Mending on time atau ngaret?

On-Time-Every-Time-560x374source

Beberapa waktu yang lalu saya janjian dengan salah satu teman untuk ketemuan. Hitung-hitung udah lama ga ketemu dan karna memang kangen banget buat ngobrol, kita janjian ketemu di Citos jam 5 dan nanti berangkat bareng untuk cari tempat yang enak buat ngobrol.

Di hari janjian, ditunggu sampai setengah 5 temen saya ini belum ada kabarnya juga. Pas ditanya dia bilang baru mau jalan sekitar jam 6an nanti, jadi saya berangkat dari rumah sorean aja biar ga lama nunggu (???). Sedangkan posisinya saya udah ga di rumah sore itu. Dan di Jakarta, malam minggu, kalau berangkat dari rumah jam 6 ya paling cepat sampai sekitar jam 7. Paling lama? Bisa jam berapa aja.  Padahal saya udah nunggu dari jam 5.

Seandainya pun saya berangkat dari rumah, kalau janjian jam 5 pasti jam segitu juga udah berangkat. Waktu pagi ngobrol pun ga ada pembicaraan kalau jam ketemuannya ditunda. Manalah lama nunggu dia bales whatsapp, saya terluntang lantung sendirian nunggu kabar dari dia.

Akhirnya setelah setengah 6 dan belum ada kepastian saya ngusulin buat diganti ke hari lain aja ketemuannya.  Pertama, posisinya saya lagi sendirian. Jadi berasa banget malesnya nunggu di tempat rame sendiri. Kedua, saya emang ga suka nunggu anaknya. Ga sabaran bok. Hahaha.

Tapi tiba-tiba dia bilang udah mau jalan dan kira-kira bisa nyampe nanti jam 6. Jadilah saya tunggu karna udah tanggung juga kan. Tapi berhubung itu malem minggu, mau nyari tempat nongkrong yang kira-kira nyaman aja ga ada karna setiap cafe penuh, kalaupun ada tempat duduk kosong, adanya di tengah-tengah keramaian dan ga bakal betah nunggu disana sendirian. Akhirnya cuma celingak celinguk ngiterin itu mol sambil nyari tempat yang ga terlalu rame. Pusing sendiri karna liat orang banyak banget. Hahaha norak.

Udah gelisah-gelisah nunggu dan terus liat jam, orangnya masih belum nongol juga. Jam 6 belum sampe, katanya tol macet. Yaiyalah tol mana disini yang malam minggu ga macet? Huks. Jam 6 lewat dikit, 6.15, 6.30, 6.45, akhirnya kesabaran saya abis (anak ga sabar). Saya milih pulang donk akhirnya. Hahaha ngeselin banget ya saya. Bukannya kenapa, tapi daripada suasananya jadi ga enak pas ketemu kan lebih ribet lagi.

Atas nama pertemanan, saya ngabarin dia dulu kalau mau pulang. Setidaknya saya menghargai usahanya dia yang udah di jalan. Waktu itu saya jujur karna emang udah males banget nunggu sendirian 2 jam. Moodnya juga udah ga enak. Beda ceritanya kalau ada temen nunggu mungkin jadi ga terlalu kesel. Alasan kenapa ngaretnya juga ga jelas, jadi makin gondok waktu nungguin.

Buat saya, nunggu 2 jam itu udah kayak 20 jam *lebay*. Lama banget ih. Dan itu jauh di luar batas toleransi saya buat nunggu sendirian luntang lantung di mol yang ramenya ga ketolongan. Ya intinya emang saya anaknya juga ga sabaran sih :p

Lagian dia juga bawa pacarnya jadi setidaknya kalaupun ga ketemu saya, kan masih bisa pacaran. Kalo dia berangkat sendirian mungkin saya juga ga bakal tega ninggalin sih. Daripada nanti kl ketemu, sayanya lagi kesel tapi mesti senyum-senyum manis. Males kalau mesti pasang fake face. Tapi ga enak hati juga kalau sampe marah atau ngambek pas ketemuan*banyak mau*

Sebenernya masalah ngaret-ngaretan ini kan emang udah biasa bangetlah ya di Jakarta. Janjian jam 5, pada datengnya jam 6. Saya juga memang bukan orang yang 100% super ontime, tapi ya ga pernah sampe hitungan jam. Mentok 15 menit itu aja udah ga enak hati. Bahkan dulu kalau janjian saya cenderung untuk dateng lebih awal karna rasanya juga gelisah ditungguin orang. Tapi tinggal di Jakarta dan dateng on time malah makan ati kann hihihi. Karna pada akhirnya akan selalu jadi orang yang nunggu paling lama dan yang dateng telat juga biasa-biasa aja. Jadi kalau janjian dengan orang yang bakal ngaret ya saya nyesuain jam aja sama mereka. Biar sama-sama enak 🙂

Tapi kalau janjian sama orang yang saya tau on time, saya usahain banget buat dateng on time biar ga ditungguin. Karna saya tau yang namanya nunggu itu bosenin banget dan ngeselin *dasar anak ga sabar*

Saya sih mikirnya gini ya, telat atau tidaknya kita datang waktu janjian sama orang itu kan nunjukkin seberapa besar kita menghargai mereka. Jadi begitu yang janjian datengnya telat banget tanpa alasan jelas, yang nunggu kan jadi ngerasa ga dihargain. Apalagi kalau sampe ga ada kabar dan mesti nyari tau sendiri. Setidaknya ya kalau kira-kira ga sanggup dateng di jam yang udah disepakatin, dikabarin dari jauh-jauh sebelum jam janjian gitu. Ini juga jadi catetan buat saya sendiri.

