Laparaskopi Endometriosis

where-theres-a-will-theres-a-way-kume-bryant (1)source

Cari tau sana sini sampai akhirnya ada temen papa yang ngasih tau ada operasi kista yang ga terlalu mahal di RS Pasar Rebo. Dan operasinya juga dengan laparaskopi jadi luka operasinya cuma sedikit, kalau operasi biasa bekas lukanya cukup besar dan otomatis penyembuhan pasca operasi juga lebih lama. Akhirnya datanglah kita kesana untuk periksa dan setelah tanya-tanya biaya yang dibutuhkan untuk operasi sekitar Rp10 jt sudah termasuk dengan rawat inap 2 malam kalau ga salah. Dengan keadaan saat itu Rp10 jt juga udah besar banget rasanya.. Ga ngerti mau nyari duitnya dimana. Tapi kalau dibandingkan dengan laparaskopi di tempat lain memang jauh lebih murah operasi di RS Pasar Rebo saat itu.

Saya ini anaknya penakut banget. Cupulah kalo masalah sakit-sakit gitu paling ga tahan. Puji Tuhan selama ini juga ga pernah sakit yang sampe harus dioperasi sampe akhirnya kista kemarin itu. Masuk rumah sakit aja saya ga suka, ga suka suasananya, ga suka sama baunya. Ga nyaman lah pokoknya kalau ke rumah sakit. Tapi ya kalau memang udah ga ada pilihan masa iya saya mau ngotot ga dioperasi?

Singkat cerita Tuhan buka jalan sehingga saya bisa segera melakukan operasi kista waktu itu. 3 bulan sebelum operasi saya juga melakukan terapi suntik Tapros, semacam suntik hormon yang berfungsi untuk mengurangi produksi hormon estrogen. Dokter juga bilang supaya waktu operasi nanti kista lebih mudah diangkat, mudah-mudahan ga lengket sama indung telur. Sempet nyari tau apa aja efek samping dari suntik Tapros ini dan lagi-lagi semakin dibaca malah jadi stress sendiri. Nyatanya efek suntik Tapros pada setiap orang itu berbeda-beda. Yang dialami sama si A belum tentu akan sama dengan si B. Kalau si A naik berat badan bisa sampe 10 kg, belum tentu sama si B kayak gitu. Begitu juga dengan efek samping lainnya. Namanya juga terapi hormon ya kalau di saya waktu itu efek sampingnya suasana hati suka sendu-sendu ga jelas naik turun kayak jet coaster, berat naik tapi cuma 1.5 kg, sama suka kepanasan di tempat full AC sedingin apapun. Kepanasannya bukan cuma panas-panas biasa tapi sampe baju basah sebadan makanya saya rajin bawa baju ganti kemana-mana waktu itu. Ribet sih tapi daripada masuk angin, oh iya saya jadi sering banget masuk angin parah gara-gara keringetan ga jelas kayak gini. Kalo lagi di bus kan mana bisalah kita ganti baju. Nungguin macet aja baju udah sampe kering sendiri di badan. Dan selama terapi hormon ini kita juga ga bakal kedatangan tamu rutin bulanan.

Untuk bayangan saja waktu itu harga obat untuk suntik Tapros sekitar 1,2 jt. Tapi ya entah gimana saya nemuin orang yang kerja di PT Takeda dan bisa dapet harga lebih murah karna beli dari agennya langsung. Kalau di rumah sakit mungkin harganya sekitar 1,5-1,6 jt. Selisih 400rb dikali 3 bisa buat beli satu obat lagi kan 😦 Terus untuk biaya kontrol dan USG tergantung rumah sakitnya ya, kisaran dari 300-600 ribu. Kemarin waktu check up di RS Mitra Keluarga sekitar 300rb untuk biaya konsul dan USG ga termasuk vitamin.  Pernah nanya juga di RS Permata Cibubur sekitar 550rb untuk konsul dan USG biasa.

