Pinjem duit donk!

_borrow-moneysource

Beberapa waktu yang lalu ada rekan yang ga ada angin ga ada hujan bbm saya bilang mau pinjam uang. Nominal yang dia pinjam lumayan banyak sih buat saya ya, terus dia ngejelasin lah butuh buat ini itu dan lainnya. Saya gimana ya, sebenernya sebisa mungkin menghindari buat berurusan sama masalah uang ini. Karna masalah uang itu kan sensitif banget ya.. Bisa bikin hubungan yang tadinya enak jadi ga enak cuma gara-gara uang. Apalagi orang yang mau pinjam uang ini sama sekali ga deket sama saya. Baru ngobrol beberapa minggu belakangan aja di bbm itu juga cuma ngobrol ala kadarnya. Saya juga ga bisa percaya seandainya saya minjemin uang ke dia karna saya kan gatau dia orangnya gimana (baca : apakah orang yang bisa nepatin komitmen buat balikin, atau yang suka minjem terus kabur dan kalau ketemu ya pura-pura ga pernah minjem). Saya sendiri bukan tipe orang yang suka nagih-nagih kalau ada yang hutang, karna ga enakan juga nagihnya, huhuhuu.Dan sebenernya sih kita sendiri juga bulan ini lagi banyak pengeluaran, jadi rasanya buat minjemin nominal yang dia minta ya susah juga. Alasan yang paling kuat ya karna saya ga kenal dan ga deket sama sekali sama orang ini. Setelah ngobrol sama suami, kita sepakat belum bisa minjemin uang ke dia dan saya coba menyampaikan dengan bahasa sehalus mungkin ke ibu ini. Si ibu keliatannya mengerti. Baiklah.

Eh baru aja kemarin saya di bbm lagi dengan orang yang sama, lagi-lagi nanya bisa ga kalau dia pinjem uang dulu karena blablabla. Padahal saya aja ngerasa udah cukup awkward dengan kejadian dia minjem kemarin itu, eh taunya orangnya masih aja usaha. Dan karna memang keadaan ga memungkinkan ya tetep saya tolak permintaannya itu. Mudah-mudahan ga ada lagi yang ke 3 kalinya. Lalu ada yang kasih info ke saya kalau si ibu A pinjem uang ya kalau bisa ga usah dikasih. Karna dia emang udah biasa minjem sana sini sama orang dan jarang dibalikin biasanya. Betapa leganya saya dengan keputusan yang saya ambil, karna kalau sampe ga dibalikin rasanya pasti dongkol karna uang segitu kan banyak, dicari pake tetesan keringet tiap hari kan itu.

Yang mau saya bahas disini bukan kebiasaan dia yang suka minjem uang atau apapun itu. Biarlah itu jadi urusan pribadinya sama Tuhan. Cuma yang bikin saya ga nyaman karna dia minjem uang sama orang yang ga dia kenal yaitu sayaaa. Yang tadinya saya kira bisa punya hubungan yang enak sama ibu ini karna baru kenal, sekarang saya jadi males kalo ketemu sama dia. Pernah ya kemarin kita ketemu terus dia lemes-lemes gitu, saya tanya kenapa dia bilang lagi sakit dst dst karna belum bayar ini itu. Alasan persis yang dia utarakan ke saya waktu mau minjem uang. Jadi seolah-olah dia sakit terus jadi banyak pikiran gara-gara saya ga minjemin uang. Yaelah si ibu dikira kita juga nyari duit metik di pohon apa ya. Bukan ibu aja punya tagihan yang mesti dibayar, disini juga banyak kewajiban yang masih harus dipenuhi. Lagian atas dasar apa juga saya bisa percaya perkataannya karna kita bisa dibilang sama sekali ga kenal.

Bukannya mau pelit atau berhati dingin atau apapun itu, cuma saya ngerasa ini bukan hal yang tepat aja untuk dilakukan apalagi sama orang yang bener-bener baru aja kita kenal. Lagian masalah uang ini tuh kadang salah-salah ngomong bisa buat orang jadi salah paham seumur hidup. Bahkan suami saya aja ngalamin kalo udah masalah uang, ga ada lagi yang bisa disebut temen. Mau temenan ratusan tahun aja masih tega-teganya kok yang disebut temen itu nipu demi uang. Jadi ya sebisa mungkin saya menghindari berurusan sama uang dengan orang lain kecuali suami ya, hauhahaha 😀 😀

Kalau kalian sendiri gimana? Pernah ada pengalaman ga enak gara-gara uang ga?

130912151342source

40 thoughts on “Pinjem duit donk!