Sebenarnya kan semua pilihan ada di kita, mau dateng tepat waktu apa ngga. Jadi bingung sih lain kali janjian sama orang mending dateng on time atau ngga ya? Kalau kalian tipe yang lebih suka datang on time atau ngaret? *jangan ditimpuk batu ya* 🙂

Advertisements

32 thoughts on “Mending on time atau ngaret?

  1. On time. Ditempatku kalo ngga tepat waktu wasalam deh Mar. Paling telat 15 menit, itu juga pasti kasih kabar lewat telp, WhatsApp dsb.

    Janjian dikantor 5 menit udah dateng ketempatnya. Janjian sama temen tepat waktu.

    • Iya mba, aku juga sebenernya ga pengen jadi kebiasaan ngikutin orang ngaret. Malu kalo kerja dan mau meeting tapi kita datengnya telat.
      Kayaknya orang-orang di sana lebih menghargai waktu janjian ya mba? Dulu ada klien bule, dia pun kl mau meeting datang lebih dulu malah daripada kita yang jadi anak buah. Jadi malu sendiri

  2. Mar aku juga paling males lho nunggu.. Kalau janjian liat2 orang deh kalau dia ontime ya aku usahain on time, tapi kalau tau orgnya ngaret ya mending ngaret juga daripada gondok nunggunya hahaha.. Kadang2 sih aku juga masih suka ngaret tapi ya gak berjam2 gitu. Paling 15 menitan itu juga udah gak enak pasti 😀

    • Iya re, di Jakarta sini kl janjian sama orang yang suka ngaret trus kita dateng lebih dulu malah makan ati ya. Soalnya kan ngaret ini kayaknya hal yang udah biasa, jadi klpun dateng telat ya biasa2 aja mukenya. Hauahaha. Tapi kita ga boleh jadi kebiasaan ngaret jg ya karna ngikutin yang lain, baca komen2 disni bikin aku juga berkaca supaya lebih on time janjian sm siapapun. Hihihi

  3. Sama banget Mar soal janjian ini. Sebisa mungkin jangan sampe bikin orang nunggu dan kalo naga-naganya telat, pasti gw akan kabarin duluan. Bahkan mungkin yang nunggu gw bete karena setiap 10 menit kali ya update mulu udah nyampe mana dan kira-kira berapa menit lagi nyampe. hihihihi.
    Klo bedua ama pacar gitu sih mending tinggalin pulang. Mihihihi….

    • Iya kan soalnya kalo ditungguin orang, kita juga jadi gelisah sendiri. Ga tenang kl di jalan bawaannya pengen langsung nyampe. Gpp mas update kabar udah dimana, malah bagus kan daripada ga ada kabar, yang nunggu uring2an.
      Makanya kmrn kutinggal mas kan ada pacarnya.Muahaha *jahat*

  4. gua orangnya sangat on time. bahkan cenderung dateng early kalo janjian ama orang. kalo sampe telat pun gua pasti akan ngabarin.
    jadi gua ngerti kondisi lu pas nungguin temen lu itu. gua kalo jadi lu juga pasti kesel. paling sebel gua ama orang yang ngaret dan gak considerate dengan gak ngabarin. sangat gak menghargai orang lain itu…

    • Iya man, rasanya ga dihargain kan kl dibiarin nunggu selama itu. Ga jelas pula alasannya. Hadehh susah emang megang omongan janjian orang disini.
      Disana enak ya man, orang2 aware kl mau janjian diusahain banget dateng on time dan selalu kasih kabar.

  5. Mar..kupun tipe mrs (before) on time. Biasanya gw udah nunggu orang 15 menit sebelum jam janjian tapi yang terjadi gak ada satupun yang bisa bener – bener tepat waktu. Dulu gw kerja sama orang jepang, kalau mereka bilang 10.10 beneran dateng di waktu tersebut.Kadang gw suka heran apa yng kelebihan waktu sehingga bisa super on time atau emang mereka yang habitnya gitu yah.. tapi apapun yang terjadi gw akan selalu on time sih..hohohoho..udah habit dari keci cints.