Setelah 3x suntik, akhirnya hari operasi tiba juga. Sebelumnya saya memang udah banyak cari tau tentang proses operasi dan efek setelah operasi. Ya maklumlah parno kan ngebayangin bakal dibius total. Ini cerita bagi yang mau tau aja, bukan buat nakut-nakutin sama sekali ya. Saya sendiri nangis aja gitu waktu masuk ke ruang operasi dengan hanya selembar pakaian berwarna hijau khas rumah sakit. Hahaha. Asli malu sekaligus takut banget saat itu. Waktu itu cuma ada saya dan 1 orang perempuan yang ada di ruangan untuk nunggu giliran dioperasi. Kita sama-sama cuma terbaring di tempat tidur. Karna jaraknya ga jauh, saya rasa dia bisa lihat saya nangis waktu itu. Walaupun ga kenal, mbak ini baik banget dia bilang sama saya “Udah, gpp mba. Ga perlu takut, ini saya juga mau dioperasi lagi. Ga ada rasa apa-apa kok mba, ga sakit.” Begitu katanya sembari tersenyum ke saya. Lumayan tenang saya waktu denger dia ngomong itu 🙂

Tiba giliran dan saya dipindah ke ruangan lain untuk operasi. Ada dokter beserta perawat lain di dalam ruangan. Pertama dipasang oksigen, terus biasa dokternya akan sambil ngajak ngobrol selama persiapan itu. Untung banget karna mereka ramah dan santai saya jadi ga terlalu tegang. Terus yang terakhir saya lihat dia nyuntikin cairan bius ke dalam selang infus. Dokternya masih ngobrol tapi lama-lama suaranya jadi samar-samar kedengeran. Disusul dengan pandangan saya yang tiba-tiba kliyengan, lampu operasi di atas kepala beserta ruangan rasanya jadi muter-muter dan dimulailah sesi tidur sangat nyenyak yang panjang.

Saya lupa sekitar 1,5 atau 2 jam kemudian saya mulai sedikit sadar karna denger suara suster manggil-manggil dan nyuruh buka mata sambil nepuk halus pipi saya. Rasanya bukan kayak mau bangun tidur ya, rasanya aneh. Sadar tapi ga bisa sadar. Mau bangun tapi mata ga bisa dibuka. Mau gerak juga tapi kayaknya lemes banget. Saya ngerasa harus berjuang banget buat sadar, dan juga sempet sesak nafas entah karna panik atau gimana ga ngerti sedangkan mau ngomong aja susah. Ngumpulin tenaga untuk panggil suster kasih tau saya sesak nafas, kemudian langsung dikasih oksigen sama mereka. Rasanya kayak lagi ngigau tapi setengah sadar.  Ga lama saya mulai bener-bener sadar dan udah bisa buka mata. Selanjutnya saya ngerasa kedinginan banget, badan menggigil dan ga bisa ditahan supaya ga gerak-gerak. Padahal ya selama ini dinginnya AC juga ga sampe bikin menggigil gimana kan. Masuk ke kamar pun kaki dan badan juga masih menggigil padahal udaranya udah jauh lebih hangat.

Setelah cukup lama kedinginan, akhirnya efek obat bius perlahan mulai hilang. Dan setelah benar-benar hilang lalu digantikan dengan rasa sakit bekas operasi. Hehehe tapi tenang sakitnya ga seseram yang saya bayangkan ternyata. Sakitnya masih bisa ditolerir sama saya yang penakut ini. Mungkin yang bikin ga terlalu sakit karna luka laparaskopi yang cukup kecil. Besok siangnya kalo ga salah saya udah dibolehin pulang dan tinggal rawat jalan untuk kontrol bekas operasi. Terus di keluarga saya kalau ada yang habis dioperasi selalu disuruh minum obat cina namanya Pien Tze Huang, yang gunanya untuk mempercepat luka operasi supaya kering. Ga sampe seminggu saya udah lumayan bisa jalan tanpa kesakitan, seminggu kemudian udah ga terasa sakit lagi lukanya.

