gaya hidup yang sehat. Kadang kita suka ga menghargai kesehatan yang udah Tuhan kasih cuma-cuma. Hiks :,(

Buat temen-temen yang kebetulan baca blog ini, ga perlu takut kalaupun nanti harus dioperasi. Karna ga seburuk yang dibayangkan kok. Ga perlu mikir macem-macem yang penting kista diangkat dan kita sembuh. Saya sendiri kalau dipikir-pikir lagi sekarang jadi geli kenapa dulu segitu cemasnya waktu mau dioperasi. Toh juga ga mungkin kebangun di tengah operasi dan ngeliat perutnya dibelek kan. Amit-amit sih ya, tapi saya rasa obat bius apalagi bius total itu cukup kuat untuk buat kita ga merasakan apapun selama operasi. Mudah-mudahan ini semua jadi alarm buat kita untuk lebih peduli dengan apa yang masuk ke dalam tubuh kita, dan gimana caranya menjaga pola dan gaya hidup yang sehat. Sampe hari ini saya sendiri juga masih terus belajar buat jaga makanan.

Dulu pernah ketemu ibu-ibu, tau saya kena kista dia malah bilang kasian sama saya karna nanti jadi ga bisa punya anak. Kata siapa sih buu? Si ibu sotoy banget bukannya nyemangatin malah bikin orang tambah down aja. Saya percaya kalau anak itu ada di tangan Tuhan dan pasti Tuhan tau waktu yang terbaik buat kita. Cepat atau lambat punya anak, itu semua udah diatur sama Tuhan. Tapi yang pasti kista sama sekali ga menutup kemungkinan seorang wanita untuk punya anak. Banyak juga kok yang walaupun kena kista tetep bisa punya anak. Kalaupun ada denger selentingan yang bilang kalian ga bisa punya anak, ga usah diambil hati. Jangan malah jadi stress karna ga membantu apapun juga. Kalau setelah baca artikel atau forum malah makin stress ya ga usah dilanjutkan. Yang penting kamu tau garis besar dan apa yang bisa dilakukan sementara. Saya pun yang awalnya baca forum ini itu tapi ternyata malah jadi mikir macem-macem, akhirnya milih buat berserah aja sama Tuhan dan ngelakuin apa yang bisa saya lakukan saat itu. Yang terakhir banyak berdoa dan berserah sama Tuhan, pasti bakal dikasih kekuatan.

Pokoknya keep fighting and keep smiling ya 🙂

1380966276source

 

Cheers 🙂

 

Kista Coklat (Endometriosis)

Ceritanya beberapa hari lalu saya ditemani suami ke dokter kandungan di RS Mitra Keluarga Cibubur. Bukan karna hamil (doain aja ya), tapi karna memang pengen check up rutin mengingat ada riwayat kista beberapa tahun lalu. Dulu saya didiagnosis kena kista coklat atau endometriosis, dan udah pernah kambuh sekali ga lama berselang setelah operasi yang pertama. Jaraknya pun ga jauh, sekitar 1 tahun setelah operasi. Memang setelah operasi yang pertama itu seharusnya dilanjutkan dengan suntik tapros/endrolin tapi karena terkendala biaya jadi ga saya lakukan. Lumayan banget biayanya karna minimal harus 3x suntik setelah operasi, biasa sih disarankannya 6x suntik untuk hasil yang maksimal. Sedangkan biaya 1x suntik itu bisa 1,2 juta belum ditambah jasa dokter. Hiks rasanya kalau ingat waktu-waktu itu sedih banget.

Berhubung ga pernah cerita tentang ini, saya pengen bagi sedikit pengalaman untuk teman-teman yang mungkin mengalami hal serupa. Awal mula ketauan ada kista karna setiap kali datang bulan itu perut sakitnya luar biasa. Bahkan kadang beberapa hari sebelum mens, sakitnya udah dateng duluan. Apa ya, rasa sakitnya bukan cuma mules tapi itu perut bagian rahim kayak ditusuk-tusuk dan dipelintir, ngilu, pokoknya bener-bener bikin sampe ga bisa ngapa-ngapain. Sangking sakitnya sampe mual dan muntah tiap datang bulan. Kalau lagi muntah juga bukan cuma sekali, bisa berkali-kali sampe rasa sakit di perutnya itu ilang atau mereda. Setiap kambuh, saya bisa diem di wc sampe 1 jam karna sakit yang ga karuan dan merangsang muntah sampe lemes. Ngebayanginnya aja sekarang jadi ngilu.

