Knitting Project

Saya pernah nonton film dan ada adegan saat sore hari, nenek-nenek duduk di kursi malas di  teras rumahnya sambil ngerajut. Rasanya nyaman banget pasti duduk di sana, nikmatin sore, ditemani segelas teh sambil ngerajut. Kebanyakan nonton film. Bukan berarti yang ngerajut itu harus nenek-nenek ya. Walaupun waktu pertama beli persiapan buat ngerajut si Bubu nyeletuk “Ih ngapain sih kamu ngerajut? Kayak nenek-nenek aja” sambil ketawa cengingisan. Ishh emang cuma nenek-nenek yang boleh ngerajuut?? *lempar piring*

Ada 2 teknik merajut yang saya tau, yaitu crochet dan knitting. Kalau diartikan ke bahasa Indonesia, crochet biasa disebut dengan merenda, dan knitting adalah merajut. Tapi saya rasa kata merenda sepertinya kurang tepat. Crochet juga merupakan teknik merajut namun dengan menggunakan 1 jarum yang biasa disebut dengan hakpen. Sedangkan knitting menggunakan 2 buah jarum yang disebut dengan breien.

Jarum-rajut-hakpenHakpen / crochet hook (source)

Jarum-knitBreien / knitting needles (source)

Bahan yang digunakan dalam kedua teknik ini sama-sama benang, namun penggunaan jenis benangnya tergantung dengan barang apa yang ingin kita buat. Namun karna jarum yang digunakan berbeda, hasil akhirnya pun akan berbeda walaupun menggunakan benang yang sama. Hasil knitting lebih lentur dan lembut, sedangkan crochet lebih kaku. Jumlah tusukan pada crochet biasanya lebih banyak sehingga hasilnya menjadi lebih padat.

knitting patternsKnitting pattern (source)

Pattern Detail smallCrochet pattern (source)

Nah teknik merajut yang pengen saya pelajari kali ini adalah knitting. Akhirnya beberapa hari yang lalu terbeli sudah jarum rajut beserta benangnya. Untung aja di toko ini mbak-mbak yang jualan bisa ngerajut dan ngerti tentang barang yang mereka jual. Jadi bisa nanya-nanya, sekalian minta diajarin teknik dasarnya dulu.

Camera 360Tadinya mau warna merah, tapi cuma ada 2 gulung 😦

Camera 360Satu gulung benang ini panjangnya 75m, untuk bikin 1m syal biasanya perlu 3 gulung benang

Camera 360Jarum yang saya gunakan ada sambungan di tengahnya biasa disebut circular knitting needles dan biasa dipakai untuk buat topi, kaus kaki, dll. 

Saya buta banget tentang merajut dan tangannya masih kayak robot aja gitu pertama kali pake 2 jarum ini. Dan yang ga saya sangka adalah bikin 3 baris rajutan aja tangannya udah pegel karna sangking kakunya dan belum nemuin cara yang enak untuk pegang benang sama jarumnya. Tapi saya penasaran banget, jadi ga terlalu berasa pegelnya. Hahaha

Selesai belajar teknik dasar, saya pulang ke rumah dan ngelanjutin rajutan yang diajarin, eh tapi tiba2 salah donk dan mesti ngulang dari baris awal. Terus pas udah jadi beberapa baris, salah lagi donk.. Hahaha payah banget deh saya ga telitinya. Tapi pengen nyoba untuk buat beberapa baris yang setidaknya bener gitu. Merajut emang ngelatih kesabaran sama ketelitian kita sih, salah-salah muterin benang rajutannya bisa salah juga. Ga terhitung berapa kali ngulang sambil ngeliat youtube dan akhirnya bisa buat beberapa baris tanpa kesalahan. Seneeengg!! Hahaha.

Walaupun baru bisa teknik dasar seperti cast on (tusuk dasar), knit (tusuk bawah) dan purl (tusuk atas) saya udah seneng banget. Jadi project pertama kali ini mau buat syal dulu dengan ketiga teknik di atas. Mudah-mudahan waktu syalnya jadi tangan saya udah ga kayak robot lagi. Walaupun saya gatau syalnya nanti mau dipake buat apa. Hahaha. Nanti saya update lagi perkembangan syal ini ya.. Mudah-mudahan ga perlu waktu sampe 3 bulan untuk nyelesainnya. *drooling*

23 thoughts on “Knitting Project

    • hihihi ini juga baru belajar kok. mudah2an sabarnya ga cuma pas di awal. iya, padahal mah enakan beli jadi ya, jadi ga repot2. ya gpplah sekalian nyibukin tangan :))

    • hehehe ga sampe 3 bulan kok mba harusnya. paling kl beginner sih kata mbak yang jualan 3 minggu udah jadi tapi tiap hari dikerjain. 3 bulan tuh kl aku kebanyakan malesnya :))

  1. Dulu aku juga seneng knitting. Tapi udah bosen, belajar dari youtube. Terus belajar baca pola, nggak susah kok Mar.

    Sekarang yarn stash-ku banyak banget. Lagi kepikiran mau buat selimut gede supaya cepet abis hehehe…

    Menurutku lebih gampang knitting daripada crochet. Crochet itu pegel kalo buat aku, mungkin karena cuma pake 1 jarum aja.