Kista yang diangkat kemarin namanya kista coklat/endometriosis. Warnanya memang coklat banget, dikasih liat begitu saya sadar. Jadi kista ini berasal dari darah kotor sewaktu mens yang seharusnya keluar setiap bulan, tapi entah kenapa ada yang ga keluar dan nyangkut di sekitar saluran ovarium sehingga menjadi kista. Di operasi terakhir ternyata ada kista saya yang sedikit nempel sama indung telur sehingga ada indung telur yang harus sedikit dibuang. Untung ga parah sih nempelnya jadi ga sampai diangkat.

Pasca operasi, saya juga masih lanjut melakukan terapi suntik Tapros sebanyak 3x. Puji Tuhan itu operasi terakhir yang saya lakukan di tahun 2011 akhir sampai saat ini dan semoga ga akan ada lagi ke depannya.  Terakhir kemarin check up pun rahim saya bersih padahal udah deg-degan banget beberapa hari kemarin. Jadi kayak reminder untuk diri sendiri supaya jaga makanan dan gaya hidup yang sehat. Kadang kita suka ga menghargai kesehatan yang udah Tuhan kasih cuma-cuma. Hiks :,(

Buat temen-temen yang kebetulan baca blog ini, ga perlu takut kalaupun nanti harus dioperasi. Karna ga seburuk yang dibayangkan kok. Ga perlu mikir macem-macem yang penting kista diangkat dan kita sembuh. Saya sendiri kalau dipikir-pikir lagi sekarang jadi geli kenapa dulu segitu cemasnya waktu mau dioperasi. Toh juga ga mungkin kebangun di tengah operasi dan ngeliat perutnya dibelek kan. Amit-amit sih ya, tapi saya rasa obat bius apalagi bius total itu cukup kuat untuk buat kita ga merasakan apapun selama operasi. Mudah-mudahan ini semua jadi alarm buat kita untuk lebih peduli dengan apa yang masuk ke dalam tubuh kita, dan gimana caranya menjaga pola dan gaya hidup yang sehat. Sampe hari ini saya sendiri juga masih terus belajar buat jaga makanan.

Dulu pernah ketemu ibu-ibu, tau saya kena kista dia malah bilang kasian sama saya karna nanti jadi ga bisa punya anak. Kata siapa sih buu? Si ibu sotoy banget bukannya nyemangatin malah bikin orang tambah down aja. Saya percaya kalau anak itu ada di tangan Tuhan dan pasti Tuhan tau waktu yang terbaik buat kita. Cepat atau lambat punya anak, itu semua udah diatur sama Tuhan. Tapi yang pasti kista sama sekali ga menutup kemungkinan seorang wanita untuk punya anak. Banyak juga kok yang walaupun kena kista tetep bisa punya anak. Kalaupun ada denger selentingan yang bilang kalian ga bisa punya anak, ga usah diambil hati. Jangan malah jadi stress karna ga membantu apapun juga. Kalau setelah baca artikel atau forum malah makin stress ya ga usah dilanjutkan. Yang penting kamu tau garis besar dan apa yang bisa dilakukan sementara. Saya pun yang awalnya baca forum ini itu tapi ternyata malah jadi mikir macem-macem, akhirnya milih buat berserah aja sama Tuhan dan ngelakuin apa yang bisa saya lakukan saat itu. Yang terakhir banyak berdoa dan berserah sama Tuhan, pasti bakal dikasih kekuatan.

