Jogja Trip #2

Setelah hari pertama kemarin kita cuma jalan di sekitar Jogja, kali ini hari kedua kita berencana untuk mengunjungi beberapa tempat wisata alam yang terletak agak jauh dari kota Jogja. Jadi begini, untuk transportasi umum menuju tempat-tempat wisata di Jogja bisa dikatakan masih sangat minim. Kalau untuk ke Candi Prambanan memang bisa menggunakan Trans Jogja tapi akan lebih menghabiskan banyak waktu dibanding dengan naik kendaraan pribadi. Selebihnya kalau mau ke tempat wisata lain menurut saya memang dapat lebih maksimal bila menggunakan kendaraan pribadi. Jadilah kemarin kita cari-cari tau untuk sewa mobil di Jogja, dan rencananya mau nyetir sendiri pake GPS. Hahaha sok banget ya ๐Ÿ˜€

Tapi sebelum berangkat itu kakaknya suami nyaranin kita untuk sekalian sama drivernya aja kalau sewa mobil karna petunjuk jalan disana cukup minim apalagi kalau belum pernah pergi kesana pasti bingung. Setelah hitung-hitungan budget dan ngeliat dari itinerary yang udah dibuat kayaknya memang akan lebih efisien kalau kita pake driver, jadi ga perlu buang waktu kalau nanti nyasar. Kebetulan driver yang direkomendasikan ke kita ini waktu ditelfon juga ngomongnya enak banget, orangnya pun ramah.

Berangkat dari Tropis Guest House jam 8 pagi, sekalian kita check out dari sana. Oh iya disini tarif per malamnya dikenakan 250rb tanpa breakfast. Kalau sama breakfast per kepala tambah 25rb. Dijemput sama Pak Hendro, driver yang udah kita hubungin dari Jakarta. Tempat pertama yang dituju adalah Air Terjun Sri Gethuk. Sekitar 1,5 jam dari Jogja. Dan bener aja ya, kayaknya kalo ga pake driver kita pasti bakalan nyasar. Petunjuk jalannya minim banget, dan pasti ga bakal percaya deh di tempat terpencil gitu ada tempat wisatanya. Hahaha. Jalan dari pintu gerbang menuju Air Terjun aja masih rusak dan sepi banget. Kalau cuma berdua mungkin kita bakar putar balik ๐Ÿ˜€

IMG_2503Pemandangan kiri kanan jalan menuju Air Terjun Sri Gethuk

Dari tempat parkir mobil, kita harus jalan kaki dulu menuju tempat penyeberangan dengan menggunakan rakit sederhana untuk ke air terjunnya. Kalau ga salah tiket masuk Air Terjun Sri Gethuk itu Rp 5.000 untuk satu orang tapi belum termasuk tiket perahunya. Tiket perahu per orangnya dikenakan tarif Rp 10.000. Tapi ya seru juga sih naik perahu ini walaupun cuma sebentar. Nanti kita diturunin di tempat air terjunnya berada, kalau udah selesai tinggal bilang penjaga yang ada disana dan perahu akan jemput kita buat balik. Anehnya pas berangkat naik perahu itu cuacanya panas terik, eh begitu di perahu pas jalan pulang langsung mendung banget donk. Pas udah sampe mobil turunlah hujan, hoki untuk belum kehujanan disana.

IMG_2510Perahunya ada di bawah sana

IMG_2547Nah perahunya yang kayak gitu

20141111_102730Airnya bening, sampe keliatan batu di bawahnya

IMG_2517

IMG_2532Anti klimaks ternyata air terjunnya kecil ๐Ÿ˜€ tapi cantik kok

IMG_2526Bang fotoin kita juga donk, sedih nih cuma bisa pake kamera depan mukanya jadi gepeng lagi ๐Ÿ˜€

IMG_2528Kalo bawa anak kecil emang harus hati-hati karna beneran licin

Dari Air Terjun Sri Gethuk kita lanjut ke Goa Pindul. Jadi disini itu terkenal dengan Cave Tubing nya, alias masuk ke dalam goa dengan menggunakan ban yang mengapung di atas air gitu. Kebetulan saya juga sama sekali belum pernah nyobain yang namanya Cave Tubing. Jadi makin penasaran. Saat sudah mendekati Goa Pindul, nanti akan terlihat beberapa tempat yang menjual tiket masuk ke Goa Pindul. Ternyata memang bukan hanya ada 1 pengelola, tapi kemarin Pak Hendro bilang ada sekitar 4 atau 5 pengelola disana. Konon saat musim liburan tiba, jumlah pengunjung Goa Pindul bisa mencapai ribuan orang. Untung banget kemarin itu waktu kesana lagi weekdays dan belum musimnya libur.

