Venue – Gedung Patrajasa

Gedung mana yang akan dipakai untuk resepsi pernikahan jadi salah satu hal penting yang harus dicari pertama kali sebelum mulai persiapan yang lain. Apalagi untuk yang tinggal di Jakarta, kalau bisa prepare dan cari gedung mana yang mau dipakai dari jauh-jauh hari. Ga jarang jadwal mereka sudah penuh untuk 1 tahun, apalagi gedung yang letaknya strategis.

Saya sendiri survey untuk gedung dengan cara cari di mbah Google dan gabung di forum Weddingku. Banyak baca dan tanya di forum ini memudahkan kita dapet informasi yang berhubungan dengan berbagai persiapan pernikahan. Review dari semua yang pernah pakai vendor pernikahan juga lengkap disini.

Ada beberapa gedung yang saya survey waktu itu :

1. Gedung Elnusa

Kalau ga salah tarifnya sekitar 6 juta untuk 2 jam acara. Tempatnya pun strategis karna ada di bilangan TB Simatupang, Jakarta Selatan. Dan pas banget waktu kita kesana lagi ada nikahan, jadi bisa sekalian liat dekorasi dan test food catering yang lagi disana. Tapi saya kurang suka dengan bentuk ruangannya karna berbentuk L dan ceiling nya juga rendah. Jadi ruangan keliatan sumpek apalagi kl tamunya banyak. Enaknya ya letak gedung ini gampang banget dicari dan harganya juga cukup bersahabat.

2. Gedung Patrajasa

551377_3663957002590_963214924_nsource

Padahal gedung ini sama sekali ga masuk list waktu pertama kali saya survey gedung. Emang gedungnya cantik sih, tanpa didekorpun udah bagus kl diliat dari fotonya. Singkat kata akhirnya kita nyangkut disini dan naksir berat. Tapi masih tetap nyari beberapa alternatif gedung lain dengan harga lebih murah.

Karna udah naksir dengan gedung ini, waktu kesana kita sekalian nanya untuk tanggal yang kita mau apakah gedungnya available? Dan ternyata tidak saudara-saudara. Rencana awal kita mau di 7 Desember, tapi bahkan sepanjang Desember ini full booked kecuali 28/29 Dec kl ga salah yang available. Tercetuslah tanggal 10 November yang udah dibooking tapi kemungkinan akan dicancel sama orang yang pertama. Akhirnya kita naro nama dulu di bagian waiting listnya.

3. Gedung Smesco

Smesco_06source

Sambil nyari beberapa alternatif, kita mampir ke gedung ini. Gedung Smesco ini juga cukup besar tempatnya. Ceilingnya pun ga terlalu rendah. Tapi kalau disini sistemnya adalah sistem paketan. Jadi mereka nyediain paket gedung+catering+bridal dan segala kebutuhan lainnya untuk hari H. Ada cukup banyak pilihan vendornya dan cukup bagus juga kayaknya. Tapi kalau kita mau pakai vendor lain akan kena charge 😦

Sebenernya disini juga cukup memudahkan sih karna sistemnya paketan dan kita bisa minta masukkan untuk vendor mana yang biasa dipakai dan bagus kualitasnya. Kl ga salah harga paketnya sekitar 120-150 jt waktu itu.

Yang saya ga suka adalah service mereka yang ga profesional. Karna waktu itu saya dan suami mau diskusiin dulu tentang tempat, budget dan lain-lain, kita taro nama dulu untuk booking di tanggal yang disetujui. Nanti sesuai dengan deadline yang disetujui, kita baru ngabarin mereka jadi/ngganya disana. Begitu saya telp untuk tanya-tanya tentang gedung, mereka bilang tanggal yang kemarin saya booking udah diambil orang lain. Lah? Padahal belum sampai deadline tapi udah dikasih ke orang. Yaudah saya coret dari list jadinya.

Beberapa hari kemudian taunya mereka nelfon coba nanyain saya jadi mau ga disana? Karna orang yang kemarin booking ternyata cancel. Ya jelas saya bilang ga maulah! Hahaha. Kalau masalah kecil gitu aja mereka udah ga profesional, ga kebayang buat nanti ke depannya gimana.

4. Gedung Wanita Patra

simprug-depan (1)source

Gedung ini ada di daerah Simprug. Sebenernya sih kita belum pernah kesampean untuk masuk ke dalemnya. Karna waktu kesana gedungnya lagi tutup dan ga ada orang yang jaga untuk ditanya-tanyain. Jadilah kita cuma liat dari luar penampakan gedung dan nanya-nanya sedikit sama satpam. Untuk tarifnya kalo ga salah sekitar 10 juta.

Tapi kita putuskan untuk dicoret dari list karna penampakan luar gedungnya ga sreg di hati. Cat temboknya agak kotor sehingga tempatnya jadi keliatan kumuh dan kurang terawat untuk ukuran gedung resepsi. Padahal sih kalau baca-baca review, dalemnya gedung wanita ini cukup cantik dan besar. Sayang banget deh..

Akhirnya kita putuskan untuk memilih Patrajasa sebagai gedung resepsi kita karna ya emang udah naksir dari pertama liat. Jadi mau liat berapa banyak yang lainpun kayaknya uda ga mempan. Hahaha.