Pokoknya keep fighting and keep smiling ya 🙂

1380966276source

 

Cheers 🙂

 

Advertisements

43 thoughts on “Laparaskopi Endometriosis

  1. iya ada kista bukan berarti gak bisa punya anak kok.
    sepupu gua juga ada kista bahkan indung telurnya yang 1 harus diangkat karena kista. tapi bisa punya anak kok. 2 malah. 😀

  2. Alhamdulillah lancar yah.. jadi kamu OP nya di pasar rebo? kaka ipar aku dokter anastesi disana..hahaha! Kerjaannya nyuntik orang operasi.. Semoga abis ini ada jalan terang yah.. Sehat selalu dan yang terbaik buat kamu :*

  3. Kebetulan sodara aku ada yg kista endo jg mar, tp dia sampai skrg ga berani laparoskopi plus krn biaya mahal jg. Tp dr info yg km tulis lumayan bersahabat ya biaya nya. Nanti aku kasih tau sodara ku deh, thx bgt buat info nya. Btw laparoskopi sama bedah sc sebenernya sama ya, sama2 di belek. Tp aneh kok laparoskopi di bius total ya, kl aku pribadi lebih takut di bius total, takut ga bangun lg wkwkwk 😀

    • Iya pi, harga laparaskopi di pasar rebo kmrn memang lebih murah setelah gw survey dr beberapa tempat. Mudah2an infonya berguna buat sodara km ya..
      Iya soalnya kan perutnya dibelek juga. Gw ga mau malah kl cuma bius lokal, bisa kejang2 liat perut dibelek. Hauahaha. Iya tuh gw jg kmrn pas dioperasi takut ga bs bangun lagi, parno bgt. Hahaha

  4. Mar, km baik bngt sharing2 cerita ini, pasti byk yg kebantu kalo mengalami hal yg sama 🙂
    Puji Tuhan skrg uda sembuh total yah, semoga itu kista ga balik2 lagi deh..
    dan masalah punya anak, bener ada Tuhan yg atur kok, tenang aja masih banyak org2 yg pernah dioperasi kista berhasil punya anak 🙂
    sehat2 terus dan tetep semangaaat Mar ^___^

    • Iya mey, soalnya dlu pas aku sakit dan panik ya aku cm dapet info dr baca2 forum dan baca blog orang. Jadi aku rasa ga ada salahnya jg kali aja pas ada yg cari info bs baca blog ini dan ada bayangan buat perawatannya.

      Amiin mey, makasih banyak doanya yah.. Iya aku yakin nanti Tuhan pasti akan kasih anak di saat yg tepat. Aminn 🙂

  5. aku juga pernah mar di operasi, walau cuma usus buntu. waktu itu juga takut. takut gak bisa bangun alias mati. *takut gagal operasi*, tapi kata dokter yg nota bene sepupu sendiri dia bilang ini mah operasi kecil gak bakalan mati. wkwkwkwkkw.. 😀

    puji tuhan yah kamu udah bersih dari kista. iya percaya aja.. anak itu titipan tuhan. mau kaya gimana mungkin kita sakit kalau saatnya udah dikasih, pasti dikasih. yang sehat kaalo belom dikasih yah juga belom. 🙂 pokoknya semangat yah mar. aku jg jadi mau jaga makanan nih. hahahaha.. 😀

    • Hahahha aku jg pi takut ga bs bangun lg pas waktu itu operasi. Abis ditakut2in kl bius total itu bahaya. Padahal yaah drpada ga dibius lebih serem kan. Mwahahhaa.

      Betul pi, Tuhan pasti akan kasih anak di saat yg paling tepat nanti. Kamu jg sehat2 terus yaa biar program babynya lancaar, hihihi

  6. Temen kantor gw juga istrinya ada kista. Tadinya mau di operasi kayak elo, eh persis sebelum operasi pas tes darah ketauan hamil. Gak jadi operasi deh :). Memang proses punya anaknya lama sih nyaris 5 tahun.. katanya gak perlu macem2, yang penting percaya dan banyak doa 🙂

    • Waaahh bersyukur bgt tuh pas bgt ketauan hamil. Pasti seneng bgt yaa temen lo, tuh kan Tuhan selalu kasih di waktu yg paling baik. Penantian temen lo jg ga sia2 yaa berarti 🙂

  7. Kadang aneh ya Mbak, liat orang yang ngga kenal trus tau kita sakit, eh bukannya disemangatin malah nakut-nakutin.. 😦 Sumpah pengen aku labrak aja rasanya. Gampang banget sih ngomong bakalan ngga bisa punya anak.. Ngga punya simpati apa..