  1. Dulu-dulu sering, Mar.. Ternyata dari jaman masih single dulu aku sering dianggap banyak uang atau gak banyak tanggungan.. Trus aku kan minjeman uang niatnya nolong, tapi kebanyakan yg minjem nih bukan peminjam yg mengerti etiket pinjam meminjam. Begitu dapat uangnya suka lupa bayar dan berharap aku lupa juga, trus jadi mutusin hubungan/gak mau kenal atau nyapa lagi.. Menurutku kalo belum bisa bayar sesuai komitmen kan harusnya ngomong baik-baik. Toh aku juga niatnya nolong, bukan debt collector galak.. Sekarang sih aku lebih selektif.. *jadi curhat*

    • Nah itu yang bikin males ya mba, padahal kita niatnya baik tapi dikasih ati malah minta jantung. Namanya utang ya ttp harus dibalikin kan ya, aku malesnya tuh gt secara ga enakan jg kl mau nagih. Tp kebanyakan skr kl ga terlalu deket hubungannya, suka pura2 lupa sama hutang. Betul mba, sebagai yg mau nolong skr jg harus selektif, jgn sampe malah jadi dimanfaatin. Kalaupun emg belum bisa balikin ya ngomong baik2 kan kita jga ga bakal ngamuk ya 😀

  2. Ih berani ya Mar kalo dia baru kenal terus mau pinjem uang. Ngga segen atau gimana gitu. Terus masih coba kedua kalinya pula! Ini lebih parah daripada minta titip sesuatu. Moga-moga dia ngga berusaha pinjem lagi ke kamu ya.

    • Makanya mba aku juga heran, kok ya ngga ngerasa segen atau ngga enak atau apalah gitu. Udah gitu sampe 2x pula mintanya, hadeehh. Iyaa mba mudah2an ga ada yg ke3 kalinya 😀

  3. temen gua juga ada beberapa kali mau pinjem duit… dulu waktu belom married, kalo nominalnya masih dalam batas wajar masih gua pinjemin… tapi sekarang, kudu ngomong dulu ama suami, apalagi sejak ada anak…ga bisa main ngeluarin duit sembarangan… kalo yang nominalnya gede biasanya gua bilang ga bisa pinjemin, duitnya mau dipake…

    • Iyaalah mel, kl udah pny anak pengeluaran jg pasti jd lebih besar kan. Jadi ya perhitungannya mesti lebih teliti.. Iya kl orgnya udah kenal dan pasti balikin sih gpp ya kt minjemin

  4. Mar, kok samaan qta, hahahaha. Gue kmrn juga di kontek sama slh 1 temen dgn keperluan mau pinjem duit. Pdhl g sama dia ini jarang loh kontek2. Temenan di medsos iya, skalinya ngontek minjem duit. Reason gue sama kyk lo Mar, duit tuh sensitif trs ga kenal baik sama ni org en gue jg ga suka nagih2 (kesadaran aja dr peminjam buat balikin). Herannya, beberapa hari dr kejadian dia kontek gue (intinya g ga ngasi pinjem), dia jalan2 loh plus ajak pacarnya, hahahahaha

    • Hahahhaa bisa barengan gt yaa 😀 iyaa malesnya gt ya, udah ga deket ga perna ada kabar tau2 kontek pinjem duit. Rasanya anehhh ga siih. Dan kl sampe kejadian kita mesti nagih2in kan ga enak jg ya nanti

  5. Suruh pinjem aja ke bank 😀 kadang pinjemin eh pas ditaggih malah mbentak-mbentak yg ada kita, kalau perorangan masalah pinjem uang emang agak kurang nyaman, mikirnya pas kita nagih uang pinjemanya itu

    • Hahaha kalau itu sih emang udah pasti malesin banget. Yang minjem siaapa yang ngebentak siapa.. Makanya saya jg suka ga enak hati kl mesti nagih jadi lebih baik menghindar apalagi kl orangnya ga deket

  6. Terkadang kl gue rada dilema sih sama soal pinjem meminjem duit ini. Soalnya ada orang2 yg minjem duit krn emg beneran kepepet dan ada yg emg semacem penyakit (doyan nya minjem duit buat gali lobang tutup lobang). Kalo yg beneran butuh trs ga dikasih jg berasa kasian banget. Tapi kita kan ga tau ya org yg minjem ini masuk kategori yg mana.

    • Iyaa pi, kadang kasian emang kl sama yang beneran butuh.. Tp gw pribadi ttp liat dulu dia orangnya gimana, yang bisa komit pegang janji balikin apa cm mau minjem terus kabur. Hahaha.

  7. Jaman skrg yg pinjem duit seringnya lebih galak pas ditagih, jd mending gak kasih pinjaman duit deh 😀 . Belum lama ada teman kntr dulu pinjam duit ke aku, pas aku kerja memang kupinjamin, tp skrg masah dia sdh tau aq ga di indo masih juga mau pinjam duit, lah nagihnya bgm?. Kubilang aja “skrg aku gak maen rupiah lagi” hahaha.