    • kamu cm belajar dari youtube aja ngel? aku tuh awalnya belibet banget deh ketinggalan lah benang yang mesti dimasukkin, salah muter benanglah. ada aja, tapi seru. hahaha. iyaa sayang banget jangan dibuang, buat baju utk madeline jg lucu tuh kayaknya 🙂 betul, kl crochet udah jarumnya kecil trus cuma 1, kayaknya sih bakal lebih pegel ya..

  2. Mar, aku kemaren kan dibeliin Matt pas di US tapi jarumnya panjang2 banget jadi bingung makenya. Entar kalo kamu ke toko lagi beli benang ama jarum aku nitip yaa hehe. Ehh iya sekalian dong ajarin 🙂

    • Iyaa non, ada juga yang jarumnya panjang banget gitu. Udah kamu coba pake belum? Ayoo dicobaa, seruu banget 😀
      Iyaa boleh, nanti kalau pas aku ke tokonya sekalian yah kalau kamu mau nitip 🙂 Kalau ngajarin aku mah belon bisaa, ntar yang ada ajarannya malah menyesatkan. Hauahaha

  3. Hebat Mar, rajin & telaten belajar. Breien & haken udah beberapa tahun terakhir ini memang ngetrend lagi di Belanda. Kalo udah jadi share fotonya ya, pingin liat.

    • Iya mba yo, masih harus banyak belajar nih terutama buat ngeluwesin tangannya. Nagih. Seruu banget ya mba kl disana bisa bikin syal sendiri dan dipake waktu musim dingin. Dirimu juga ngerajut kah? Iyaa, mudah2an bisa cepet jadinya nanti aku share 🙂

      • Aku ngga bisa ngerajut Mar, ngga rapih. Masak aja deh buatku. Disini banyak toko spesial alat breien & haken. Aku punya temen yang rajin merajut, bagus buatan dia.

      • Betul, aku maunya berguru masak juga sm mba Yo. Ngiler ih liat instagramnya 🙂 Iya mba, kl udah jago gt seneng banget pasti ya dia bisa bikin barang cantik kayak baju, topi, dll.

    • Hahaha aku juga baru belajar kok re, tapi beneran seru loh. Cobain deh 😀 Yang bikin kesel, kl pas ada yang salah aja soalnya masih belum terlalu mudeng gimana benerinnya. Hahaha

  4. wah seru ya mar bisa ngerajut gituh…
    dulu aku pernah nyoba yg chrocet yah namanya…itupun akhirnya ditinggalkan…hehehehehe…

    klo bikin kristik gmana mar??

    • Ini aku jg masih belajar kok. Belum canggih2 banget nih ngerajutnya. Kenapaa kok ditinggalin? Crochet juga seru kan yah kayaknya.
      Aku blm perna nyoba bikin kristik sih. Dulu juga pengen tiap kali lewat toko yang jual bahan2 nya gitu. Heehe

  5. Orang yg bisa ngerajut dan segala yg berbau-bau jahit gitu pasti orangnya sabar dan telaten.. Oma ku seneeeng bgt ngrajut Mar, klo Papa kristik, gw? cukup menikmati hasil karya mereka.. huahhaha 😀

    Kalo udah jadi syal nya pajang disini yah Mar 😀

    • Hahaha ini sih bisa dibilang kayak terapi malah py buat aku. Biar jadi makin sabar 🙂
      Wah papamu bisa kristik? Kerennn. Hahaha km juga coba donk.. Apalagi nenekmu bisa ngerajut kan jadi bisa belajar sm beliau.
      Pasti kupajang syalnya kok, tinggal nunggu waktunya nih was was bakal kelar berapa lama lagi. Hahaha

    • Hahaha ngga juga kok May, gw juga ga sabar2 amat kok orangnya. Jadi ngerajut ini gw coba buat sebagai terapi supaya jadi orang yang lebih sabar. Hahahah. Kamu coba juga donkk, siapa tau malah ketagihan 😉

Leave a Reply