    Bude ku yang ada kista bahkan punya 3 anak dan sempat keguguran 4x.. Tokcer kan.. Hihihi.. 😀 Jadi meskipun punya kista tapiiii kalok Tuhan menghendaki punya anak ya bakalan hamil kok. Semangat Mbaaaak! :*

    • Ya gitulah disini kan orang kl nyari info cuma setengah2. Mungkin dulu dia pernah denger org ngomong gitu makanya dia ngomong kyk gt jg ke aku.

      Tapi aku yakin aja Beb, apapun pasti Tuhan kasih yg terbaik dan di waktu yg jg paling baik. Kayak Bude km tuhh kurang keren apalagi coba bs punya 3 anak. Doain aja yaah, hihihii makasi bebii :*

  8. syukur ya mar semuanya lancar dan semoga gak ada lagi itu kistanya ya.. iya buat yang punya kista belum tentu gak bisa punya anak kok, anak kan urusan tuhan.. yang penting skrg bener2 jaga pola makan dan hidup sehat deh *ngomong buat diri sendiri juga hahaha* semoga sehat2 terus ya mar 🙂

  9. Berguna bgt nih Mar postingan mu buat yg baca dan lagi nyari info. Owh yah, temen kantor yg gw bilang dikolom komen dipostingan sebelumnya baru beberapa hari lalu menjalani operasi laparaskopi ini. Belum dgr kabar terbaru, tapi berdoa dia juga bisa melewati dgn baik yah 🙂

    • Mudah2an bs berguna buat yg lg mengalami hal serupa. Aku jg dl nyari tau banyak dr internet soalnya.

      Wahh mudah2an operasi temenmu lancar ya py.. Dan ga bakal kambuh lg kistanya. Amiinn

  10. Mudah-mudahan kistanya nggak balik-balik lagi ya Mar.

    Dulu aku juga pernah operasi laparoskopi, tapi di lutut. Ada otot di lutut yang sobek gitu jadi harus operasi. Enaknya operasi laparoskopi ini lukanya kecil. Dan kalo nonton Grey’s Anatomy sih judulnya less-invasive surgery.

  11. mar… dirimu masih mending dibius total jadi abis itu kan ga tau apa2… lah gua operasi sesar dibius setengah badan gitu… jadi pas proses operasi…tensi langsung naik jadi 190 saking takutnya wahahahaha…

    • Hah? Kl sesar itu biusnya setengah badan doank Mel? Hahaha gilee serem beneer. Dibius total aja gw masih takut apalagi kl cm setengah badan. Tp ga berasa apa2 kan?

  12. hai maria! thanks for sharing ya… semoga bisa jadi kekuatan buat yang ngalamin yang serupa.. bener tuh, semuanya di tangan Tuhan termasuk punya anak. Yang sehat ga ada apa2 juga bisa ga dikasih anak, dan yang ada kista sampe susah punya anak juga ada aja yg dikasih anak. itu mah emang semata-mata berkat dari Tuhan aja.. 🙂 🙂

    • Sama2 dea.. Habisnya dlu aku jg banyak baca di blog orang. Kali aja bs bermanfaat buat yg lagi ngalamin kan 🙂
      Setuju, anak itu ya kalo Tuhan mau kasih ya dikasih. Mau lama kek mau cepet, yang tau ya cm Tuhan. Makanya gw bingung de kl ditanya knp blm punya anak? Hahaha ya belon dikasi mau ngapain kan 😀

