The first knitting project is done!!

??????????Knit and stockinette scarf

Yeaayy, akhirnya setelah 3 minggu scarf rajutan pertama ini selesai juga! Waktu pertama mulai saya pesimis bakal kelar sebelum sebulan, eh taunya selesai juga. Ah senangnya liat hasil kerja sendiri πŸ™‚

Pattern yang saya pakai kali ini knit and stockinette stich. Knit stich itu yang bentuknya kayak bump atau garis strip-strip nonjol. Sedangkan stockinette stich itu yang bentuknya V. Stockinette merupakan gabungan dari knit dan purl stich. Rajutan dari 1 baris knit dan 1 baris purl secara selang seling menghasilkan bentuk V ini. Untuk jumlahnya, masing-masing pattern saya buat 10-10, jadi 10 row knit stich dilanjutin dengan 10 row stockinette stich.

Camera 360Knit and stockinette pattern

Waktu pertama banget mulai, susahnya ga ketolongan, ada 4 atau 5 kali setelah ngerajut beberapa baris saya bongkar dan ulang lagi dari awal karna salah. Begadang sampe jam 4 subuh mantengin youtube nyari cara buat perbaikin tapi ga mudeng-mudeng. Hahaha lemot banget deh emang. Sebenernya sih setelah dipikir-pikir caranya ga susah, tapi gatau kenapa pas awal kemarin blank banget kayaknya.

Terus begitu udah jadi beberapa puluh baris lagi, tiba-tiba stuck dengan rajutan yang kelepas. Coba otak atik benerin eh malah makin kacau hasilnya. Β Tapi akhirnya bisa bener dan dilanjutin lagi sampai akhir.

Nah pas pertengahan kan tangan udah mulai terbiasa, jadi mulai bisa deh tuh ngerajut sambil nonton, sambil nungguin macet, sambil nungguin masakan mateng juga. Nagih banget pokoknya megang 2 jarum ini. Apalagi kl kena macet di jalan, berguna banget karna jadi bikin ga bosen kan.

Tapi karna udah terbiasa, jadi suka bengong waktu merajut dan jadi kelewatan patternnya. Misalnya sekarang udah selesai 10 row knit stich jadi kan harus dilanjutin ke 10 row stockinette stich, nah karna bengong suka kelebihan jadi 11/12 baris knit stich dan mesti diulang 2 baris itu supaya jadi stockinette.

Selain kegiatan yang emang menyenangkan, knitting juga melatih konsentrasi. Jangan kebanyakan bengong dan ngikutin tangan, karna kalau salah males ngulangnya dan bikin rajutan jadi ga rapi. Terus yang berasa banget ya itu kesabarannya mesti ekstra. Kalau udah dibenerin terus malah jadi kemana-mana salahnya ya jangan langsung digunting rajutannyaΒ sempat terlintas. Hahaha. Yang salah-salah kayak gini bikin banyak belajar dan cepet mudengnya sih. Mudah-mudahan πŸ˜€

Ya walaupun ga rapi-rapi banget apalagi pas rajutan awal, overall saya cukup puas sama project pertama ini. Seneng gitu rasanya bikin sesuatu dengan tangan sendiri dan bisa dipake pulak. Apalagi setelah berulang kali salah awalnya. Hahaha.

Camera 360

Tuh bagian ga rapi ada di bagian sebelah kiri, 5 baris knit stich pertama yang cukup gagal, melar bok bentuknya. Hahaha kasian benangnya udah diulang berkali-kali sampe ga berbentuk.

Camera 360

Kalau ini bagian akhir dari scarfnya. Untuk baris paling akhir (atas) namanya bind off yang gunanya untuk menahan hasil rajutan supaya tidak terlepas. Nah salahnya, bind off yang saya buat terlalu kencang jadi agak ngerut atau mengecil gitu ujung scarfnya. Gpplah jadi pelajaran kalau nantiΒ buat scarf lain.