Awalnya saya kira cuma sakit datang bulan biasa aja, tapi karna gejalanya selalu sama dan ga mereda setiap tamu bulanan datang akhirnya papa bawa saya ke dokter. Dan bener aja pas di usg ada kista di kanan dan kiri ovarium saya. Waktu itu kalau ga salah yang satu ukurannya sekitar 7cm, dan yang satu lagi 5cm. Begitu dikasih tau dokter ada kista saya langsung nangis. Takut. Secara ga pernah sakit yang sampe harus masuk rumah sakit. Sedangkan untuk kista dengan ukuran di atas 3cm satu-satunya cara buat sembuh cuma dengan operasi. Ada sekitar 3 dokter yang saya datangi buat cari opini dan jalan keluar lain. Tiga-tiganya bilang ya harus dioperasi atau bisa juga dengan cara menikah dan kemudian hamil yang konon katanya bisa buat kista hilang. Agak ga masuk akal ya. Tapi katanya memang ada yang waktu kena kista dan kemudian dia hamil, eh kistanya ilang aja gitu. Ga ngerti juga sih. Tapi ya secara waktu itu saya juga belom pengen nikah dan ga pengen juga nikah dengan dasar yang ga kuat semata-mata supaya sembuh dari kista. Sedangkan kehidupan pernikahan kan lebih dari cuma masalah hamil dan sembuh dari kista. Daripada daripada ya kan.. Dokter mahh enak suruh kawin kawin ajeee

Nah pernah di dokter yang terakhir saya periksa, dikasi semacam obat buat terapi hormon gitu obatnya diminum tiap hari selama sebulan. Kalau ukuran kista mengecil bisa dilanjutkan terapinya, sayang karna ukuran kista saya udah di atas 3cm tetep ga ngaruh juga ternyata obatnya. Waktu lagi sakit itu saya banyak cari informasi dari internet, banyak baca forum dari teman-teman yang juga mengalami hal serupa. Semakin saya baca, semakin stress donk. Hahaha. Apalagi ada juga selentingan kalau kena kista bakal susah punya anak dan sebagainya. Sempet saya takut ga bisa punya anak kalau udah nikah, langsung mikirin Bubu dan nangis-nangis cerita sama dia. Huks tapi kata-katanya selalu berhasil nenangin saya dan untung akhirnya sekarang jadi suami :’)

Sebenernya menurut saya sih cepet atau lambat, punya dan ga punya anak itu semua tergantung Tuhan. Kapan dikasih pasti akan jadi saat yang paling tepat buat kita. Jadi kalau pas kebetulan kalian kena kista, jangan malah jadi semakin stress mikirin masalah anak ini. Saya ngomong kayak gini karna dulu waktu sakit saya sedih dan cemas bukan main. Udah sedih karna sakit, makin sedih karna dipenuhi berbagai kecemasan mengenai masalah nanti bisa punya anak apa ngga. Tiga dokter yang saya datangi bilang kalau salah satu penyebab adanya kista itu adalah stress. Setiap pulang saya selalu dititipin pesen supaya jangan stress dan banyak pikiran. Saya setuju sih karna memang penyakit itu juga datangnya dari pikiran kan. Trus faktor lain ya kayak gaya hidup yang kurang sehat, makan sembarangan, pola tidur yang ngaco alias sering begadang. Ini nih yang masih susah karna saya masih terbiasa tidur malam sampe sekarang. Mudah-mudahan bisa cepet diubah kebiasaan ini.

Balik lagi ke masalah pengobatan, keadaan ekonomi keluarga saya waktu itu lagi ga memungkinkan banget untuk bayar biaya operasi sedangkan untuk operasi kista kan membutuhkan biaya yang ga sedikit. Mau dapet dari mana coba itu duitnya. Makin stress ga sih :,( Saya nyobain macem-macem dari pengobatan alternatif minum obat herbal yang udah diracik berbentuk kapsul, minum rebusan daun-daun super pahit yang sampe dicari ke Bogor karna susah didapetin di Jakarta, pokoknya segala cara selain operasi saya coba waktu itu. Saya paling ga bisa minum obat kayak rebusan daun dan akar-akar yang pahit itu, pertama minum sampe mau muntah karna baunya tajam dan rasanya pahiiiiit. Tapi demi kesembuhan ya mau ga mau dipaksa berbulan-bulan minum itu sampe terbiasa sama rasa pahitnya.