Tarif tiket masuknya dikenakan Rp 40.000 per orang untuk paket Cave Tubing di Goa Pindul. Ada juga paket lain yaitu Cave Tubing Goa Pindul + River Tubing Sungai Oya, sekitar Rp 90.000 per orang. Paket ini semua udah termasuk dengan guidenya. Berhubung setelah Goa Pindul ini kita masih pengen ke pantai, jadi cuma ambil paket cave tubing aja. Setelah ganti baju, nanti kita dikasih pelampung beserta ban yang dipakai untuk duduk. Setelah itu tinggal duduk manis di atas ban yang mengapung dan ditarik sama guidenya untuk menyusuri Goa Pindul. Begitu kita mau masuk ke dalam goa, cuaca di luar itu udah mendung gelap dan hujan rintik juga sudah mulai turun. Pengunjungnya pun baru kami berdua ditemani oleh guide saat itu. Paling enak memang berkunjung di waktu bukan musim libur, jadi lebih santai sewaktu menyusuri goa ga perlu macet-macetan kayak gini. Hehehe

IMG_0982pic pinjem dari sini

Guide kita juga cerita kalau weekend atau hari libur itu jumlah pengunjung bisa mencapai ribuan orang, dimana durasi ngantri untuk masuk ke dalam goa pun bisa berjam-jam. Ada yang beli tiket jam 9 pagi, baru dapet giliran jam 2 siang. Ngapain aja itu ya.. Udah keburu jadi kelelawar di dalam goa sih.

Goa Pindul sendiri memiliki panjang 350 m, lebar hingga 5 m, dengan kedalaman air sekitar 5-12 m. Goa ini memiliki 3 zona, yaitu zona terang, zona remang dan zona gelap. Waktu tempuh yang dibutuhkan untuk menyusuri goa sekitar 45 menit ini sekalian sama penjelasan dari guide saat berada di dalam. Buat yang mau nyewa fotografer waktu di dalam nanti juga bisa kalau takut kamera/hp kecemplung di air. Kita kemarin ga pake fotografer sih, ribet dan agak mahal jadi pake hape sendiri sambil dipegang kuat-kuat supaya ga nyemplung. Kata guidenya udah banyak hp kecemplung di dalam air, lumayan tuh kalau dicari. Hahaha. Jadi ya fotonya ala kadar begini deh ga jelas apalagi yang moto suami ya kan. Zzzz

20141111_120825Ga jelas bentuknya apa ya ๐Ÿ˜€

20141111_121540Ini maksudnya semacam binatang yg ada di dalam goa tapi bukan kelelawar,ย parah ya ngeblurnya ๐Ÿ˜€

20141111_121749Ini lebih parah lagi muka saya seolah-olah di potosop jadi kayak sticker ๐Ÿ˜€ย Padahal hpnya ada blitz loh itu. Hahaha

20141111_124235Semua foto kalo ga miring ya ngeblur. Hahaha speechless saya pas liat ๐Ÿ˜€

39goa pindul (5)Nih fotonya minjem aja ya biar lebih jelas (source)

DSC_0033edtsource

Aslinya tempatnya beneran cantik kok, cuma maafkanlah dokumentasi seadanya kita ya. Walaupun ga dia air aja suami saya kalo moto emang suka miring ke segala arah, apalgi ini lagi ngapung. Hahaha ๐Ÿ˜€