Saya baru sadar karna jarum dan benang yang saya gunakan untuk scarf ini berukuran kecil (4mm) selesainya lama dan lebih pegel. Semakin kecil ukuran benang dan jarum, jumlah stichnya juga makin banyak. Nanti pengen coba dengan benang dan jarum yang lebih besar deh biar ga pegel-pegel amat.

Masih pengen belajar banyak, mau bikin kaos kaki, topi beret rajut, bikin baju juga pengeennn tapi masih lama kayaknya. Ga yakin udah bisa juga sih :p

Jadi untuk project yang ke2 saya mau coba bikin scarf lagi tapi dengan pattern yang beda. Mudah2an jadi yaa scarfnya πŸ˜€ Kalau udah lancar baru mau coba bikin topi.

Gimana menurut kalian hasilnya? Lumayan kan yaaaa? Hihihi *muka melas*

25 thoughts on “The first knitting project is done!!

  1. Cepet banget udah selesai!! bagus banget Mar..aku minggu kemarin nyoba buat syal dengan crochet duh makk..jarumnya udah yg segede gaban dan yarn nya juga masih aja keselip selip..Ga sabaran bgt deh aku hihihi! πŸ™‚ Aku ga bisa knitting, pernah bikin tp ya tuhan jelek bangeeett…pengen coba lagi deh. bulan depan aku ikut workshop semoga aja jadi pinter hahaha

    • Hihihi makasi oppiee πŸ™‚ Aku blm pernah sih nyobain crochet, pegelan mana crochet atau knitting? soalnya kan kl crochet cuma 1 jarum, udah gitu kayaknya lebih susah simpulnya banyak *sotoy* hihihi

      Masa sih jelek? Perasaan km aja kali pie, ini aja aku pede2 ngasal bkinnya. Hauahaha. Ah seru bgt sih ikutan workshop, pasti yang diajarin lebih banyak. Dan lebih enak drpd belajar sendiri. Ntar posting yaa belajar apa ajaa disanaa pie πŸ˜€

      • Kamu pinter bgt sih Mar langsung bisa segitu cakepnya *ngiri* Iya ku ngerajut itu bentuknya aneh bgt. Crochet malah gampang Mar, simpulnya gitu gitu aja & gampang ngebenerinnya klo salah. Jarum + yarn nya yg gede aja dulu biar cepet belajarnya.
        Iya ini ada workshop knitting atau weaving aku masih ragu mau ambil yg mana…hehehe..Disini banyak workshop kecil2an gt, anak mahasiswa universitas Mode sering buka buka kelas gitu..mayaaan hehehe

      • Ihh kamu juga jago pasti apalagi ntar kl udah ikutan workshop. Coba disni adaa.. Sebenernya sih ada di tokonya, cuma yang ikutan biasa ibu2 atau nenek2 yang udah jago banget gitu ngerajutnya. Jadi mereka ngumpul2 sih ceritanya bukan les ngerajut. Aku mindeer
        Masa sih lebih gampang? Keliatannya kayak lebih rumit gt. Nanti posting yaa hasilnya kl crochetnya uda jadi, aku jg pengen nyoba sih kl udah bisa knittingnya. Hehe

    • Makasii mba Fit πŸ™‚ Iya, warna2 soft enak dipandang mata soalnya kan kl ngerajut diliatin mulu benangnya. Ahh amiin, pengennya sih gitu lucu yaa bikin buat bayi kan kecil2 gt..

    • Oh iya bener jg ya, aku ga kepikiran mba barengan sama valentine kmrn. Hehe
      Aku ga pake pola sih mba, cuma dikira-kira aja sendiri gedenya seberapa sama pattern yang mau dipake kayak gimana. Mba Nella juga ngerajut? Ngga susah kok mba, aku jg awalnya mikir gitu. Tapi pas udah dibuat malah nagih πŸ˜€

Leave a Reply