Berhubung ceritanya agak panjang, saya bagi dalam beberapa postingan ya. Silahkan lanjut ke postingan berikut.

Liebster Award

20140517-060449

Lagi ada waktu luang di sela-sela ngurus Hochi untuk buka blog, lihat notification dan dapet Liebster Award dari Mba Yo, Oppie dan Messa. Huhuhuu aku terharu biru ada yang mau ngasih award *sambil lari-larian di padang rumput* *kayak yang di film-film itu*

Karna semuanya aku baca barengan hari ini, jadi aku gabung di 1 postingan ya.. Untuk Oppie, karna pertanyaannya mirip dengan punya mba Yo, aku barengin gpp ya? 🙂 Makasii banyak loh buat awardnya, sungguh aku terharuu. Makasi jugaa buat Messa dan Mba Yo yang udah ngasih award ini. Jadi makin semangat ngeblognya 🙂

Pertamanya bingung Liebster Award ini apa, ternyata setelah baca-baca Liebster Award ini merupakan ajang buat saling mengenal antara blogger terutama blogger baru kayak saya ini. Aturan mainnya adalah :

1. Post award ke blognya

2. Say thanks buat yang memberi award dan link back ke blog dia

3. Share 11 hal tentang diri kamu

4. Jawab 11 pertanyaan yang diajukan si pemberi award

5. Pilih 11 blogger lainnya dan ajukan 11 pertanyaan

 

Sekarang saya mau share dulu 11 hal tentang diri saya, jangan tidur yah 🙂

1. Sesuai dengan nomornya, saya anak pertama dari 3 bersaudara, 2 perempuan dan 1 laki-laki. Terus saya ngerasa kita bertiga ini mukanya ga ada yang mirip. Hahaha beneran deh ini. Orang kan biasa kalo kakak beradik tuh mirip ya, lah ini ga ada mirip-miripnya. Anehlah memang.

2. Saya bukan tipe orang yang punya temen banyaaaakkk. Kan memang ada tuh orang-orang yang dikaruniai kemampuan untuk cepet bergaul dengan orang-orang baru dan temennya banyak, nah kalo saya ini tipikal yang susah. Saya lebih suka hubungan yang berkualitas walaupun ya memang bisa diitung jari temen deketnya 🙂 Rasanya kalau belum srek saya ga bisa ngeluarin diri saya yang asli jadinya ya ga banyak ngomong juga. Padahal kan aslinya ceriwis, hihihi.

3. Dari SD sampe SMA suka banget sama ekstrakulikuler dance. Makin menggilai bidang ini terutama waktu SMA, rasanya tuh kepuasan sendiri begitu habis perform dan denger tepukan membahana dari penonton. Terbayar gitu semua keringat dan latihan rodi setiap hari sepulang sekolah. Ah masa-masa itu.. Begitu kuliah udah ga dilanjutin lagi padahal masih kangen dan kepengen. Huhuu

4. Suka banget sama make up. Dari SMP udahlah keliatan centil-centilnya, pas SMA kalau ngedate sama Bubu coba-coba dandan yang kalo dipikir-pikir norak juga ya dandanannya 😀 Sampe sekarang juga masih suka banget dan berharap suatu hari nanti bisa ikutan kursus make up biar terasah kemampuannya.

5. Dari SD selalu berambut panjang sampe akhirnya awal kuliah gatau kesambet apa bosen dengan rambut panjang dan rontok. Akhirnya dipotong pendek model Bob di atas bahu dan sejak saat itu ga pernah lagi bisa manjangin rambut. Kalau aja rambut bisa langsung panjang sepunggung dalam semalam tanpa gerah-gerahan..

6. Kepengen Euro Trip pake duit sendiri, catet duit sendiri yah bukan duit suami. Eh tapi kalo dibayarin juga ga nolak sih.. Hauhaha. Soalnya dari dulu saya ngerasa kalo kita bisa mencapai sesuatu dari hasil kerja keras sendiri tuh gimana gitu rasanya. Ga ternilai. Dan dari pertama kemarin kerja juga udah selalu nabung sih. Mudah-mudahan kalau waktunya tepat bisa kesampean ini mimpi. Amin.

