Don’t waste your time

time asource

Beberapa waktu belakangan ini dapet kabar yang ga terlalu enak, ada beberapa teman waktu kuliah dulu yang baru saja meninggal. Walaupun memang ga terlalu dekat, tapi denger kabar kayak gini rasanya ga percaya. Ga percaya orangnya udah ga ada lagi. Sedih dan ga bisa ngebayangin perasaan keluarga maupun orang-orang terdekat yang ditinggalkan. Kebetulan yang belakangan meninggal ini semuanya belum menikah tapi masing-masing udah punya pasangan yang udah cukup lamaย pacarannya.

Terakhir yang meninggal kemarin temen yang dulu suka 1 kelas dan diskusi tugas bareng, orangnya smart, sopan, pernah juga saya nebeng pulang bareng, dia juga pernah ajak pacarnya dulu ke kampus dan ngenalin ke saya dan temen-temen. Pacarnya ini cantiiik banget, waktu itu yang saya tau mereka udah pacaran sekitar 4 tahun. Jadi kalau dihitung sampai tahun ini saya juga gatau berapa lama persisnya waktu mereka sama-sama. Yang pasti udah lebih dari 6 tahun kayaknya dan sampai detik terakhir sebelum temen saya meninggal ini mereka juga masih pacaran.

Waktu tau dia meninggal mendadak karna serangan jantung, saya ga bisa ngebayangin gimana perasaan pacarnya waktu itu. Gimana kagetnya, gimana kehilangannya dia saat itu.ย Ah pengen rasanya kasih dia dukungan tapi masalahnya kita cuma pernah ketemu sekali nanti saya dikirain sok deket padahal ga kenal ๐Ÿ˜ฆ Saya cuma ga bisa membayangkan rasanya ada di posisi dia saat itu :,(ย Mudah-mudahan Tuhan kasih kekuatan yang luar biasa, dan mudah-mudahan temen saya juga udah bahagia di atas sana.

Ngeliat beberapa kejadian kayak gini buat saya jadi introspeksi diri sendiri. Umur memang ada di tangan Tuhan, ga ada yang tau sampai kapan kita hidup. Tapi apakah selagi hidup sekarang saya sudah bisa membahagiakan orang-orang di sekitar saya? Apakah saya sudah melakukan hal-hal baik terhadap orang lain? Atau apakah saya hanya terlalu sibuk dengan hidup saya sendiri?

Setiap habis berantem sama suami, saya selalu menyesalkan berapa lama waktu yang sudah terbuang dengan sia-sia. Melihat kejadian seperti di atasย rasanya jadi fakta yang menampar saya dengan kuat. Maaf bukan maksud dengan kasar menjadikan contoh, cuma rasanya terlalu kuat untuk dipungkiri kalau itu semua jadi teguran untuk diri saya sendiri. Fakta bahwa kadang saya tidak bersyukur dengan apa yang sudah Tuhan kasih, dengan pasangan luar biasa yang sudah Tuhan tetapkan dalam hidup saya. Masih banyak hal dalam diri saya yang harus dibenahi, semogaย saya selalu diingatkan untuk bersyukur, untuk menghargai pasangan yang sudah sebegitu sabarnyaย menghadapi bom waktu yang tiba-tiba bisa meledak tanpa alasan ini. Mudah-mudahan saya bisa jadi pribadi yang lebih baik setiap harinya dalam bertindak maupun bertutur kata, bisa melakukan lebih banyak hal-hal baik di dalam hidup, bisa membahagiakan lebih banyak orang lagi di sekitar saya. Mudah-mudahan saya tidak menyia-nyiakan waktu yang sudah Tuhan kasih sekarang ini.