  13. Halo mba… saya baru berkunjung nih ke blog mba…
    Saya juga didiagnosa dokter kena kista coklat. Saya sudah menikah, selama ini dokter hanya menyuruh saya agar hamil, sedangkan kista ini menghambat kesuburan saya. baru 4 bln nikah sih, tp smpai skrg belom juga hamil. Saya baca2 ttg operasi laparoskopi itu banyak yang akhirnya operasi ga sampe sekali aja karna nanti timbul mslh baru lg stlh operasi. Saya jd takut kl akhirnya dkter nyuruh operasi deh.
    Oiya, mba gimna? Sudah hamil kah?

    • Hai mba.. Makasi udah mampir yaa 🙂
      Betul mba, dokterku yg dulu juga kasi saran supaya cepet hamil. Cuma karna dulu belum nikah ya nda bisa hamil gitu aja kan, hehehe. Memang pada akhirnya tergantung dari kitanya juga buat jaga gaya hidup, ada juga temenku yg kista cuma setelah operasi dia bener-bener jaga makanannya dan kebiasaan lain dan ga kambuh sampe skr. Baiknya sih mba cb konsultasikan dgn dokter jalan keluarnya gimana, karna kalau ukuran kistanya juga sudah terlalu besar malah bahaya kalau didiemin. Tapi kalau masih bisa diobatin dgn minum obat atau terapi lain ya gak apa2 dijalani aja.
      Syukurnya sekarang aku sehat-sehat aja mba, belom hamil dan memang kebetulan kita ga terburu-buru untuk punya anak. Yakin aja kalau Tuhan pasti akan kasih anak di saat yang paling baik 🙂

  14. Halo mba… saya baru berkunjung nih ke blog mba…
    Saya juga didiagnosa dokter kena kista coklat. Saya sudah menikah, selama ini dokter hanya menyuruh saya agar hamil, sedangkan kista ini menghambat kesuburan saya. baru 4 bln nikah sih, tp smpai skrg belom juga hamil. Saya baca2 ttg operasi laparoskopi itu banyak yang akhirnya operasi ga sampe sekali aja karna nanti timbul mslh baru lg stlh operasi. Saya jd takut kl akhirnya dkter nyuruh operasi deh.
    Oiya, mba gimna? Sudah hamil kah?

  15. Hay… saya juga didiagnosa endometriosis oleh dokter pertama, dokter kedua malah diagnosanya kista. Dari 7 cm skrg tinggal 4 cm, saya diet makanan berbahaya, sudah suntik tapros sekali di bulan 8. Tapi bulan 9 gak nerusin lagi, ini lagi coba minum obat herbal. Kalo gak berhasil kayaknya mau laparoskopi juga. Tapi bingung mau terapi suntikan tapros atau operasi. Saran dari dokter suntik aja dulu 3x….. pendapat kamu gimana?

  16. Duhhh bersyukur bgt bisa mampir disini, q juga neh lagi kena kista terakhit USG ukuran 8cm. Lagi suntik hormon yg pertama kmrin tgl 14 april 2016. Pdhal q perawat tapi malah lebih takut dg operasi karna sering liat. Tapi baca cerita ini jadi buat q gak terlalu takut & minder bgt lagi. Makasih bnyak ya, salam kenal. Siap untuk bulan 7 operasi.

  17. mba aku jg br selesai LO dan sehari sblm pulang RS aku disuntik tapros . Rencana nya mau minum pien tze huang. tapi jd ragu karna udh dikasi tapros

    pengalaman mba gmn, efek ga sm suntikan nya ?

    • Mba maaf baru bales ya baru sempet buka blog lagi sekarang, tapi kemarin setelah operasi aku juga minum pin tze huang kok karna dia memang bener2 ngebantu proses luka cepet kering. Dan kalau di aku sih ga ada efek apa2 sama suntik taprosnya, karna kan jaraknya juga cukup lama.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s