7. Punya obsesi aneh sama gaun pengantin. Sampe sekarang kepengen bisa pake gaun pengantin lagi, bukan buat nikah lagi loh ya. Pengen dipake dan difoto aja, rasanya gimanaa gitu kalau pake gown putih yang cantik ini..

8. Suka nabung, dari TK orangtua saya udah ngajarin nabung. Terus inget banget waktu dulu saya rajin nabung uang-uang koin di celengan meja belajar gitu, eh dicuri donk sama ART. Sakit ati ga sihh.. Tabungan anak kecil ya kok dibawa juga.. Tapi tenang aja, sejak hari itu makin niat nabungnya dan syukurnya ternyata berguna banget setelah menikah ini 🙂

9. Suka baca novel, tapi belakangan ini udah ga pernah baca novel lagi karna males, padahal banyak stock buku yang masih menunggu. Nyadar banget kalau membaca itu buat wawasan kita makin luas dan anehnya bisa tiba-tiba jadi bahan obrolan dengan orang yang baru kenal sekalipun.

10. Ga suka sama kecoaaaakkk. Ohh no serangga ini sangat menggelikan. Ngeliat dari jarak 10 meter aja udah merinding sendiri. Ya semua seranggalah saya juga ga suka. Tapi paling geli sama kecoak

11. Suka banget makan. Suka banget sama makanan enak. Rasa-rasanya hidup tanpa makanan enak itu hampa, walaupun pada akhirnya….. *menatap nanar pada perut sendiri*

 

Nah sekarang saya mau jawab 11 pertanyaan dari Mba Yo dan Oppie :

1. Kapan mulai ngeblog?

Tahun 2013 sekitar bulan Juli, niatnya sih mau update tentang persiapan pernikahan. Tapi pada faktanya malah jadi tempat curhat dan bahkan masih ngutang postingan tentang vendor-vendor yang kemarin dipakai. Waktu prepare nikahan itu ngerasa banget baca blog orang banyak ngebantu buat dapet  info dan bayangan persiapannya seperti apa.

2. Kenapa suka ngeblog?

Karna seru bisa berbagi pengalaman, dapet ilmu baru dan dapet banyak temen baru juga disini 🙂

3. Paling suka ngeblog tentang apa?

Tentang kehidupan sehari-hari. Bacaannya ringan dan jadi bisa sharing dengan teman-teman yang lain juga.

4.Apa topik favorit yang selalu dibaca di blog orang?

Tentang kehidupan sehari-hari jugaa, resep masak, ataupun hal-hal baru yang belum pernah didenger sebelumnya.

5. Apa kegiatan favorit di waktu luang?

Nonton film, blogwalking, atau main sama anjing. Knitting juga suka karna penasaran sama hasil akhirnya 🙂

6. Waktu masih kecil cita-citanya apa?

Insinyur. Ini gatau kenapa, sungguh ga beralasan. Bahkan dulu ngerti aja ngga insiyur itu apa, cuma waktu itu kayaknya kalau jadi insiyur rasanya pasti keren dan gimana gitu.. Hahaha

7. Apa yang loe buat untuk menyenangkan orang tua?

Belum banyak sih yang bisa saya kasih. Cuma dari dulu waktu sekolah, saya selalu berusaha jadi yang terbaik atau setidaknya dapet ranking di kelas. Selain nguntungin diri sendiri hal itu juga buat orang tua saya bangga banget. Terus lulus kuliah dan bisa langsung dapet kerja bahkan sebelum lulus. Karna orangtua dua-duanya dulu ga bisa kuliah, keliatan banget kalau mereka bangga bisa nyekolahin anaknya sampai jadi sarjana. Mudah-mudahan nanti bisa buat mereka lebih bahagia lagi..

8. Apakah makna pertemanan itu? Jelaskan dalam 5 kalimat.

Susah senang sama-sama. Bukan senang sama-sama tapi susah sendirian ya. Saling percaya dan jujur.