Jadi sewaktu masuk ke dalam goa dan mulai masuk ke zona gelap dimana sama sekali ga ada cahaya selain cahaya senter si bapak, dia ngejelasin di salah satu pojok gua yang kebetulan batunya cukup landai dan bisa diduduki itu konon suka dipakai untuk bersemedi. Seperti yang sudah saya bilang, kalau unsur mistis di Jogja ini kan memang masih cukup kuat ya, kita bisa dengan mudah menemui sesajen di pojok-pojok bangunan. Terus si bapak menawarkan mau ngga lampu senternya dia matiin dulu dan waktunya dipakai sebentar buat berdoa, siapa tau nanti keinginannya terkabul. Belum juga saya bilang ngga mau, si suami udah nyeletuk oh boleh pak, lalu lampu senter langsung dimatikan. Kyaaaaaaaaaaaaaa… Gelap gulita, ngambang di atas air, di dalam goa antah berantah ya kan saya serem. Manalah saya juga ga suka gelap. Itu tuh gelapnya bener-bener gelap bahkan mata saya buka selebar-lebarnya sama sekali ga bisa liat apa-apa. Udah takut bakal ngeliat yang aneh-aneh kaan ๐Ÿ˜€ Dan saat itu posisinya juga duduk sendirian di ban masing-masing, nanti kalo saya lepas ke tengah goa yang gelap gulita gimanaaaa *imajinasi tinggi* Hahaha sadis. Mau teriak tapi malu juga ya sama si bapak. Rasanya lama bangett, untung kemudian si bapak kembali menyalakan senter dan tau-tau kita udah pindah tempat.

Begitu perjalanan selesai dan keluar goa, kita disambut sama hujan deras. Pas di dalam goa padahal cuma celana yang basah, begitu keluar eh malah basah kuyup -_- Naik ke atas dan nunggu dijemput sama truk pick up yang membawa kita kembali ke pintu masuk. Overall menurut saya cave tubing ini salah satu wisata yang menarik dan aman hampir buat semua umur. Seru aja rasanya kita bisa menikmati kecantikan alam sambil duduk santai di atas ban yang mengapung di atas air. Apalagi waktu lagi sepi gini berasa disewa tempatnya ๐Ÿ˜€

Selesai bersih-bersih dan ganti baju, kita melanjutkan perjalanan ke pantai di dekat Gunung Kidul dengan harapan hujan berhenti saat kita di pantai. Sebelumnya kita mampir ke salah satu rumah makan namanya Lesehan Pari Gogo. Rumah makan ini terkenal dengan nasi merah, wader goreng, sayur lombok ijo, dan menu lainnya yang juga ga kalah nikmat.ย Sistemnya bukan pesan per menu, tapi nanti nasi beserta lauknya akan disajikan langsung ke kita mirip di rumah makan padang gitu. Pertamanya saya ga punya ekspektasi tinggi karna memang ga suka nasi merah. Tapi apa nyatanya saya nambah 2 kali. Mana di luar lagi hujan, lapar, makanannya juga enak banget jadi ya jangan salahkan kalau saya nambah. Hahaha.

Processed with VSCOcam with f2 presetNasi merah, empal goreng, wader goreng dan lombok ijo. Enaaaakkkk

Processed with VSCOcam with f2 presetNih belalang gorengnya ada yg mau nyobain ga? Katanya rasanya crispy-crispy gitu ๐Ÿ˜ฎ

Nasi merahnya entah gimana diolah sedemikian rupa jadi empuk dan ga seret. Makannya disiram sama kuah sayur lombok ijo. Lauknya bisa pakai wader goreng, empal goreng, atau ayam. Kemarin yang saya makan wader goreng sama empal gorengnya. Empalnya empukk enak gigitnya ga pake susah. Kalo wader goreng rasanya mirip-mirip sama ikan bilis. Coba ya makan kayak gitu aja bisa sampe nambah 2x. Sampe pengen bungkus juga bawa pulang ๐Ÿ˜€ Oh iya ada jual belalang goreng juga kalau mau nyoba. Saya sih takut, ini megang juga demi dokumentasi aja, abis itu ngibrit. Hahahaa ๐Ÿ˜€