    • Iyaa Tik, soalnya gelisah juga bawannya kl mau sok2 ngaret, ujung2nya kita juga liat jam mulu kan. Hahaha trus biasa yang dateng ga on time mukanya lempeng aja yaa. Hauahaha.
      Setuju, kl kerja trus dapet klien dari luar jadi malu banget deh rasanya. Mereka yang jabatannya tinggi aja menghargai waktu bgt dan selalu dtg on time kl meeting. Lahh anak buahnya yg di Jakarta sini datengnya selalu telat.
      Jadi kayaknya emang udah resiko orang yang on time ya selalu nunggu lebih lama kl di Jkt. Mihihii

  6. On time donkkk.. Hahaha.. Gua juga gak suka nunggu, mending kalo nunggunya bisa ngelakuin aktivitas lain, gpp deh. tapi kalo nunggu ampe 2 jam kaya elo, emang bener mendingan pulang. dari pada kesel yah. hehehe.. Butttt.. kalo janjian sama org yang sukanya ngaret, kadang gua juga ikutan santai, krn gua tau dia bakalan ngaret total. lol.

    • Iya kmrn gw sempet mikir ini apa gwnya yang lebay gitu ya. Tapi emang udah males banget donk 2 jam luntang lantung ga jelas. Hiih. Betul, kl udah ketauan yg super ngaret kl kita dateng on time makan ati ya biasa. Hauaha

  7. Hai salam kenal 🙂

    Gw termasuk on time orangnya, mending nunggu sih drpd telat. Tp bkn berarti gw ga pernah telat hahaha. Adalah beberapa x telat tp ga lama telatnya paling 15menitan 🙂

    • Hahaha iya, aku nulis kayak ginipun bukan berarti seumur hidup jg ga pernah telat. Pernahlah pasti terjebak sm macetnya jalanan disni, ya tapi paling lama 15 menit itu juga udah ga enak banget. Iya sih, kadang rasanya lebih mendingan nunggu drpd ditungguin yaa hati ga tenang. Salam kenal juga dan makasi ya udah mampir 🙂

  8. Sebisa mungkin untuk on time. Kalopun ngaret paling lama 30 menit, itu juga udah ngabarin dulu. Paling nggak enak ngebuat orang nunggu. Tapi orang-orang kebanyakan nggak berpikiran serupa.

    • Iya Ngel, kl buat orang nunggu hati juga jadi ga tenang rasanya. Gelisah gitu kl kitanya telat.. Tapi ya kyk km bilang, kebanyakan org ga mikir hal yg sama. Apalagi kl janjian ga on time itu udah jadi hal yg biasa kan disni.

  9. Ahh males banget yakk nunggu 2 jam, kebayang seh.. Aku juga suka kesel klo nunggu lama, suka gak sabaran orangnya. Mau nya ya janjian jam berapa ya nyampe nya jam segitu, bener2 on time, ngaret pun ngash kabar biar sama2 enakk ya…

    • Iya, makanya gelisah gitu nunggu 2 jam ga jelas. Pengennya sih ya walaupun telat 15 menitlah atau setengah jam udah paling maksimal. Jadi kan mood kita jg masih enak ya 🙂

  10. Aku orangnya selalu berusaha ontime Mar.. Pernah kejadian juga hampir mirip dirimu. Janjian sama temen2 (banyak ini orangnya), yang dateng duluan aku sesuai jam janjian. Jadilah musti nunggu sendirian dan yang lain ditelponin semua bilang “oh gw telat yaa.. harus ini dulu, harus itu dulu”.. mau marah ga seeeeh. Akhirnyaaaa, waktu mereka dateng, langsung aku tinggal pulang. Ga pake ngomong apa2. Bok, emang waktu situ doang ya yang berharga… *jadilah curcol kan* hahahaha

    • Ihh paling males ya be kl kayak gitu. Jadi udah tau telat, malah santai2 aja gitu ga ngerasa bersalah apa gimana. Padahal ya kita nunggunya kan lamaa banget tuh uda lumutan. Betuul, memang yang berharga waktunya dia doank apaa? Hiiih *ikutan emosi*
      Kejadiannya waktu km masih di Indo ya?

  11. 2 jam? stengah jam aja dah gw tinggal pulang Mar. pernah janjian ma Ai dan dia dateng sejam telat.. Dihhh.. Suasana hati dah berubah memang. Dah gak seenak kalo dia ontime. Jadi wajarlah Mar kalo lu tinggal pulang.. haha.. Gw mah orangnya tergantung dgn siapa gw janjian, kalo orgnya memang ontime gw ontime, kalo ga gw pastiin dulu dia dah dimana. Males nunggu.. :p Ehh tapi gw sering nya telat deh, 5-10 menit gitu. Tapi ngabarin kok.. Suerrr :p

    • Hihihi trus gimana sih Ai nya pas dtg? Emang bener tapi kl udah nunggu kelamaan tuh bawaannya bad mood. Mau ga dipikirin ya tetep aja kesel. Aku juga kalaupun telat pasti ngabarin dan ngusahain banget supaya ga kelamaan telatnya. Aku ga demen nunggu orang lama2 jadi ga pengen juga ditungguin orang. Hati jg jadi ga tenang kan..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s