    • Iyaa mba, itu mah keterlaluan ya.. Yang minjem siapa yang digalakin siapa. Makanya aku jg tipe yg ga enakan kl nagih jadi ya sebisa mungkin menghindari sih. Terus temenmu itu bilang apa mba? Ada2 aja udah beda negara masih minjem duit juga 😀

  8. mar kalau itungannya gak kenal kok kayanya malesin bgt ya minjem2 duit (sampe 2x lagi usahanya) jadi kesannya kaya krn butuh aja nyari kita, tapi mau ngasih jg kita gak tau dia orangnya kaya gmn. bener deh masalah duit itu sensitif sama temen sendiri aja kadang bisa jadi masalah apalagi sama org gak kenal.

    • Makanya re, itu yg bikin aku males. Kan dia ga kenal sama aku tapi kok ya berani aja gitu minjem2 duit. Ga ada rasa ga enak apa gimana gitu ya.. Iya kadang soal duit sama temen sendiri aja bisa berantem ya re, serem

  9. Ih paling males kalo uda berurusan dengan orang yg mau pinjem duit deh. Apalagi kalo ga kenal. Dengan yg cukup kenal aza kadang suka jadi ga enak-kan apalagi yg ga kenal ya. Aku sebisa mungkin mengindar kalo ada yg mau pinjem2 duit gini. Soalnya kalo ga dibalikkin lumayan mangkel apalagi dalam jumlah yg besar.

    • Samaaa mba, aku juga sebisa mungkin ngindarin sih.. Soalnya lebih seringnya nanti bikin hubungan ga enak. Aku jg suka ga enak hati kl nagih2, tapi ya nyesek juga kl ga dibalikin.. 😀

  10. Aku juga sebisa mungkin hindarin pinjem2an duit Maaar…
    bener katamu, bikin kagok…

    Dan aku beberapa kali kejadian dooong…
    Bahkan sama sahabat deket banget jaman SMA, buat modal usaha bantuin suaminya blablabla…
    Yang akhirnya sekarang jadi bikin males gitu lhooo…

    Jadi emang bener katamu Mar,sebisa mungkin sih jangan ada urusan ama duit laaah…

    • Itu temen SMA mu ga balikin uangnya mba akhirnya? Tuhh kan bikin yang namanya hubungan temen tuh bisa jadi ga enaak. Makanya sebisa mungkin aku ngindarin sih mba, bkin ga enak hati juga 😦

  11. Wah mar.. keputusan yang tepat sekali, udah baru kenal, minjemnya mau nominal banyak pula. -.-”
    Kayaknya dia semacam coba2 pinjem ke semua org yg dia kenal deh ya.. Kalo dapet syukur ngga dapet coba lagi. Tapi kita musti bersyukur yaah at least kita bukan ada di posisi yang musti minjem. Hehe.. 🙂

    • Iya fan, itu yang aku males makanya. Keliatan banget jadinya selama ini ngajak ngobrol2 gitu karna ada maunya. Toh setelah ga kupinjemin sampe skr dia ga ada hubungin buat ngborol atau apapun itu. Mungkin udah ga enak juga kali ya, hahaha

  12. untungnya gw blm pernah sih ngalamin diminta pinjem duit. Mungkin krn tampang gw galak ya, belom apa2 org segen mintanya :p
    Pusing juga sih kalo diminta pinjem gitu.. kalo gak terlalu kenal malah enak nolaknya, justru kalo keluarga atau temen, apalagi temen sekantor yang ketemu setiap hari.. itu lebih gak enak lagi loh..

    • Hahaha bagus donk Mel, jadi ga perlu ga enak pas nolaknya 😀
      Naah iya sih bener banget tuh kl sama yang ga kenal lebih gampang nolaknya, kl sama temen bingung mesti gimana ngomong yg enak. Soalnya kebanyakan suka bikin hubungan jadi ga enak sih kl udah urusan duit

  13. utk urusan uang sama temen memang dibilang paling sensitif, harus berpikir 2 kali kalo bantu soal itu bukanya ga mau ngebantu, krn hnya mslh uang bisa menjauhkan pertemanan yang udh lama. sayang juga nti pertemanannya hny mslh uang bisa menjauhkan semuanya..

    • Hahaha sableng banget yah mba, kenal aja belon udah berani minjem jutaan. Ini jg yg kemarin pinjem nominalnya bukan ratusan ribu lagi. Dikira punya poon duit apa ya 😀

  14. Ikutan nimbrung ya saya pun sama ini kenal belum genap sebulan udah berani minjem uang.. kenal pun cuma karena sama sama ngantar anak ke sekolah.. yang bikin ilfil yaitu tadi kenal pun belum lama berani pinjam…

Leave a Reply