Selesai makan lanjut ke Pantai Indrayanti. Untung banget sesampainya disana cuaca cerah loh sama sekali ga hujan. Pantainya cantik dan lagi ga terlalu ramai. Terus saya baca di sebelah Pantai Indrayanti ada Pantai Goa Watulawang yang jarang dikunjungi orang. Berhubung udah disana ya sekalian cari dan tanya-tanya orang dimana letak pantainya. Cukup dengan jalan kaki saja dan ada petunjuknya kok dari Pantai Indrayanti. Hampir mirip dengan Indrayanti cuma bedanya lebih sepi eh tepatnya sama sekali ga ada orang. Jadi kayak private beach kurang cottage nya aja ;p

IMG_2571Pantai Indrayanti

IMG_2568Banyak batu-batu besar kayak gini

20141111_153212

IMG_2590

IMG_2598Jalan setapak menuju Pantai Watulawang

IMG_2599ย Ngelewatin bangunan kosong juga, pantai ada di belakang bangunan ini

IMG_2610Pantai Watulawang

IMG_2611Di balik batu besar itu ada pantai Indrayanti

IMG_2619

20141111_160456Yang di belakang saya itu kayaknya bekas warung tempat makan, cuma karna pantai ini sepi pengunjung warungnya juga pada tutup. Sama sekali ga ada orang di pantai ini ๐Ÿ˜€

Kita ngejar sunset di Pantai Kukup, berdasarkan info Pak Hendro Pantai Kukup ini salah satu yang cantik banget waktu menjelang sunset. Disana juga terdapat pulau karang yang dihubungkan dengan jembatan. Dan dari atas pulau karang ini kita bisa menyaksikan keindahan Pantai Kukup seutuhnya. Begitu sampai kita langsung naik ke atas dan nangkring lama banget ngeliatin sunset. Cantiiikk banget, ga kalah sama Bali ini sih ๐Ÿ™‚ Bedanya cuma lebih sepi dan terpencil aja. Ahh ga pengen pulang rasanya :’)

Processed with VSCOcam with f2 preset

20141111_164805Bisa liat sunset dan Pantai Kukup dari atas pulau karang.

IMG_2641Airnya jernih banget

IMG_2640Setengah jalan menuju ke atas pulau karang

IMG_2645Pemandangan Pantai Kukup dari atas pulau karang

IMG_2657

IMG_2981

IMG_2983Liat sunsetnya langsung jauh lebih cantik dari gambar ini. Ahh cantik banget pokoknya :’)

IMG_2661

IMG_2666Watching the sunset

Pulangnya kita mampir ke Bukit Bintang, yang ternyata mirip-mirip sama puncak tapi bedanya ga terlalu dingin. Lanjut makan malam di Bakmi dan Nasi Goreng Pak Pele. Tempatnya lesehan di trotoar jalan gitu, di sekitar alun-alun utara Yogyakarta. Kita pesen bakmi goreng yang ternyata juga enak, sayang nunggunya lumayan lama karna yang ngantri juga banyak banget. Seru sih, jadi ngerasain suasana Jogja waktu malam. Gimana ya, rasanya tuh khas banget suasana malam hari disana.

20141111_203739Bakmi goreng Pak Pele yang dimakan pake cabe rawit. Enaak

Perut kenyang, dan kita menuju penginapan kedua yaitu Puri Minggiran. Ga jauh dari alun-alun, tempatnya memang agak masuk ke dalam gang gitu. Tapi kamarnya enak banget, jauh lebih modern dan pencahayaannya lebih terang dibandung Tropis Guest House. Dengan harga hanya Rp 200rb permalam udah sama breakfast pula. Ya memang lokasi menentukan harga sih ya, kl di Tropis enaknya begitu keluar tempat makan dimana-mana dan becak juga gampang. Kalau di Puri Minggiran ya harus agak jalan sedikit keluar. Tapi kalo buat istirahat sih emang lebih prefer disini karna tempatnya nyaman dan bersih.