Dan yang saya suka dari gedung ini karna marketingnya gampang banget untuk dihubungin dan ditanya ini itu. Waktu hari H pun semua pesan-pesan saya waktu TM dipenuhi dan kunci ruang make up juga dikasih tepat waktu.

Minusnya sih toiletnya kekecilaaaann.. Jadi toilet untuk pengantin itu digabung sama toilet pengunjung. Saya jadi keinget heboh dan ribetnya pakai baju pengantin yang panjang dan ngembang terus pipis di toilet yang kecil begitu. Ribet banget asli. Mau ga mau kan jadi mesti dibantuin sama brides maid. Tapi kalau sekarang diinget-inget lagi malah jadi ngakak :))

Agak telat sih sebenernya review untuk survey gedung ini. Tapi ya mudah-mudahan bisa membantu calon pengantin lain yang lagi bingung milih tempat πŸ™‚

Setelah ini menyusul ya review untuk cateringnya. Jangan kemana-mana πŸ™‚

26 thoughts on “Venue – Gedung Patrajasa

  1. Kl di jkt aku lebih suka rumah2 lucu kayak rumah maroko, plataran dharmawangsa, bella rossa kemang, etc tp kali gak muat byk yah?
    Ah akuu sok tau aja pdhal gak nikah di Jkarta hehhee

    • iyaa tempat-tempat kayak gt emang lucu mba. cuma kemaren pas nyari gedung aku blm tau karna kalau googling tuh yang keluar ya gedung2 kayak gedung bulog, dll.

      kl yang bella rossa emg bagus sih, cuma kalau tamunya banyak dia agak sumpek. hihihii dirimu dlu nikah dimana mba?enakaan di luar tp kaan ga ribet kyk di indo :p

      • Iya ya kl gedung emang aman kl niat ngundang buanyak..aku dulu nikah di Bali, Mar, malah bingung milihnya scara optionnya kebanyakkan hahaaa too bad masih hrs stick on budget :-))

      • Betul mbaa, aku juga maunya nikah di baliiiiii.. Tapi oh tapi nanti abs nikah ga bs pulang karna bangkrut. wekekeke ._.
        Lucu deh tpt nikahanmu, kmrn liat fotonya kayak yg ada di film2. Hihihi. Itu keluarga suami jg dateng ya mba?

  2. mar, gw juga pernah mempertimbangkan smesco loh. tergiur sama paketannya justru gw, waktu itu kan pas awal2 berasa ribet banget, trus mikirnya bakal ketolong banget kalo uda ada paket komplit gitu, plus mereka kasih WO kan. tapi untung banget ya ga jadi, selain gw emang ga gitu sreg, baca review lo juga emang agak meragukan ya hehehe.

    btw, patra jasa bagus ya? gw ga ngeh sebelomnya kalo kondangan disana hehehe.

    • Iyaaa betuul, aku pun sempet naksir disana karna kayaknya akan terbantu. Jadi milih vendor pun ga terlalu ribet dan ga perlu ada ekstra cost untuk nyewa WO di hari H. Paketan segala bridal sampe mobilnya juga kan lengkap.

      Tapi ya karna servicenya yang ‘canggih’ bgt itu aku ilfeel seada-adanya. Males bgt deh mrk caranya asal cepet aja dapet duitnya. Kan males jadinyaa.

      Iyaa, aku naksir sm di patrajasa dr pertama liat foto. Gegara ada gorden yang gede banget itu warnanya juga merah gold jadi udah cantik rasanya. hihihi

  3. Hai Mar, lama gak main kesini abis kemarin2 aku gabs post comment ke blogmu masa huhuhu.. Patra jasa ini emang bagus yah kalo udah di dekor jadi makin cakep. Dulu aku pernah iseng2 survey kesini juga eh tapi nikahnya malah jadi kepengen outdoor hahaha

    • Hai reree πŸ™‚ oh yaa, masa sih ga bs post comment, pdhal ga kuapa2in loh. Iya, makanya aku naksir sm si Patrajasa ini. Jadi seandainya dekornya kurang, udah kebantu bgt sama dekor asli gedungnya.
      Outdoor juga seruu ya, dan lebih ga ribet kayaknya *sotoy*

      • Iya google+ aku yg eror ternyata hahaha.. Bener emg udah keren ya gedungnya. Iya kalo outdoor gak ribet, dekornya gak terlalu banyak πŸ˜€

  4. Pernah sekali ke kawinan di Patrajasa, yang nggak nyenengin adalah parkirannya. sempit dan harus jalan mayan jauh (plus susah karena pake high heels) untuk ke lift-nya.

  5. Dulu aku nikah di rumah, iritttttt, cuma modal buat bikin makanan doang, kayaknya. Hihihi… sekarang tiap liat paket pernikahan yg sampe ratusan jeti, bahkan M-M-an, mata ini langsung melotot! Hahaha…

    • iyaa mba, nikahan sekarang bikin bangkrut yah. hahaha. paling enak kl nikahan di rumah, trus banyak keluarga yang bantu, jadi pengantinnya bisa duduk manis dan cantik

    • iya vir, emg agak mahal dia gedungnya. kmrn kita jg sempet galau gegara di luar budget. tp ya karna emg udah kelewat naksir jadi dibela2in deh. hauahaha. tau tuh yg smesco gw jd ilfil gara2 digituinn

Leave a Reply