9. Sebutkan 3 hal yang lo ga suka dalam hidup.

Kecoak, macet, abang-abang bus yang nyetir seenak udel dan kenek yang nyuruh turun di saat bus masih jalan *lalu darah tinggi*

10. Sebutkan 3 hal yang paling lo suka dalam hidup.

Bubu, keluarga dan jalan-jalan ke tempat baru 🙂

11. Seandainya lo hidup hanya 3 bulan ke depan dan boleh melakukan 3 hal, apa pilihan loe?

Yang pertama, saya bakal melakukan lebih dari 3 hal. Kedua, Euro Trip sama Bubu dengan budget tak terbatas. Ketiga, ketemu papa mama dan ngabisin banyak waktu sama mereka. Karna saya mau melakukan lebih dari 3 hal, yang keempat saya mau pulang ke rumah dan ngabisin sisa hari saya sama Bubu. Saya pengen dia jadi orang terakhir yang saya lihat nanti 🙂 *ah aku jadi melow* *lempar kaset rusak*

 

Nah berhubung aku juga dapet dari Messa bolehlah ya sekalian aku jawab disini pertanyaannya, maafkanlah kalau jadi sedikit panjang 🙂

1. Kapan pertama kali mulai ngeblog? Sudah kujawab di atas yaa..

2. Pertama kali ngeblog nulis tentang apa? Perkenalan diri sendiri dan kenapa mau ngeblog. Hahaha

3. Jika dikasih kesempatan berlibur selama sebulan, mau kemana dan sama siapa? Keliling Eropa, sama suami. Impian banget ituu jalan-jalan sebulan 😀

4. Apa keinginan yang belum kesampaian sampai hari ini? Euro trip 🙂

5. Jika mesin waktunya Doraemon itu ada, mau kembali ke tahun berapa dan kenapa? Ke tahun waktu semua jajanan abang-abang masih murah meriah dan ga tau apa itu makanan-makanan yang tidak sehat. Supaya bisa jajan sepuasnya tanpa mengkhawatirkan kesehatan. Hahaha

6. Siapa tokoh yang paling dikagumi dan memberikan inspirasi dalam hidup? Orangtua. Salut dengan semua perjuangan mereka mendidik dan menghidupi 3 anaknya ini 🙂

7. Apa film favorit? Banyak mes.. Aku suka film-film lama sih terutama. Kayak Scent of A Woman nya Al Pacino, atau God Father juga suka.

8. Apa pengalaman yang tidak terlupakan semasa hidup? Menikah. Antara percaya dan ga percaya beneran kejadian atau ngga waktu itu. Hihihi.

9. Apa judul buku yang paling sering direkomendasikan ke orang lain? Veronica Decides To Die karangan Paolo Coelho. Ceritanya singkat tapi maknanya mendalam.

10. Apa yang akan dilakukan jika seharian hidup tanpa gadget? Merajut, tidur, makan, nonton film.

11. Dalam 5 tahun ke depan, apa yang kira-kira akan terjadi dalam hidupmu? Kesampean Euro Trip, punya rumah sendiri, makin mesra sama suami.

 

Sekarang saya mau nerusin Liebster Award ini ke 11 blogger lainnya. Kayaknya sih ada beberapa yang saya tag ini juga udah dapet award dari blogger lain. Tapi mudah-mudahan gpp ya walaupun saya tag lagi 🙂

Noni, Mba Erry, Mba Sondang, Epi, Mba Fitri, Angela, Py, Rere, Joyce, Ci Feli, Beby.

Dan ini 11 pertanyaan yang mau saya ajukan (ga jauh beda sama yang di atas :p) :

  1. Kapan pertama kali mulai ngeblog?
  2. Pertama kali ngeblog nulis tentang apa?
  3. Kenapa suka ngeblog?
  4. Paling seneng nulis tentang topik apa?
  5. Apa kegiatan favorit di waktu luang?
  6. Apa mimpi yang masih belum tercapai?
  7. Sebutkan 3 hal yang paling kamu suka dalam hidup.
  8. Sebutkan 3 hal yang kamu ga suka dalam hidup.
  9. Kalau punya budget yang tak terbatas mau ngapain?
  10. Pernah ga nonton film dan nangis sesenggukan? Kalo pernah, film apa?
  11. Kalau 1 hari hidup tanpa listrik dan gadget mau ngapain?

