Kedai Ketan Susu

kedai-ketan-susu-c-974Tempatnya nyaman (source)

Kedai Ketan Susu ini terletak di bilangan Cilandak. Saya tau tempat ini dari temen sih dan waktu googling ternyata cukup banyak direview sama majalah.  Berhubung searah sama jalan pulang, melipirlah kita ke tempat ini dengan ekpektasi yang cukup tinggi karna banyak yang bilang enak.

Karna cuma pengen ngemil dan nyobain menu andalannya, jadi kita pesan ketan susu srikaya dan tempe mendoan+bakwan goreng (kalo yang ini sih cuma kepengen). Saya minum teh tawar dan suami pesan wedang uwuh. Wedang uwuh ini rasanya mirip-mirip wedang jahe, maksudnya yang bikin anget setelah diminum gitu, tapi ramuannya kaya akan rempah-rempah. Ada jahe, kayu manis, kayu secang dan cengkeh.

Saya belum pernah minum wedang uwuh, jadi tadi iseng cari tau. Ternyata dalam bahasa Jawa, uwuh ini artinya sampah dan wedang adalah minuman. Dijuluki uwuh karna bahan-bahan minuman ini kalau udah diaduk dan bercampur bentuknya kayak sampah. Padahal sih ga gitu-gitu juga ya. Hihihi. Seger kok dan sehat lagi 🙂

Berhubung tadi ga kepikiran mau review di blog, jadi ga sempet foto-fotoin makanannya 😦 Ini pinjem pic dari tempat lain, kurang lebih penampakannya kayak gini.

myoyeah-kedaitansu-kulinerKetan susu srikaya yang rasanya enaak 🙂 (source)

wedang uwuhWedang uwuh (source)

Untuk ketan susu srikaya yang kata mas-masnya jadi andalan disana, rasanya sih memang enak yah. Ketannya lembut, gurih dan rasa manis susunya juga pas banget. Srikayanya juga enak. Cuma minusnya, porsi makanannya beda sama yang ada di gambar. Kalo di gambar kayaknya semangkok gede gitu kan, tapi aslinya cuma semangkok kecil nasi yang ga penuh. Padahal harganya lumayan yah, 1 mangkuk kecil gitu 22K. Tapi untunglah rasanya enak 🙂

Terus yang kedua tempe mendoan+bakwan goreng disajikan dengan bumbu kacang. Bumbu kacang dan bakwan gorengnya enak tapi nothing special. Kl tempe mendoannya ya biasa aja rasanya. Ada 3 tempe mendoan berukuran kecil + 2 bakwan goreng untuk 1 porsinya. Harganya sekitar 18K. Sebenernya kalo aja rasanya lebih istimewa saya sih bakal cukup puas ya, tapi berhubung harganya cukup mahal dan rasanya kayak gorengan di abang-abang jadi ya gitu deh..

Teh tawar yang saya pesan sih aman-aman aja. Nah minumannya suami nih yang ajaib.. Sebelum nyoba saya aduk-aduk daun di dalamnya, tiba-tiba ngeliat helai rambut dan pas ditarik panjaaaaangggg banget beneran deh gatau itu rambut siapa. Saya kok ya kebayangnya rambut nenek-nenek yang jual ramuan itu ya. Hahaha serem. Akhirnya kita minta ganti minuman yang memang belum sempet diminum itu.

Ga lama kemudian, dateng donk minuman penggantinya. Setelah ramuan itu diminum hampir setengah gelas, saya pengen nyobain juga kan. Pas minum, saya ngeliat kayak ada es batu kecil yang sisa-sisa mau mencair gitu. Terus sama suami, ga sengaja disendok yang keliatan kayak es batu itu, ternyata plastik donk sodara-sodara! Aaaaakkk cukup gede lagi ukurannya. Udah mau abis minumannya baru nyadar ada plastik disitu yang keliatan kayak es batu. Ihh jadi males banget rasanya. Padahal si wedang uwuh ini cukup enak loh karna bikin perut anget kan.

