Why do we dream?

lack-of-sleep-leads-to-weight-gainsource

Dunia mimpi ini selalu buat saya penasaran dari dulu. Bukan, bukan dunia mimpi mistis atau tafsir arti mimpi gitu ya. Saya penasaran kenapa kita bermimpi? Seringkali begitu bangun tidur kita bahkan ga bisa ingat sama sekali tentang mimpi tadi malam. Jadi gunanya mimpi apa? Tapi kok manusia bisa bermimpi ya? Aneh membayangkan di saat badan dan otak kita seharusnya beristirahat, tapi di sisi lain ada bagian yang disebut mimpi yang secara tidak langsung mengharuskan otak bekerja untuk memvisualisasikan potongan-potongan gambar menjadi urutan cerita yang disebut sebagai mimpi.

Sering banget waktu lagi tidur nyenyak-nyenyaknya saya kaget di dalam mimpi dan langsung sadar gitu aja. Padahal kadang waktu mau bangun pagi dan buka mata aja ga sanggup rasanya. Beberapa detik setelah bangun saya masih bisa inget mimpi apa barusan, tapi dalam beberapa detik kemudian saya juga bisa lupa sama sekali dengan mimpi tersebut.

Nah kalo mimpinya pas lagi mimpi buruk sih seneng-seneng aja ya kalo lupa. Tapi kalo mimpinya lagi indah terus tiba-tiba kebangun karna mau ke toilet kan kepengen mimpinya bersambung lagi gitu. Sering banget pas lagi tidur nyenyak tiba-tiba kebangun karna mau ke toilet padahal lagi mimpi indah. Begitu kelar dari toilet dan tidur lagi, saya merem sambil ngebayangin mimpi indah yang kepotong ceritanya dan bisa nyambung donk. Hahaha. Sayangnya kejadian mimpi indah yang bersambung itu jarang banget. Lebih sering mimpi buruk yang bersambung. Tapi waktu tidur kok mimpi bisa bersambung ya? Kayak lagi nonton film jadinya.

Biasanya cerita di dalam mimpi itu kan aneh-aneh ya, campuran antara kejadian nyata dengan kejadian fiktif kayak di film. Saya heran sih otak saya kok ya bisa ngerajut cerita-cerita aneh itu jadi sebuah mimpi. Tapi katanya ketika kita tidur, bagian otak yang memproses logika dan common sense itu sedang beristirahat, sehingga campuran imajinasi maupun memori kita menjadi satu rangkaian cerita yang tidak logis. Biasanya mimpi kan terdiri dari beberapa potongan cerita, bahkan walapun potongan-potongan cerita itu menjadi satu tetap saja hasil akhirnya seringkali tidak logis. Lengkapnya coba baca-baca di sini.

Pernah juga saya mimpiin orangtua dan begitu bangun air mata ada dimana-mana aja gitu. Heran ya kok bisa manusia tidur, bermimpi lalu sambil nangis antara di dalam mimpi dan di dunia nyata. Jadi saya nangis di dalam mimpi, tapi di dunia nyata juga nangis sampe sesenggukan. Rasanya juga aneh karna waktu nangis itu kan ada air mata di pipi, jadi kita kayak kebangun tapi sebagian nyawa juga masih ada di dalam mimpi.

Yang lebih aneh, kalau pas mimpi buruk gitu perasaan sedih di dalam mimpi itu kan mendalam dan kadang terasa nyata. Begitu kaget dan mata terbuka, masih ada sisa-sisa perasaan sendu tadi. Tapi juga hilang dalam seketika karna tau itu cuma mimpi. Kelegaan yang luar biasa karna oh itu cuma mimpi toh.. Bingung ya? Saya juga bingung sih. Buat saya mimpi itu masih jadi hal yang aneh. Sama anehnya dengan perasaan yang dialami setelah bangun dari mimpi.

Walaupun ada banyak penjelasan ilmiah yang coba menjelaskan kenapa manusia bermimpi saat tidur atau apa manfaat dari mimpi, tapi sepertinya belum ada yang benar-benar punya jawaban pasti mengenai hal ini. Atau sudah ada ya sekarang?

Dreaming is a part of every good night’s sleep, but why do we dream? Anyone? 🙂

Advertisements

19 thoughts on “Why do we dream?

  1. Paling sebel itu pas lagi pacaran, mimpiin doi, trus ga lama kemudian putus. Seakan jadi peringatan kalo ga ‘jodoh’ sm dia.. Hehehe.

    Pernah juga nih kak Maria, saya mimpiin adek bungsu nyasar di Mall lamaaaaa banget ketemunya. Pake ada teroris segala pula. Bangun2 langsung nangis cariin adek saya.

    ps: ikutan giveaway yuk 😉

    • Hahaha iya paling sebel ya kl ada peringatan lewat mimpi gitu. Mana rasanya sedih banget juga kan..
      Oalaah, serem banget mimpimu itu. Pas bangun pasti perasaannya ga enak yah. Tapi akhirnya ketemu kan sm ademu?
      Boleehh, coba ikutan yah 🙂

    • Iya man, aneh banget lagi mimpi tapi rasanya nyata. Bahkan di dlm mimpi aja sampe mikir ini kenyataan,bukan di mimpi. Pas bangun perasaannya aneh ya..

      • Yup, setuju sama Arman.
        Kadang aku juga sering mimpi sedih, pas bangun masih berasa banget gitu pedihnya. Bikin mood jadi sendu pagi2

      • Iya be, kalo mimpinya berasa nyata banget perasaan emang jadi campur aduk. Bahkan walaupun tau itu cuma mimpi tapi tetep masih sedih rasanya. Anehh

  2. bisa jadi sih kalo kebanyakan pikiran, jadinya kebawa sama mimpi. mungkin bener juga.. “bagian otak yang memproses logika dan common sense itu sedang beristirahat, sehingga campuran imajinasi maupun memori kita menjadi satu rangkaian cerita yang tidak logis”. makanya si jp selalu wanti2 untuk gua gak kebayakan mikir. soalnya gua paling gampang mimpi. *tidur aja labil yah* hahaha..

    • Tapi kadang walaupun kita lagi ga banyak pikiran atau lagi ga mikirin hal-hal tertentu tetep aja mimpinya suka aneh2 ya.
      Hahaha iya betul tuh si jp. Memang kl lagi banyak pikiran ntar suka kebawa mimpi ya. Sukur2 kalo kitanya ga ngigau. Hihihi

  3. dulu waktu persiapan merit, sering banget mimpi yang jelek2 tentang wedding… kayaknya itu berawal dari kegelisahan dan keresahan karena takut ini itu deh hehehe… ada juga mimpi yang kayaknya berasa nyata banget, saking nyatanya ampe bangun kesiangan hahahaha…

    • Eh iya tuh bener banget, waktu kemarin persiapan nikah juga aku sering banget kebawa mimpi. Ga serem sih, cuma mimpi ribet ngurusin ini itudi hari H nya. Kocak ya kita kepikiran banget gitu sampe dibawa mimpi. Hahaha
      Iya mimpi yg rasanya nyata banget gitu ga enaak memang.

  4. karena tak semua keinginan bisa menjadi kenyataan, jadi Tuhan berbaik hati memberikan kesempatan kepada manusia untuk merasakan apa2 yang mungkin takkan pernah bisa jadi kenyataan itu. *analisa sotoy* hahaha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s