Advertisements

38 thoughts on “Jogja Trip #2

  1. Ish. Gw cuman ke borobudur doangan kemaren ituuu. Huahahahaha. Dan emang, mending nyewa mobil ama driver Mar. Jadi better siapin biaya kendaraan ya sebelom ke Jogja. Hihihi. Daaan gw ngileerrr baca nasi merah yang empuk dan gak seret ituuu.

    • Hauhahaha brarti tandanya mesti balik lagi mas dan buat ke tpt yg lain ๐Ÿ˜€ iya, disana kendaraan umum masih minim bgt soalnya. Klpun ada pasti butuh lebih banyak waktu.
      Enaakkk bgt mas itu nasi merahnya gw aja sampe bingung kok nasi merah bisa enaak. Hahahhaa

  2. Ah, sudah lama banget nih nggak ke daerah Gunung Kidul, hehehe ๐Ÿ™‚ . Pantai Indrayanti dan Pantai Watuwalang itu sepertinya terhitung masih “baru”, kalau Pantai Kukup sudah lama, hehehehe ๐Ÿ™‚

    Makan banyak kalau nasi merah nggak masalah kan, hahaha ๐Ÿ˜€ .

    • Zilko orang jogja ya? Iya kl indrayanti memang masih tergolong baru, tp weekend udah rame bgt katanya. Kl Watuwalang memang jauh lebih sepi sih.

      Emang sih lebih sehat, tp itu kan ttp aja ko nasi, hahahaa

  3. wah seru ya wisata alamnya. bagus juga tuh perginya pas hari biasa jadi gak rame ya. gak kebayang yang mau tubing itu masa dari jam 9 baru masuk jam 2. gile bener nunggunya… ๐Ÿ˜›

    • Cobain pi ntar kl ke jogja lagi. Seru kok ๐Ÿ˜€
      Iya, gw sendiri kemarin lumayan amazed sama pantainya. Ga nyangka juga bakal secantik itu. Bedanya memang lebih sepi aja dan disini banyak banget batu gede2 gitu

  4. Ternyata Jogja banyak tempat wisata bagus2 ya. Selama ini cuma tau Candi lagi candi lagi :)) Goa nya cantik banget. Lama juga ya antrinya kalo lagi rame, hahaha.

  5. Gua ga sabar mau nikah bukan apa2 Mar, tapi krn pengen liburan berdua gini..haha.. Kalo ngajak temen kan suka ga cocok jadwalnya..ihihi.. Gw kangen pen ke Goa Pindul ma air terjun nya.. Waktu gw kesana air terjunnya lumayan deres Mar.. ๐Ÿ˜€ btw, gw pengen balik krn pengen ke Goa Jomblang.. Pengen lihat ray of light nya.. Keren bener itu ๐Ÿ˜€

    • Iyaaa py, ngerti banget kok gw. Jalan sama pasangan itu emang paling enak sih ya, selain jadwalnya gampang, jarang juga ada perbedaan pendapat ttg tempat yg mau dituju. Secara semuanya terserah gw, suami mah ngikut2 aja hahahaa. Goa belom kesampean ke Goa Jomblang kemarin. Deketan sama Goa Pindul py?

  6. woahh.. goa pindul! mau banget kesana.. si cave tubing.nya kyk seru yaa.. haha.. maybe ksana ga boleh weekend yaa.. biar ga antri2.. hehe.. di jogja tuh ada hotel super mewah mar katanyaa.. yg kesana tuh kyk beckham dan artis2 hollywood lainnya. namanya amanjiwo.. haha.. pengen deh main ke jogjaa.. mungkin kalo ksana harus bawa kamera tahan air yaa.. biar dokumentasi.nya lebih uhuy.. hehe..

    • Iyaa jen, cobain deh si goa pindul seru cave tubingnya. Eh iya tuh kmrn driver gw jg ngasi tau yg ttg hotel mahal iti. Denger tarifnya kuping langsung panas, langsung itung2an semalem disana bisa buat berapa malem di hotel biasa. Hauahaha ๐Ÿ˜€

      • Kmrn sih gw 1 orang 45rb jen buat caving di goa pindul. Kalo 2 tempat kl ga salah sekitar 90an. Makanya better ke pengelolanya langsung, kadang kl sama calo emg suka dimahalin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s