“The truth is you don’t know what is going to happen tomorrow. Life is a crazy ride, and nothing is guaranteed.” -Eminem

“Death is a challenge. It tells us not to waste time. It tells us to tell each other right now that we love each other.” -Leo Buscaglia

 

 

28 thoughts on “Don’t waste your time

  1. Ya, salah satu hal “kecil” yang terkadang terlupakan memang adalah waktu ya. Sekarang ini kita memiliki waktu, padahal kita sendiri tidak tahu sampai kapan waktu ini akan kita miliki…

    • Iya ko, kelihatannya sepele tapi memang ga ada yg tau kan sampai kapan waktu yg kita punya. Sayang banget kalau ga kita manfaatkan secara maksimal, apalagi kl terbuang percuma

  2. Semoga beliau-beliau diterima di sisi Tuhan.. Aamiiin..

    Iya Mar, aku jugak kalok kesel-keselan sama siapa pun, langsung kebayang ngga enaknya gitu. Takut banget kalok ngga sempet mintak maaf tapi uda keduluan dipanggil.. Apalagi sama orang yang disayang.. ๐Ÿ˜ฆ

  3. Bener banget deh mar…biarpun masih muda ttp harus hati2 yaa karena umur di tangan Tuhan dan kita ga tau kapan saatnya kita dipanggil…bener2 harus memanfaatkan waktu yg uda dikasi Tuhan…

  4. Sedih banget pasti Mar buat keluarga pacar dan teman yang ditinggalin gitu. Kadang kita emang suka terlena sama kesibukan dan keegoisan kita sndiri sampai semua udah telat dan ..baru nyadar kalau waktu emang gak bisa balik lagi. Berharga bangettt.

    • Iya nis, aku ga kebayang rasanya jadi yg ditinggalkan. Mudah2an orang2 yg kita sayangi dikasih umur panjang sama Tuhan ya.. Aku sering larut sendiri sama kesibukan dan kalau dipikir-pikir jadi kurang perhatian sama org lain. Jadi selfnote buat aku sendiri. Mudah2an kita bisa pakai waktu yg ada sebaik-baiknya ya..

  5. turut berduka Mar, sedih banget pasti ditinggal mendadak gitu ๐Ÿ˜ฆ
    semoga keluarga dan pacar yg ditinggal diberi kekuatan dari Tuhan deh..
    thanks refleksinya Mar, jadi inget utk selalu berbuat baik dan membahagiakan org lain, sebelum kesempatan itu diambil sama Tuhan ๐Ÿ™‚

  6. Sama nih Mar, bbrp bulan terakhir juga ada bbrp temen dan sodara yg meninggal tanpa disangka2.. Sedih sekaligus ingetin, umur ga pernah ada yg tau.. Thank you sudah mengingatkan, Mar ๐Ÿ™‚

  7. thanks for sharing mar.. kita emang perlu cerita kaya gini supaya kita sadar kalo hidup kita singkat dan unpredictable. turut berdukacita ya.. semoga keluarga yg ditinggalkan dikasih kekuatan sama Tuhan.

    • Sama2 ya De.. Abisnya kl dipikir2 suka ga sadar sibuk sama diri sendiri sampe ga terlalu merhatiin orang2 di sekitar. Tp kalau denger cerita kayak gini ga bisa ngebayangin jadi pihak yg kehilangan. Amin, mudah2an mereka diberi kekuatan ya..

  8. iya mar aku juga kalau abis dapet berita duka gini pasti langsung jadi bahan buat mikir sendiri.. gimana kalau itu kejadian di aku.. umur emang gak ada yg tau sih ya, semoga kita bs sama2 belajar utk ngehargain waktu yg kita punya ya dan org2 yg kita sayang juga. semoga keluarga temenmu itu juga sabar & kuat ya :’)

    • Iya, pasti jd ngebayangin diri sendiri di posisi org itu kan, trus biasanya suka nyesel kl kyknya ternyata kita tuh ga maksimal manfaatin waktu yg kita punya. Amiin re, mudah2an kita dikasi waktu panjang yaa sama org2 yg kita sayangi ya.. ๐Ÿ™‚

  9. Bener marrrr.. gua juga setuju. life is too short. kita gak bakalan tau kapan dipanggil atau org terdekat yang dipanggil yah. sebisa mungkin melakukan yang terbaik dimasa-masa sekarang ini..

  10. Turut berdukacita buat temennya Ci, dan keluarga yang ditinggalkan.. Gua pernah dapet quote kya gini Ci, “buatlah perencanaan seakan2 kamu masih lamaaa sekali hidup, namun hiduplah seakan2 hari ini adalah kesempatan terakhirmu.” Nyesek!

Leave a Reply