Sayang banget saya ga keinget mau foto biar ga dibilang hoax gitu. Keingetnya pas udah keluar dari tempat makannya. Huh.

Waktu bayar ke kasir saya sempet bilang sama mereka supaya lain kali lebih diperhatiin donk yang kayak gitu. Masa sih 2x disajiin minuman, trus dua-duanya ada benda yang ga seharusnya masuk ke situ.  Pertama helai rambut super panjang, kedua plastik. Kalo ga keliatan dan plastiknya keminum gimana coba? Sebelum ninggalin meja saya sengaja ninggalin potongan plastik itu tepat di atas gelas dengan harapan supaya mereka lihat.

Sebenernya tempat ini cukup nyaman untuk duduk-duduk santai, makanan minuman yang dijual juga makanan lokal dan cukup unik kan yang dijual ketan susu. Tapi sayang aja kalau masalah sepele untuk kebersihan makanan dan minumannya sampai ga diperhatiin. Mudah-mudahan aja ya bisa berubah servicenya..

Kalau kalian, pernah ga nemuin benda-benda ajaib yang masuk ke dalam makanan atau minuman?

Advertisements

20 thoughts on “Kedai Ketan Susu

  1. Ke Cilandaknya kayaknya perjuangan banget ya kalo jam pulang kantor dan gak searah. Penasaran sama ketannya sih. Tapi setelah tahu harganya dan wedang uwuhnya kok ya gitu jadi begimanaaa gitu.
    Poto tempatnya kelihatan banget nyaman. Daerah sana emang rata-rata nyaman gitu kan ya tepat nongkrongnya..

    • Iya mas Dan, kl jam pulang kantor trus ga searah pulang mah mendingan jangan. Yang ada udah jadi ketan duluan di jalan. Macetnyaaa hiii ._. Tapi ketan susunya memang enak sih. Sayang terlalu mahal untuk porsi mini gitu. Iyah, tempatnya enak banget kalau buat santai-santai dan ngobrol. Selain adem, juga ga terlalu rame.

  2. Waduh ga enak juga ya kalo dapet makanan/minuman ber-“bonus” seperti itu padahal tempatnya kayaknya asik. Tapi apalah tempat yang asik kalo F&B-nya pun ga asik 😦

    Salam kenal, kak Maria 🙂

    • Iya, tempatnya udah nyaman tapi sayang mereka kurang memperhatikan kebersihan untuk penyajian makanan/minumannya. Memang jadinya agak males sih karna selain cari tempat, kan pengennya F&B nya juga enak gitu.
      Salam kenal jg ya Grace, makasi udah mampir 🙂

  3. Waaaa ketan susu ini emang enak banget Mar, tapi aku belum pernah cobain yang di cilandak ini sih lebih macem2 ya ketan susunya. Aku cobain waktu itu yang di kemayoran yang hits itu hahaha enyaaaakkk

      • Sama mar kedai ketan susu juga tapi suka disingkat tansu. Tempatnya sih kurang enak buat lama2 dan banyak banget pengamennya tp kalau dateng untuk makan ketan susunya aja gpp enaaaaak hihihihi

  4. Pernah Mar. kebanyakan si rambut. Paling ilfil yah kalo kemasukan rambut. >.< rasanya jorok gimana gitu yah. apalagi kalo pas ditarik panjang *iuh*

    Semoga kedepannya bisa mengutamakan kebersihan yah, soalnya kan udah enak yah rasanya..

    • Iya pi, rasanya gimana gitu ya kl ngeliat rambut yang panjaaanggg banget ada di dalam makanan atau minuman. Ya walupun cuma sehelai tapi geli aja gitu ngebayanginnya. Hahaha.
      Betul, sayang banget kalau makanannya enak tapi kebersihannya kurang terjaga.

    • Hahaha iya Py, geli banget karna rambutnya panjaaaaannng. Itu yang bikin males. Iya, mudah2an deh kebersihannya nanti lebih diperhatiin sm mereka. Sayang bgt soalnya..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s