Ngga ada paksaan untuk meneruskan Liebster Award ini kok, tapi mudah-mudahan postingan ini berkenan ya.. Dan semoga kita jadi semakin saling mengenal dan semakin sering sharing juga yaa 🙂

Tikus makan sabun?

tikus-makan-sabusource

Lagi random tengah malem sama Bubu ngomongin lagu anak-anak yang judulnya Tikus Makan Sabun yang dinyanyikan oleh penyanyi cilik bernama Noni. Kalau lagi bengong-bengong dan gelindingan ga jelas saya suka menyenandungkan reff lagu Tikus Makan Sabun ini. Hahaha. Entah kenapa rasanya begitu dekat di hati dan ga tahan buat saya nyanyikan walaupun dengan nada sumbang. Udah gitu lirik yang dihafal cuma “tikus makan sabun… tikus makan sabun…” Udah titik. Sampe situ aja hafalnya.

Aneh banget soalnya ini lagu bercerita tentang tikus yang makan sabun. Tikus apaan yang makan sabun? Ada yang pernah liat tikus makan sabun? Tikus ngegerogotin makanan di rumah sih iya. Tapi tikus capek-capek ke toilet cuma buat makan sabun? Saya belum pernah liat sih. Huhu. Terus saya penasaran sama pencipta lagu ini, kok bisa-bisanya dia buat lagu ini merasuk ke sukma jiwa dan raga saya dari sekian  banyak lagu anak-anak yang dulu saya dengar.

Tebak saya denger darimana? Dari iklan di RCTI. Iya jadi kan dulu suka ada box office tuh di RCTI, biasa filmnya sampe tengah malem gitu baru selesai. Nah selesai film, di sela-sela iklan diputarlah video klip lagu Tikus Makan Sabun ini. Sambil beberes dan gosok gigi lagu yang diputar berkali-kali ini ternyata masuk ke alam bawah sadar bok. Tiap ada temen yang kebetulan denger saya nyanyiin lagu ini semua pasti nanya itu lagu apaan sambil ngetawain mana ada tikus yang makan sabun -_- Kan gue cuma nyanyiin lagu yang udah adaaaa.. Hiiiiihhhhh

Waktu saya menyenandungkan lagu absurd ini suami juga nanya, “Kamu nyanyiin lagu apaan sih? Mana ada lagu tikus makan sabun gitu.”

Terus saya bilang, “Ih ini lagu anak-anak tau, judulnya tikus makan sabun. Masa ga pernah denger sih?”

“Mana ada lagu anak-anak tikus makan sabun. Aneh amat itu lagu, kamu karang sendiri ya??” Mukanya ngenye bener minta dilempar tikus yang lagi makan sabun.

“Yeeeeee… Dibilangin beneran ada, nihh liat sendiri *buka youtube* *lalu tertawa bangga*”

Kasian ya bangga karna tau lagu ajaib. Hahaha. Anyway, kalian ada yang pernah denger lagu ini gak? Masa cuma saya sendirian sih yang pernah denger? Pasti ada yang pernah denger kan kan kan?

Cheers,

 

Maria yang menyenandungkan Tikus Makan Sabun di tengah malam

Momotaro-san, a song with million memories

200px-Momotaro2source

Kemarin malam pas lagi bengong lagu ini terngiang di kepala saya. Ingatan saya ini kan emang buluk banget ya, jadi ga banyak yang diinget waktu kecil. Tapi lagu Momotaro san ini masih saya inget sampe detik ini. Ga ngerti juga kenapa saya bisa inget lagu ini sedangkan tau artinya aja ngga. Lupa-lupa inget kayaknya saya juga pernah nonton film kartunnya, tapi kalo diinget-inget lagi kok ga inget yaaa ._.

Konon waktu kecil mama suka banget nyanyiin lagu ini buat saya dan adik. Lagunya singkat dan nadanya juga gampang diinget. Tapi kalau saya tanya ke mama artinya apa, beliau gatau apa arti lagu Jepang ini. Mama bilang, dulu juga dia diajarin lagu ini sama kakeknya tanpa tau apa artinya.  Kakek dulu kerja dengan orang Jepang dan lagu ini sering dinyanyikan sama orang-orang Jepang itu. Lama-lama kakek jadi hafal dan ngajarin lagu ini ke cucu-cucunya dan sampailah ke mama saya. Terus setelah mama punya anak, lagunya diajarin juga ke anak-anaknya.

Dulu hidup kakek buyut juga ga bisa dibilang enak. Apalagi semasa Indonesia masih dalam penjajahan Jepang.  Karna lagu ini sering didengar beliau di tengah-tengah keadaan hidup yang sulit serta perjuangan untuk menghidupi keluarga, lagu ini jadi identik sebagai lagu perjuangan bagi kakek buyut dan mama saya. Karna mama dulu sempat bilang kalau lagu Momotaro san ini adalah lagu perjuangan semasa kakek buyut saya hidup dan bekerja di bawah kekuasaan Jepang. Ya dulu kan belum ada internet ya, jadi untuk tau kebenaran informasi yang mama saya dapat juga terbatas.

