Knitting Project #3 : Rib Hat

Processed with VSCOcam with t1 preset

Setelah mati suri beberapa bulan akhirnya kesampean juga kemarin ngerajut topi. Berhubung 2 project pertama kemarin ngerajut syal (disini dan disini), jadi iseng pengen nyobain bikin topi. Nemu patternnya juga udah lama, namanya Chunky Rib Hat. Saya lupa dari mana persisnya, tapi di softcopy tertulis sumbernya (mittenandmakings.blogspot.com). TerusΒ sesuai dengan nama pattern, topi ini harusnya dirajut menggunakan jarum dan benang yang besar (5,5mm). Berhubung waktu itu belum punya tapi ngebet pengen ngerajut jadi dibikin dengan benang dan jarum seadanya (4 mm) dan jadinya ga bisa disebut sebagai chunky rib hat lagi donk πŸ˜€

Kesalahan saya adalah di setiap pattern itu biasanya ada gauge yang harus kita ikuti supaya hasil rajutan sama dengan yang ada di pattern. Nah berhubung benang dan jarumnya udah beda ukuran, dan saya pun kemarin males nyari tau tentang yang namanya gauge jadinya topinya rada kekecilan. Pas dipake semacam jadi topi kurcaci gitu. Hahahaha. Dan disinilah saya baru mengerti tentang pentingnya gauge, karna tarikan tangan dalam merajut itu biasanya berbeda-beda jadi kita harus menyesuaikan dengan gauge dari pattern dengan cara cari ukuran jarum yang dapat memenuhi gauge. Saya juga bingung sih menjelaskannya dan belum nyoba praktekin juga. Hahaha ga jelas sendiri.

Anyway, apapun hasilnya saya tetep seneng sih karna akhirnya bisa jadi topi beneran πŸ˜€ Walaupun masih rada berantakan sana sini tapi makin semangat buat belajar merajut. Emang sih saya akui ini kemampuan merajut saya lama banget berkembangnya padahal pas liat di blog pertama mulai itu bulan Februari. Tapi baru bisa menghasilkan 3 biji rajutan. Sedih *nangis di pojokan* Syukur-syukur kalo tangannya bisa makin lentur macam knitter yang suka posting di youtube itu. Oh iya adaΒ loh world’s faster knitter yang bisa merajut 118 stitch dalam 1 menit. Gile. Bisa liat videonya disini dan disini. Sampe mangap saya nontonnya. Hahaha.

Processed with VSCOcam with f2 presetKepuasan setelah merajut itu ya pas liat barangnya jadi πŸ˜€

Processed with VSCOcam with f2 preset

 

Happy kniting! :*

 

47 thoughts on “Knitting Project #3 : Rib Hat

      • Benangnya kusut, aku di omelin. Hahahha engga berani nyoba lagi dari situ. Mending ntr coba belajar dari awal, kamu tulis cara buatnya engga di blog? Biar aku bisa liat dan coba, kalau uda beli alat2nya hehe.

      • Hahaha galak yah yg ngajarinn. Coba lagi ajaa seru kok nanti lama2 jg mudeng walaupun awal2 menjelimet. Aku ga tulis detail sih di blog, tapi kl buat belajar awal coba pelajarin cast on, knit dan purl dan semuanya bisa didapatkan secara gratis di youtube. Hehehe aku jg belajar dr youtube soalnya πŸ˜€

    • Aaaahhhh thanks bgt yaa din.. Jadi terharu dibilang macam yg dijual di mall. Padahal menurut gw ini masih jauh dr standard. Hahaha.
      Aku beluuum pedeee, nanti yaaa kl udah beneran jago br terima orderan. Hihihii πŸ˜‰

  1. Mar km memang berbakat merajut gini deh, hasilnya keren dan rapi bngt loh πŸ™‚
    Aku pernah merajut pas pelajaran keterampilan di sekolah aja, tp berantakan dan hancur hahaha
    Semangat yah semoga makin banyak karya2 lainnya ^^

    • Whoaaa makasii ya Mey, padahal aku bahkan sampe skr masih bertanya2 ini beneran aku punya kemampuan ga sih? Soalnya kl ngerajut masih lelet gitu gerakannya. Huhuu. Ala bisa karna biasa sih ya πŸ™‚ Seruu bgt sekolah km dulu ada pelajaran merajut Mey. Aminn, mudah2an ga mandek lagi nih di jalan πŸ˜‰

    • Thanks yaa Mel, hahaha gw malah belon pede soalnya kl diliat2 belom rapi bgt πŸ˜€ Sipp, ntar kl udah kerapiannya udah memenuhi standard gw kabarin yak,hehehe πŸ˜‰

    • Thanks yaa Mel, hahaha gw malah belon pede soalnya kl diliat2 belom rapi bgt πŸ˜€ Sipp, ntar kl udah kerapiannya udah memenuhi standard gw kabarin yak,hehehe πŸ˜‰

    • Ihihihii boleeh juga tuh ngel, tapi ntar ya ngasinya nunggu pas hasilku beneran bagus. Maluuu kan kl ga rapi, sedangkan emaknya kl bkin craft cakep2 bangeeettt πŸ˜‰

  2. Whoaaaaa…
    keren banget sih Maaaar πŸ™‚

    ngerajut itu kan harus telaten dan super duper teliti banget yaaah…
    kalo salah dikit harus bongkar yah Mar πŸ™‚

    Kebayang deh betapa sabarnya dirimuh iniiih πŸ™‚

    • Makasiiii mba erry, tp ini msh agak awut2an kok. Hahaha. Nah iya kl ada yg salah itu yg bkin males, njelimet dan kl mentok mesti diulang lagi.
      Tapii aku orangnya ga sabar2 amat mba, ini sekalian melatih kesabaran memang πŸ˜€

Leave a Reply

