Tawar-tawaran yuk

tawar2source

Sebenernya mau cerita tentang usaha kecil-kecilan dari kemarin cuma belum sempet. Jadi dalam rangka menyalurkan hasrat akan kegemaran pernak pernik  shabby chic, akhirnya iseng-iseng bikin online shop yang jual berbagai pernak pernik shabby chic maupun vintage. Tapi makin kesini jadinya nyaruu apa aja yang lucu ya saya jual, hauhahaa 😀  Namanya juga usaha ya, lumayan buat nambah duit jajan dan jalan-jalan ke Eropa *ngayalbabu* 😀

Sekarang bukan mau cerita tentang usahanya, tapi mau cerita tentang pembeli yang nawar sadis lebih-lebih dari si Afgan. Ngerti sih ya sebagai pembeli pasti maunya bisa beli barang dengan harga yang semurah-murahnya dan bagi penjual maunya jual barang dengan untung yang bagus.  Saya sendiri kalau beli barang dan kayaknya masih bisa ditawar, biasanya saya akan tanya harganya masih bisa kurang apa ngga. Kalau sellernya bilang ga bisa, ya saya ga maksa toh barang juga barangnya dia kan. Tapi kalau masih bisa kan lumayan ya 😀 *dasar emak-emak*

Begitu pula waktu saya jadi seller, saya ga keberatan kalau ada yang nawar pas beli barang. Maklum namanya juga usaha kan. Cuma ya kalau nawarnya sadis kadang pengen nimpuk pake bata juga sih. Biasanya kalau memang beli beberapa dan masih bisa saya turunin bakal saya kasih diskon. Tapi kalau belinya barang yang paling murah terus masih nawar plus minta free ongkir rasanya pengen saya kasih aja semua barang jualan ke dia. Hehehe.

Tadi siang ada pembeli yang mau beli beberapa barang, memang lumayan banyak yang mau dia beli. Tapi nawarnya juga sadis bro. Sebenernya kalau saya juga dapet barangnya murah banget sih saya mau-mau aja ngasih diskon banyak ya. Tapi kalau sampe rugi masa iya saya nombok barang dagangan sendiri. Namanya juga jualan, bukannya lagi bagi-bagi sembako. Pertama si mba ini nawar dulu harga per barang, terus saya kasih harga saya yg paling baik. Beli beberapa jenis semuanya ditawar satu-satu. Okelah asal harganya masih masuk. Tapi udah dikasih diskon dan totalan masih nawar lagi dan lebih rendah dari tawaran yang pertama. Udah saya bilang ga bisa masih juga maksa minta dikurangin lagi harganya. Ada berapa kali itu ya dia maksa sampe saya jadi males sendiri ladeninnya.

Bukannya ga sopan atau gimana ya, tapi saya rasa baik pembeli maupun penjual harus sama-sama harus punya etika waktu melakukan transaksi jual beli. Yang jual juga jangan pelit dan jutek-jutek amat sama pembeli. Dan yang beli kalau dikasih hati ya jangan minta jantung dong ah. Masa iya dari harga segitu udah saya kurangin banyak masih aja ditawar terus mana sadis lagi nawarnya. Memang dikira disini lagi bagi-bagi sembako gratis? Haiyaaaaaa… Bukannya kenapa-kenapa, coba dia yang jualan terus ada yang nawar sesadis ituu… Ihiks. Gimane cara dapur mau ngebul kalau ga dapet untung? Hahaha 😀

aW1hZ2VzL3Nma19waG90b3Mvc2ZrX3Bob3Rvc18xMjg5MTI1MzM1X1B3c3RDbFNYLmpwZw==source

Eh tapi cerita saya ini beda kasusnya yaa kalau lagi belanja yang emang di tempat barang yang harganya kita udah tau dinaikin berkali-kali lipat, misalnya tempat belanja yang banyak turis dateng. Itu sih wajar aja kalau nawarnya agak jauh, kalau ngga mah malah kesian kitanya 😀 Hikmah yang bisa diambil hari ini adalah anak sabar disayang Tuhan dan kalau rejeki ya ga akan kemana. Saya yang pernah jadi pembeli dan penjual harus tau sebagaimana baiknya untuk bertindak. Mudah-mudahan ga sering-sering ketemu sama yang kayak gini.. Nyesek kayak kesedek biji duren.

Yang mau mampir intip-intip atau mau beli juga boleh banget loh.. Sementara baru ada Instagram dan FB nya @hanbychic *numpang iklan*

Sekian curahan hati malam ini, selamat beristirahat 🙂

 

 

Advertisements

41 thoughts on “Tawar-tawaran yuk

    • Hahaha ga enakan yaa mba kl mau nawar, aku jg kl soal nawar gt ga jago2 amat. Makanya sebisa mungkin ngindarin belanja di tempat2 kayak mangga dua gitu2. Hahaha

  1. Haii mar..g udah liat IG nya, barangnya lucu-lucuu…tambahin lagi dong koleksi bunga-bunga nya…pengen beli, harganya soalnya murce…hehe btw klo pengiriman pake Jne ya?

    • Haii Nat, makasi udah mampir ke lapak yaa 🙂 Iyaa nih nanti segera ditambah koleksi bunga2nya mudah2an. Boleh-boleh ditunggu yaa orderannya, hihihi. Iya aku biasa pengiriman pake jne atau ngga pake tiki.