Saya ga pernah kepikiran untuk nyari apa arti lagu ini di internet karna saya kira ini cuma seperti lagu daerah atau lagu karangan di antara keluarga yang udah temurun. Taunya kemarin iseng-iseng nyari, eh ternyata lagu Jepang ini beneran ada dan memang terkenal di masanya. Basi banget ya baru dicari tau sekarang artinya, hahaha ya daripada ga tau sama sekali kan :))

Liriknya seperti ini :

Momotarō-san, Momotarō-san (Momotarō, Momotarō)

Okoshi ni tsuketa kibidango (Those millet dumplings on your waist)

Hitotsu watashi ni kudasai na? (Won’t you give me one?)

Agemashō, agemashō (I’ll give you one, I’ll give you one)

Kore kara oni no seibatsu ni (From now, on a quest to conquer the ogres)

Tsuite kuru nara agemashō (If you come with me, I’ll give one to you)

(source)

Lagu Momotaro san ini berasal dari cerita rakyat Jepang yang bercerita tentang seorang anak laki-laki bernama Momotaro yang datang ke bumi, berada dalam buah persik raksasa. Lalu ditemukan mengapung di atas sungai oleh seorang ibu yang tidak memiliki anak yang sedang mencuci bajunya disana. Saat berusaha membuka buah tersebut untuk dimakan, pasangan suami istri itu malah menemukan seorang anak di dalamnya. Anak tersebut menjelaskan bahwa ia telah dikirimkan surga untuk menjadi anak mereka. Pasangan ini lalu menamai anak tersebut Momotaro, yang berasal dari kata momo (buah persik) dan taro (anak sulung). Lengkapnya bisa baca disini.

Saya cukup takjub dengan fakta bahwa lagu Momotaro-san ini ternyata sudah ada dari 1 abad yang lalu, tapi sampai detik ini masih dikenal banyak orang bahkan yang bukan keturunan Jepang kayak keluarga saya. Hal ini kembali menunjukkan kalau Jepang memang ahli dalam melestarikan budaya yang mereka punya bahkan sampai berabad-abad setelahnya.

Mungkin kalau mama saya nyanyiin lagu ini, beliau jadi inget masa kecilnya waktu pertama lagu ini diajarkan kakek. Kalau kakek buyut saya masih hidup dan denger lagu ini, mungkin dia akan kembali ke saat-saat perjuangannya waktu dulu jaman penjajahan Jepang.

It’s wonderful how one song can bring back a million memories.

Kalau kalian ada yang pernah tau lagu ini? Atau mungkin ada lagu lain yang membawa ingatan kalian kembali ke masa kecil?

Momotarosource

Something special on my birthday :)

Postingan ini dibuat dalam rangka meramaikan giveaway yang diadakan sama Grace. Bagi yang mau coba ikutan, boleh melipir dulu ke blognya 🙂

Berhubung diminta buat cerita tentang ulang tahun yang berkesan, jadi yang mau saya certain tentang ulang tahun sendiri aja ya.. Agak bingung sih sebenarnya, karna kalo ulang tahun ga ada perayaan istimewa yang gimana-gimana gitu.

Tapi 2 tahun lalu adalah ulang tahun yang paling berkesan buat saya. Jadi nih, laki-laki yang jadi suami saya sekarang ini kan orangnya ga romantis. Dia ga terbiasa ngasi surprise maupun kejutan-kejutan kecil yang romantis. Ah walaupun udah saya protes tapi emang lahirnya udah begitu mau diapain juga kan. Sedangkan saya ini demen banget sama hal-hal romantis yang bikin hati meleleh gimana gitu. Definisi romantis buat saya juga sederhana, ga perlu kado besar atau mahal tapi niat dari suami untuk melakukan sesuatu di luar kebiasaan waktu kita pacaran aja udah buat saya seneng banget. Apalagi kalau ada unsur surprise nya kaaan :p

Jadi selama 9 tahun pacaran kemarin, si Bubu hampir ga pernah ngasi surprise waktu ulang tahun. Sedih. *nangis di pojokan* Sekali-sekalinya ngasi surprise ya 2 tahun lalu itu. Jauh hari sebelum ulang tahun, saya sempat cerita sama dia soal temen yang lagi ulang taun dan dikasi surprise sama pacarnya. Jadi tengah malam pacarnya ini datanglah ke rumah cewenya, bawa kue beserta bunga mawar yang cantik itu. Ah pasaran banget ya. Iya, udah biasa banget memang surprise yang kayak gini, tapi berhubung bertahun-tahun pacaran ga pernah digituin rasanya kan jadi hal yang langka banget buat saya.