    • Iyaa non, aku jg biasa kl belanja di ols jarang ada yang mau ngurangin harga. Cuma ini karna kupikir aku masih baru ya gpplah biar orang langganan aja dulu. Gpplah untungnya ga banyak yg penting rame 😀

  2. gua malah jarang dan hampir gak pernah nawar mar. ahaha.. makanya males belanja ke mangdu. gak bisa nawar soalnya. hihihihi

    • Hahaha pi gw jg rada serem kl belanja di mangdu, selain juga ga jago nawar ga enak hati kl dijutekin. Hauahaha. Cuma kalau nawar dikit-dikit masih bisalah, makanya gw lebih demen belanja di tpt yg harganya emg udah ketauan murah alias ga perlu ribet ditawar lagi 😀

  3. hihihi, bilang aja kalo barangnya sudah mentok gak bisa tawar lagi. kalo dia masih tawar tinggal copy paste kalimat diatas :p
    Gw malah gak enakan loh kalo nawar, makanya kalo dikasih diskon dikit aja udah seneng hahaha

    • Akuu udah bilang berulang kali Mel.. Hiihh mau jutek tapi ga enak, tapi ga digituin malah makin menjadi. Hiks kejam. Iyaaa sama gw jg kl dikasih diskon dikit aja udah seneng *anaknya gampang disenengin* hahaha 😀

  4. Aku paling kasih disk dikit gt buat yg belinya min brp item. Kalo harga di ols kan rata2 udah fix ya. Apalagi aku jualan kue, aneh bgt kalo ada yg nawar harga kue 😀
    emang macem2 yah crita customer nih, aku pernah yg sampe maksa bgt minta dianter ke Serang dgn waktu yg dia pgn, pdhl aku kesana sebulan sekali doang sambil mudik. Dia maksa2 bangeeet. Aku jawab “yakalo mba mau bayarin bensin, uang makan, sama nginep 2 hari, baru sy mau”

    • Betul banget fen, soalnya kan kita ols gini harganya jg bukan yg ngada2 naikin 100x lipat. Untung juga ga banyak amat kok, yang penting kita seneng dan customer jg seneng. Tapi kadang dikasih ati suka minta jantung. Ini aja mba2 yg kuceritain masih loh kekeh nawar minta free ongkir segala. Astajim si ibu kl ga mau bayar ongkir ya diambil aja kesini 😀 😀
      Hahaha teruus gimana tuh pas kamu bilang gitu customermu bilang apa? Setuju bangett deh aku sama jawabanmu 😀 Dikira ke serang cuma tinggal naik sepeda ke tetangga apa ya 😀

  5. waduh paling ribet dink kalo nawarnya tuh Afgan ya 😦 usaha gue juga suka ditawar Mar en malah bukan nawar kyknya lebih ngasih patokan kayak gini “pokoknya saya mau barangnya A en harganya sekian” pusinggg kpalaa, hahahahaha. Gue yg jualan tp dia yang netepin harga jualnya :p
    tetep semangattt ya Mar 😀 gue melipir ke IGnya ahh

    • Hahahaa ituu mah mending suruh dia yg jualan aja ping. Kan km yg jualan masa dia yang netapin hargaa? Hahaha ada2 aja ya orang jaman sekarang kelakuannya aneh-aneh. Coba ya dia yg jualan terus digituin kan ga enak 😀 Siipp, silahkan mampir yaa.. Makasi ping, kamu jg semangat terus yaaa 🙂

  6. Waduh Maaaar…
    emang kalo jualan itu harus bener2 tahan mental yah Maaar…
    Makanya aku tuh paliiing males jualan…

    Sekalinya jualan, malah jualan trip buat ke Korea…
    akhirnya banyak yang PHP in karena dollar lagi naik…bhahaha..
    *malah curhat di lapak orang*

    Sukses terus buat jualannya yah Maar :))

    • Hahahaa bener mba, jadi tau rasanya jadi seller. Suka duka jualan mba, ya namanya juga usaha.. Hihihi
      Gpp mba ayo sini curhat aja. Hahaha tapi kan pasti laku kl mba erry yg jualan ;p
      Thanks yaa mba, sukses juga buat dirimu yaaa 🙂

  7. Kalo nawar masih masuk akal masih sama-sama enak. Kalo nawarnya sadis bilang aja buat yang nawar barang gak dijual, hanya buat koleksi dhewek, haha…
    salam

  8. makanya gw ga terlalu niat dagang, karena males urusan sama (calon) pembeli yg cuma tanya2 doank tanpa beli atau yg nawar ga pake kira2.. karena gw sndiri kalo beli barang juga mau nawar banyak2 suka ga enak ati.. hahaha

    • Hahaha yaa itu udah resiko banget Dhe kl jualan, pasti banyak yg hit n run. Yg paling males itu kl nawar sadis, dikira lagi belanja di pasar apa ya, hahaha

  9. wahh marr.. gw uda follow yaa…
    bagus2 dah..suka @.@

    emang kadang2 org klo nawar suka afgan :))
    *jadi inget dulu suka nawar tapi ga ampe sadis bgt sih wkwkkw

    good luck ya Mar! ^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s