Terus saya nyeletuk asal “Ah pengen banget deh dikasi surprise waktu ulang tahun sama pacar sendiri.. Kamu donk sekali-sekali kek kasih pacarnya surpriseee..” Tapi waktu itu Bubu biasalah ya melakukan self defense dengan menggunakan alasan dia kan emang ga romantis orangnya, dan ga ngerti gimana caranya ngasih surprise-surprise gitu. Alibi. Emang sih selama hampir 30 kali ulang tahun dia juga ga pernah dikasih dan ngasih surprise katanya.

Waktu itu saya cuma mesem mesem ketawa aja sambil ngomel-ngomel dan memang ga berharap banyak dia bakal ngasi surprise sih. Toh tahun-tahun kemarin dia juga ga pernah ngasi surprise, tapi untungnya sih ga kelupaan ngasih kado ya. Hahaha.

Taunya, malam sebelum saya ulang tahun dia nongol di kosan jam 12 malem sambil bawa kue ulang tahun dan bunga. Nah yang bikin geli itu, saya udah tauuu donk dia bakal ke kosan malam itu. Hauahahhaa. Bener-bener deh ini cowo ga ngerti yang namanya surprise kayaknya, atau dia emang ga bisa bohong. Kalo gitu sih bagus-bagus aja ya.. :p Jadi sebelum jam 12 malem itu dia nanyalah saya dimana, udah pulang kerja belum, mau tidur belum. Yang bikin saya curiga waktu dia lagi nelfon suaranya kan kayak lagi di jalan, ga sepi kayak lagi di rumah. Dan pas saya tanya dia lagi dimana, dia juga bingung jawabnya. Ahahaha suamiku iniiiiiii *gigit*

Jadiii udah bisa saya terka donk kalau dia mau ke tempat saya. Hahahaha geer banget yah. Dan bener, jam 12 malem itu dia berdiri di depan pager kosan yang udah digembok sambil ribet nyalain lilin kue ultah, tangan lain megang bunga, bonus tatapan aneh orang-orang yang lewat di sekitar. Sabar yaa sayangg..

Ah walaupun aku sudah tau dia mau datang, tapi tetap terenyuhlah hatiku ini melihat calon suamiku berdiri disana. Setidaknya dia udah berusaha untuk bikin saya seneng, buat saya ngerasain yang namanya dikasi surprise sama pacar sendiri. Kalaupun malam itu dia datang ga bawa kue ataupun bunga saya juga udah bahagia banget sih. Gimana ga seneng coba wong seumur-umur ga pernah dikasi surprise sama manusia ini, walaupun ya aku tau begitu besar cintanya padaku. Cuuihh :p

Kesenengan deh malam itu, kali pertama ditemani pacar di malam ulang tahun. Tak perlu perayaan mewah, tapi kehadirannya aja udah bikin hari itu jadi sempurna buat saya. Semakin saya sadar kalau bagi laki-laki ini, dia ga ngerasa perlu melakukan hal-hal romantis dulu untuk nunjukkin cintanya sama saya.  Rasa-rasanya dia selalu menunjukkan cintanya setiap hari dengan caranya sendiri yang ajaib dan ga romantis sama sekali. *kecup sayang*

Camera 360Foto jaman bahela nemu di FB dan rambut masih panjaang :))

Mungkin laki-laki ini memang tidak romantis seperti Channing Tatum di film The Vow, but i know he loves me unconditionally. One thing that i know for sure 🙂

Hari itu makin lengkap, selain dapet surprise dari pacar, temen kantor, temen media bahkan klien pun ikutan. Happy! 🙂

1364365163890Niat banget ada foto-foto saya ditempelin di sedotan dan ditaro di kue sama mereka. Kocak :))

1364364438493

1364447590099*abaikan hidung saya*